Pengertian, Hukum, dan Manfaat Puasa Mutih Menurut Islam

Advertisement

Manfaat Puasa Mutih | Pengertian puasa mutih adalah kegiatan berpuasa atau tidak boleh makan dan minum seperti puasa ramadhan. Dimana kegiatan puasa mutih ini sendiri tidak termasuk dalam ibadah agama Islam, karena puasa ini lebih banyak dianut orang – orang kejawen atau orang jawa kuno yg mempelajari praktisi spiritual dgn tujuan ataupun kepentingan tertentu, seperti misalnya ingin mendapatkan kekuatan atau ilmu, memiliki sebuah hajat, dan lainnya.

Pengertian puasa sendiri dari segi bahasa adalah menahan diri, yang telah diterangkan dalam QS. Maryam ayat 26. Arti menahan diri dalam syariah itu sendiri ialah menahan diri dari makanan, minuman, dan hawa nafsu pada waktu tertentu dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari dan harus disertai dgn membaca niat puasa. Oleh karena itu, puasa mutih itu sendiri tidak termasuk kedalam kategori ibadah, namun tidak berbeda jauh dgn orang yg sedang berdiet.

Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin coba membahas sedikit mengenai hukum puasa mutih dalam Islam dan juga manfaat puasa mutih. Setelah tadi diatas saya memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian puasa mutih, maka selanjutnya anda tinggal mengetahui hukum puasa mutih menurut Islam. Apakah puasa mutih itu memang diperbolehkan untuk dikerjakan menurut Islam ataukah tidak boleh untuk dikerjakan.

Jangan sampai nantinya anda itu mengerjakan sesuatu hal yang tidak diajarkan didalam syariat Islam, karena hal – hal tersebut pastinya akan membuat kita menjadi berdosa ketika mengerjakan sesuatu hal yang tidak disyariatkan dalam Islam. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dulu hal – hal yang sebaiknya kita kerjakan ataupun tidak. Supaya hal – hal yg kita kerjakan tersebu tidaklah mubah ataupun menjadikan kita berdosa.

Untuk anda yang mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap hukum puasa mutih dalam Islam dan juga apa saja manfaat puasa mutih itu sendiri, maka kita bisa langsung saja melihat penjelasan yang akan saya coba jelaskan kepada anda – anda sekalian dibawah ini secara lengkap. Sehingga untuk anda – anda sekalian yang sekiranya memang sedang mencari – cari penjelasan akan hal tersebut jadi mengetahuinya secara lengkap dan benar.

Advertisement

hukum dan manfaat puasa mutih
Hukum dan Manfaat Puasa Mutih Menurut Islam

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika puasa mutih adalah salah satu kegiatan manahan diri layaknya puasa pada umumnya. Namun puasa mutih itu sendiri tidak termasuk dalam sebuah ibadah agama Islam. Sehingga hukum puasa mutih dalam Islam itu sendiri masih boleh dilakukan asalkan tidak berpantangan dengan syariat Islam. Misalkan kita mengerjakan puasa mutih dgn tujuan agar tubuh kita menjadi lebih sehat, maka puasa mutih tersebut boleh dilakukan.

Namun jika kita mengerjakan puasa mutih dgn tujuan untuk mendapatkan ilmu ghaib ataupun kekuatan, maka hukum puasa mutih menurut Islam akan menjadi haram. Karena hal tersebut sudah termasuk kedalam bentuk syirik, dimana pelaku puasa mutih yang seperti itu biasanya memiliki niatan melakukan puasa dgn tujuan bukan karena Allah Ta’Ala. Melainkan lebih bertujuan kepada syaitan dgn memohon kekuatan. Sehingga puasa mutih dgn tujuan seperti itu alangkah baiknya jika tidak dilakukan.

Manfaat Puasa Mutih Menurut Islam

Secara syariat, manfaat puasa putih itu sendiri tidak akan mendapatkan manfaat lainya selain manfaat fisik. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika puasa mutih itu tidak termasuk kedalam kegiatan beribadah agama Islam. Sehingga para pelaku puasa tersebut tidak akan mendapatkan pahala atau apapun dari Allah SWT, melainkan manfaat yang akan didapatkan oleh para pelaku puasa mutih ialah manfaat kesehatan jasmani saja.

Didalam ilmu kedokteran juga telah menerangkan jika berpuasa itu dapat mengurangi atau bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti misalnya dapat mengurangi kadar gula serta garam didalam tubuh, mengurangi lemak, dan dapat membantu mengeluarkan berbagai macam racun yang ada didalam tubuh. Oleh karena itu, dalam ilmu kedokteran juga dianjurkan untuk mengerjakan puasa utnuk alasan kesehatan.

Mungkin hanya itu saja untuk penjelasan mengenai Pengertian, Hukum, dan Manfaat Puasa Mutih Menurut Islam yang sekiranya pd kesempatan hari ini saya dapat sajikan kepada anda – anda sekalian, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai puasa mutih yg baru saja saya berikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat untuk anda – anda sekalian. Dan bagi anda yang kiranya merasa tertarik ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya dari saya.

Mungkin anda akan tertarik untuk kembali melihat hukum puasa ramadhan ketika hamil, siapa tahu saja diantara anda – anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui akan penjelasan hal tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan yg beberapa waktu lalu itu sudah pernah saya berikan kepada anda – anda sekalian semuanya. Dan bagi anda yg kiranya mungkin sudah mengetahui akan pembahasan tersebut.

Maka anda masih bisa kembali melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah pula saya berikan sebelumnya, siapa tahu saja dari beberapa pembahasan yg sebelumnya sudah pernah saya berikan tersebut akan ada yg sesuai dengan pembahasan yg memang sedang anda – anda sekalian cari. Atau mungkin jg anda ingin coba menunggu update pembahasan terbaru lainnya dari saya yg akan coba terus saya update untuk setiap harinya.

Save

Advertisement