Apa Saja Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Advertisement

Apa Saja Manfaat Gerakan Sholat | Sholat adalah kegiatan ibadah yg dilakukan umat muslim, dimana ibadah sholat itu sendiri terdiri dua jenis, yaitu sholat fardhu dan sholat sunnah. Sholat fardhu sendiri adalah sholat yg wajib dikerjakan setiap umat muslim sebanyak lima waktu dalam sehari, sedangkan sholat sunnah ialah sholat yg disunnahkan dalam islam atau tidak wajib untuk dikerjakan namun akan mendapatkan pahala lebih apabila kita mengerjakan sholat tersebut. Pada saat kita mengerjakan sholat, kita itu melakukan banyak gerakan-gerakan sholat. Mulai dari gerakan takbiratul ihram hingga duduk tahiyat akhir.

Dan didalam setiap gerakan sholat yg kita lakukan itu terdapat banyak manfaat yg dapat dirasakan oleh tubuh kita, terutama untuk kesehatan tubuh. Sehingga pada saat kita mengerjakan sholat, kita bukan saja akan mendapatkan amalan ibadah saja, namun kita juga akan mendapatkan manfaat gerakan sholat tersebut untuk kesehatan tubuh kita. Dan untuk anda yg mungkin sekarang ini belum mengetahui apa saja manfaat gerakan sholat tersebut, maka sekarang ini anda dapat melihat pembahasan mengenai manfaat gerakan sholat yg hari ini akan coba saya bahas untuk anda-anda sekalian.

Barang kali saja setelah anda melihat pembahasan mengenai manfaat gerakan sholat yg akan saya sajikan untuk hari ini, maka ibadah sholat yg anda lakukan akan menjadi lebih rajin. Sehingga anda akan mendapatkan manfaat gerakan sholat itu sendiri, selain itu juga amalan ibadah anda akan menjadi bertingkat karena anda mengerjakan ibadah sholat dengan rajin. Untuk anda yg mungkin sekarang ini sudah merasa penasaran dengan manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh yg akan saya bahas untuk hari ini, maka mari kita melihat pembahasan tentang manfaat gerakan sholat tersebut secara lengkap dibawah ini.

manfaat gerakan sholat

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Gerakan Takbiratul Ihram

Advertisement

Gerakan pertama yg dilakukan saat mengerjakan sholat ialah gerakan Takbiratul Ihram, Takbirratul ihram sendiri adalah gerakan mengangkat ke dua tangan kita dengan posisi yg sejajar pada telinga kemudian didekapkan pada bagian bawah dada ataupun perut. Manfaat gerakan takbiratul ihram ini sendiri ialah dapat memperlancar aliran darah, getah bening didalam tubuh kita, selain itu juga dapat memperkuat otot lengan kita. Pada saat kedua tangan kita angkat, maka otot bagian bahu akan meregang dan menjadikan aliran darah serta oksigen akan lebih lancar.

Manfaat Gerakan Rukuk

Gerakan rukuk adalah gerakan kedua yg dilakukan didalam sholat, gerakan rukuk ini membentuk sudut 45 derajat dengan tangan kita sebagai sikunya. Apabila kita melakukan gerakan rukuk dengan benar, maka pada saat kita meletakan gelas diatas punggung kita. Maka gelas tersebut tidak akan tumpah namun jika kita melakukan gerakan tersebut salah maka gelasnya akan tumpah. Dan manfaat dari gerakan rukuk itu sendiri adalah dapat menjaga posisi serta fungsi dari tulang belakang kita yg berfungsi sebagai penyangga tubuh serta saraf pusat. Pada saat posisi kepala hingga pinggul sejajar, maka hal tersebut akan memperlancar aliran darah dari otak ke seluruh tubuh.

Manfaat Gerakan I’tidal

Gerakan i’tidal merupakan gerakan yg dilakukan setelah kita melakukan gerakan rukuk, dimana kita mengembalikan posisi yg tadinya menunduk membentuk sudut 45 derajat kembali ke posisi tegak. Manfaat gerakan i’tidal itu sendiri dapat membuat pencernaan tubuh kita menjadi sangat baik, karena gerakan tersebut berporos pada bagian perut dan didalam perut tersebut terdapat organ-organ pencernaan. Sehingga pada saat melakukan gerakan tersebut, seolah-olah perut kita sedang dipijat.

Manfaat Gerakan Sujud

Posisi gerakan sujud ialah dahi menyentuh ke lantai dengan posisi kaki ditekuk dan tangan juga menyentuh ke lantai, dengan posisi seperti ini posisi otak kita berada di bawah jantung. Dan hal tersebut akan membuat aliran darah menuju otak berjalan dengan lancar, dan hal tersebut dpt memberikan dampak positif kepada daya berpikir seseorang. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak tergesa-gesa pada saat melakukan gerakan sujud. Selain itu, gerakan ini juga dapat menghindarkan terjadinya gangguan wasir serta dapat memperbaiki aliran getah bening.

Manfaat Gerakan Duduk Tahiyatul Awal dan Duduk Diantara Dua Sujud

Posisi duduk tahiyatyl awal sama dengan posisi duduk diantara dua sujud, dimana manfaat dari kedua duduk tersebut ialah dapat menghilangkan rasa nyeri pada bagian pangkal paha yg sering menjadikan seseorang itu tidak dapat berjalan.

Manfaat Gerakan Duduk Tahiyatul Akhir

Untuk posisi duduk tahiyatul akhir itu berbeda dengan posisi duduk tahiyatul awal, dimana posisi duduk tahiyatul akhir ini posisi kaki sebelah kiri berada dibawah kaki sebelah kanan. Dan posisi tersebut sangat baik untuk menekan posisi kandung kemih, saluran vas deferens, dan juga kelenjar kelamin pria. Dan apabila posisi duduk tersebut dilakukan dengan benar, maka hal tersebut dapat mencegah terjadinya penyakit impotensi.

Manfaat Gerakan Salam

Gerakan terakhir yg dilakukan didalam sholat ialah gerakan salam atau memutar kepala kita ke sebelah kanan dan juga kiri. Manfaat dari gerakan ini sendiri adalah dapat meregangkan otot pada bagian sekitar leher serta kepala, dan dapat menyempurnakan aliran darah pada bagian kepala. Selain itu, gerakan ini juga dapat mencegah terjadinya sakit kepala serta dapat menjaga kekencangan kulit wajah kita.

Kiranya cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai Apa Saja Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh dari saya, semoga saja pembahasan tentang manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh yg baru saja saya berikan diatas tadi itu dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi anda. Dan bagi anda yg kiranya sering mengalami beberapa kendala tubuh yg sudah dijelaskan pada pembahasan saya diatas tadi, maka anda dapat mencoba melakukan gerakan sholat dengan benar. Sehingga anda akan mendapatkan manfaat gerakan sholat tersebut secara maksimal.

Adapun utk anda yg mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya dari saya, maka anda dpt baca juga bacaan dua kalimat syahadat. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg lupa dengan bacaan tersebut, atau mungkin juga ada diantara anda-anda yg mungkin belum mengetahui bacaan dua kalimat syahadat tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat bacaan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu. Atau untuk anda yg mungkin merasa sudah mengetahui bacaan tersebut, maka silahkan bagi anda untuk kembali melihat beberapa pembahasan lainnya dari kami yg sudah pernah kami sajikan sebelumnya.

Advertisement