Inilah Manfaat Gerakan Wudhu Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Advertisement

Inilah Manfaat Gerakan Wudhu | Wudhu adalah salah satu cara bagi umat muslim untuk menyucikan anggota tubuh menggunakan media air. Seorang muslim yang akan mengerjakan sholat, diwajibakan untuk bersuci terlebih dahulu. Apabila pada saat akan bersuci kita tidak memiliki air atau terdapat air, maka kita dpt bersuci menggunakan debu atau yang disebut juga dengan tayamum. Karena jika kita akan mengerjakan sholat namun tidak bersuci terlebih dulu, maka sholat yang kita kerjakan itu tidaklah sah.

Adapun untuk tata cara wudhu itu sendiri kita membaca niat wudhu terlebih dulu, kemudian kita membasuh kedua tangan kita. Kemudian dilanjutkan dengan berkumur sebanyak 3 kali, lalu membersihkan lubang hidung. Dan dilanjutkan dengan membasuh muka sebanyak 3 kali pula, dan selanjutnya mengusap bagian kedua tangan hingga bagian siku. Setelah itu, dilanjutkan dengan membasuh rambut dan juga telinga, dan yang terakhir ialah membersihkan bagian telapak kaki sampai bagian mata kaki.

Dibalik setiap gerakan wudhu itu ternyata memiliki sebuah khasiat atau manfaat, dan bagi anda yang sekiranya belum mengetahui apa saja manfaat gerakan wudhu tersebut. Maka anda dapat mencoba untuk melihat terlebih dulu pembahasan mengenai manfaat gerakan wudhu yang pada kesempatan ini akan saya sajikan kepada anda. Dengan anda mengetahui manfaat gerakan wudhu tersebut, maka anda akan melakukan gerakan wudhu sesuai dengan yang telah diperintahkan atau diajarkan.

Karena dengan kita melakukan gerakan wudhu sesuai sunnah, maka kita akan mendapatkan manfaat gerakan wudhu tersebut. Bagi anda yang sekiranya sudah tidak sabar ingin mengetahui secara lengkap apa saja manfaat dari gerakan wudhu itu sendiri, maka kita bisa melihat pembahasan mengenai manfaat gerakan wudhu secara lengkap yang akan saya sajikan kepada anda-anda semuanya dibawah ini. Sehingga bagi anda yang kiranya belum mengetahui apa saja manfaat dari gerakan wudhu akan mengetahuinya.

manfaat gerakan wudhu bagi kesehatan

Advertisement

Manfaat Gerakan Wudhu Bagi Kesehatan

1. Membasuh telapk tangan

Gerakan wudhu yang pertama adalah membasuh kedua telapak tangan, dan manfaat membasuh kedua tangan itu sendiri dpt merefleksikan diri kita. Karena pada bagian telapak tangan itu terdapat titik – titik yang menguntungkan bagi kesehatan kita. Dimana pd bagian telapak tangan kita ini terdapat banyak sekali serabut syaraf, pembuluh arteri, vena, dan juga limfe. Dengan mengusap sela-sela jari kita ini akan dpt memperlancar peredaran darah yg mengandung makanan dan juga oksigen.

Dan cuci tangan itu sendiri merupakan salah satu bagi kita untuk mencegah terjangkitnya sebuah penyakit, karena kita pastinya banyak sekali melakukan aktifitas menggunakan tangan. Sehingga kita tidak akan pernah tahu penyakit apa saja yang berada pada tangan kita, sehingga salah satu cara untuk mencegah kita terkena sebuah penyakit yang menempel pada tangan kita. Maka kita bisa mencuci tangan baik sebelum makan ataupun setelah melakukan berbagai macam kegiatan.

2. Berkumur – kumur

Setiap kali kita makan, pastinya akan terdapat sisa-sisa makanan yang ada didalam mulut kita, dan apabila hal tersebut tidak dibersihakn. Pastinya hal tersebut akan menjadi sebuah penyakit, terutama penyakit gigi yg menjadi tempat bersarangnya sisa makanan tersebut. Dengan kita berkumur pada saat berwudhu, maka secara tidak langsung, kita telah membersihkan sisa – sisa makanan yang telah kita makan sebelumnya.

