Manfaat Kurban Bagi Diri Sendiri Dalam Islam

Advertisement

Manfaat Kurban Bagi Diri Sendiri Dalam Islam – Kurban atau Qurban memiliki makna yaitu menyembelih hewan. Dan kurban juga merupakan salah satu ibadah yang dilakukan dalam ajaran islam yang dilakukan pada saat bulan dzulhijah yang terdapat pada penanggalan hijriah, dan tepatnya ialah pada tanggal 10 dzulhijjah. Sejarah dari kurban sendiri terdapat dalam surat Al-Qur’an Ash Shaafaat ayat 102 sampai 107, dan pula untuk memperingati peristiwa Nabi Ibrahim dan Ismail. Sedangkan untuk hukum dari mengerjakan kurban sendiri adalah sunnah muakad atau juga sunnah yang lebih diutamakan, namun ada pula yang mengatakan jika ibadah kurban itu merupakan wajib hukumnya menurut Abu Hanifah.
manfaat kurban
Dan dalam ibadah kurban sendiri memiliki manfaat yang sangat besar untuk mengajarkan kepada setiap umat muslim yang rela mengorbankan apa yang menjadi milikinya hanya semata-mata ditunjukan sebagai amalan kita kepada Allah SWT. Selain itu, menjalankan ibadah kurban juga memiliki manfaat bagi kehidupan pribadi ataupun sosial. Apalagi bagi anda yang sekiranya sudah mampu dari segi materi, maka anda diwajibkan untuk melakukan ibadah kurban. Dan untuk anda yang ingin menjalankan ibadah kurban, mungkin anda juga bisa melihat terlebih dulu harga sapi kurban dan harga kambing kurban yang telah kami sajikan pada kesempatan sebelumnya.

Sedangkan untuk anda yang mungkin merasa ingin mengetahui apa saja manfaat kurban bagi yang berkurban dengan lengkap, maka silahkan bagi anda untuk melihat terlebih dulu pembahasan tentang keutamaan kurban idul adha yang hari ini akan coba kami berikan. Dengan anda mengetahui apa saja keutamaan kurban itu sendiri, maka anda tidak akan ragu – ragu lagi untuk melakukan amalan ibadah kurban. Karena anda sudah mengetahui apa saja manfaat kurban bagi diri sendiri itu.

Manfaat Kurban Bagi Diri Sendiri

Sebagai pelatihan kepada kita untuk memiliki sikap kepedulian terhadap sesama, terutamanya untuk sesama umat muslim. Bagi anda yang sudah memiliki banyak harta, maka sudah sewajibnya apabila menyisihkan sebagaian harta yang anda miliki untuk dikurbankan kepada orang-orang yang kiranya kurang mampu dengan bentuk hewan kurban.

Menjadikan seseorang menjadi lebih dermawan, dimana sikap tersebut tidak bisa langsung timbul dalam diri seseorang. Apalagi untuk orang yang mungkin tidak terlalu peduli dengan orang lain dan kondisi sekitar, maka dari itu anda harus melatih diri untuk dapat dermawan kepada orang lain. Karena kita juga tidak tahu apabila suatu saat kita akan membutuhkan bantuan dari orang lain.

Meningkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT, dimana telah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Dimana dengan kita melakukan ibadah kurban, maka kita dapat meningkatkan ketaqwaan dan ke imanan kita terhadap Allah SWT dan tidak pula mudah mengikuti hawa nafsu pada diri kita.

Advertisement

Ibadah kurban yang dilakukan secara ikhlas semata-mata kita melakukan hal tersebut hanya karena ingin mendapatkan pahala dari Allah SWT maka hal tersebut dapat menjadikan sebagai bekal ketika hari akhir.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga harta benda yang kita miliki ialah dengan cara berkurban, karena dalam harta yang kita miliki itu terdapat hak-hak dari orang-orang yang memang pantas untuk mendapatkannya. Jadi untuk anda yang mungkin sudah memiliki harta yang berlebihan, maka ada baiknya apabila anda melakukan ibadah kurban untuk menambah rezeki yang sudah anda miliki saat ini.

Demikian itu untuk penjelasan mengenai Beberapa Manfaat Kurban yg sekiranya dapat kami berikan kepada anda, semoga saja dari sedikit penjelasan yang baru kami sajikan diatas ini dapat memberikan manfaat yang begitu banyak bagi anda-anda semuanya. Dan bagi anda yang ingin mengetahui hal-hal lain seputar agama islam, maka anda harus sering-sering berkunjung ke situs kami. Karena setap harinya kami akan menyajikan banyak penjelasan seputar agama islam yang mungkin saja belum anda ketahui saat ini.

Save

Save

Advertisement