Dan sebuah penelitian juga telah menunjukan jika dengan melakukan kumur – kumur itu dapat mengurangi resiko penyakit tenggorokan, radang, kemudian dapat pula menjaga gusi kita dari luka. Selain itu, berkumur juga dapat menjaga otot – otot bagian wajah serta menjaga kesegarannya serta menjadikan kita seseorang yang lebih tenang.

3. Membersihkan lubang hidung (Istinsyaq)

Membersihkan lubang hidung dalam berwudhu dapat dilakukan dengan cara memasukan jari ke lubang hidung ataupun menghirup air kedalam hidung, manfaat gerakan wudhu yang satu ini adalah untuk membersihkan selaput serta lendir yang ada didalam hidung. Karena dua bagian tersebut merupakan pertahanan bagi sistem pernafasan untuk menyaring kotoran – kotoran yang masuk kedalam hidung. Oleh karena itu kita wajib membersihkannya setiap saat, agar kita terhidar dari penyakit seperti ISPA.

4. Membasuh muka

Membasuh muka atau wajah ini tentunya dapat membersihkan dari berbagai macam debu ataupun kotoran yang menempel pada muka setelah kita beraktifitas. Dimana debu – debu tersebut dpt memicu munculnya jerawat, komedo, ataupun hal-hal lainnya yang berhubungan dengan permasalahan wajah. Dengan kita mengerjakan wudhu, maka kita dapat mengurangi resiko terjadinya permasalahan pada wajah tersebut.

5. Membasuh tangan

Membasuh kedua tangan mulai dari bagian telapak tangan sampai dengan siku dpt memberikan manfaat utk menghilangkan kotoran ataupun kuman yang menempel pada bagian tersebut. Menurut beberapa pakar kesehatan, membasuh kedua tangan tersebut dpt membuang energi negatif pada seseorang. Dan pada bagian tangan tersebut juga terdapat titik – titik akupuntur yang bisa mengobati penyakit – penyakit seperti jantung, paru-paru, dada, tenggorokan, dan beberapa organ ke atas lainnya.

6. Membasuh rambut

Manfaat gerakan wudhu selanjutnya ialah membasuh rambut, dimana dalam membasuh rambut itu ada yang hanya membasuh bagian ujungnya saja. Namun ada pula yang membasuh semua bagian rambut dari ujung hingga bagian belakang. Dan manfaat gerakan membasuh rambut itu sendiri adalah dpt menjadikan otak kita menjadi lebih segar dan jernih, dpt mempertajam ingatan, mencegah terjadinya kerontokan, terhindar dari penyakit pikun.

7. Membasuh telinga

Manfaat membasuh telinga itu sendiri dpt merangsang titik pendengaran serta keseimbangan kita, dan pada bagian telinga juga terdapat titik – titik akupuntur. Dan hal tersebut dpt berpengaruh baik pada bagian organ dalam tubuh.

8. Membasuh telapk kaki

Gerakan wudhu yang terakhir adalah membasuh kedua telapak kaki, dengan cara memijat pada saat membasuh kaki itu dapat menjadikan perasaan menjadi lebih nyaman dan tenang. Dan manfaat semua gerakan wudhu itu menurut pandangan medis, dapat menjegah terjadinya kanker kulit karena kotoran yang menempel pada bagian kulit. Sehingga sangat baik ketika kita mengerjakan wudhu setiap kita akan mengerjakan sholat, karena hal tersebut dpt mengurangi terjadinya resiko penyakit.

Kiranya cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Manfaat Gerakan Wudhu Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani yg saya dapat sajikan kepada anda-anda sekalian semuanya, semoga saja dari penjelasan mengenai manfaat gerakan wudhu yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang sangat banyak untuk anda-anda sekalian. Dan bagi anda yang kiranya masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya.

Maka silahkan saja bagi anda untuk mencoba kembali baca juga doa setelah wudhu, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui bacaan doa setelah wudhu tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba melihat kembali pembahasan yang pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya berikan. Jika anda merasa anda sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka alangkah baiknnya jika anda mencoba untuk melihat-lihat lagi pembahasan lainnya dari saya.

Mungkin saja dengan anda mencoba melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi, anda akan dapat menemukan pembahasan yang sesuai dengan yang sedang dicari oleh anda. Atau mungkin juga anda dapat menunggu update pembahasan terbaru dari saya yang akan terus saya sajikan untuk setiap harinya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk mengunjungi kembali situs kami ini setiap harinya.

Advertisement