Keutamaan dan Manfaat Sholat Hajat Secara Lengkap

Advertisement

Manfaat Sholat Hajat | Sholat hajat adalah salah satu dari sekian banyak sholat sunnah yang dikerjakan umat Islam pd saat memiliki sebuah hajat atau keinginnan serta keinginannya tersebut ingin dikabulkan Allah SWT. Jumlah rakaat sholat hajat itu sendiri adalah 2 rakaat sampai dengan 12 rakaat yg dikerjakan dengan salah setiap dua rakaat. Adapun untuk waktu sholat hajat itu sendiri dapat kita kerjakan setiap saat, terkecuali pada waktu yg dilarang utk sholat.

Sehingga apabila anda sedang memiliki sebuah hajat, maka tidak ada salahnya apabila anda mengerjakan sholat hajat. Kemudian jangan lupa pula bagi anda untuk membaca doa setelah sholat hajat dilanjutkan dengan memanjatkan hajat yg sedang anda inginkan. Dengan anda mengerjakan sholat sunnah hajat ini secara rutin, Insya Allah hajat yang sedang anda inginkan itu dapat terkabulkan oleh Allah SWT nantinya.

Namun dalam pengerjakan sholat sunnah hajat ini juga harus disertai dengan rasa yang ikhlas hanya karena Allah SWT semata. Sedangkan utk tata cara sholat hajat itu sendiri sama dengan tata cara sholat pd umumnya, dimana kita membaca niat sholat hajat terlebih dulu, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan bacaan surat pendek dan seterusnya sampai salam pada rakaat yg kedua. Jika anda ingin mengerjakan sholat hajat lebih dari 2 rakaat, maka anda tinggal kembali mengerjakan sholat sunnah tersebut selesai dua rakaat salam.

Untuk bacaan sholat hajat sendiri, disarankan utk membaca surat Al Ikhlas dan ayat kursi. Sebagaimana diterangkan dalam riwayat dari Wahiib ibn Al Ward yg mengatakan :”Bahwa dari doa yg dikabulkan adalah seorang hamba yg sholat 12 rakaat, dia membaca pada tiap rakaatnya surat Al Ikhlas dan ayat kursi.” Sehingga bagi anda yang ingin mengerjakan sholat sunnah hajat, alangkah baiknya untuk bacaan sholat hajat itu membaca ke dua surat tersebut.

Dan pada kesempatan ini, saya ingin memberikan beberapa penjelasan tentang manfaat sholat hajat kepada anda-anda sekalian. Barang kali saja ada diantara anda-anda sekalian ini yg masih belum mengetahui apa saja keutamaan sholat hajat, maka dari itu saya ingin membantu anda dengan memberikan pembahasan tentang manfaat sholat sunnah hajat kepada anda-anda sekalian yang akan saya coba sajikan dengan lengkap dibawah ini.

Advertisement

manfaat sholat hajat
Keutamaan dan Manfaat Sholat Hajat

Sama seperti sholat sunnah yang lainnya, dimana sholat hajat itu juga memiliki keutamaan dan manfaat. Adapun untuk beberapa manfaat sholat sunnah hajat itu diantaranya adalah sebagai berikut.

“Barangsiapa yg berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah SWT berikan apa yg dia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad)

“Barang siapa yg mempunyai kebutuhan (hajat) kpd Allah SWT atau salah seorang manusia dari anak cucu adam, maka wudhulah dgn sebaik – baiknya wudhu. Kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat), lalu memuji kepada Allah SWT, mengucapkan sholawat Nabi. Setelah itu, mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaana…….” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Terdapat pula riwayat dari Abu Sirah an Nakh’iy, dia mengatakan :”Seorang laki laki menempuh perjalanan dari Yaman. Di tengah perjalanan keledainya mati, kemudian dia mengambil wudhu dan sholat dua rakaat, setelah itu berdoa. Dia mengucapkan :”Ya Allah, sesungguhnya saya datang dari negeri yg sangat jauh guna berjuang dijalan-Mu dan mencari ridha-Mu. Saya bersaksi bahwasannya Engkau menghidupkan makhluk yg mati dan membangkitkan manusia dari kuburnya, janganlah Engkau jadikan saya berhutang budi terhadap seseorang pd hari ini. Pada hari ini saya memohon kpd Engkau supaya membangkitkan keledaiku yg telah mati ini.” Maka, keledai itu bangun seketika, lalu mengibaskan kedua telinganya.” (HR. Baihaqi, dia mengatakan, sanad cerita ini shahih)

Ada seseorang yg buta menemui Nabi SAW, kemudia ia berkata :”Sesungguhnya saya mendapatkan musibah pd mata saya, maka berdoalah kpd Allah (untuk) kesembuhanku.” Maka Beliau bersabda :”Pergilah, lalu berwudhu, kemudian sholatlah dua rakaat (sholat hajat). Setelah itu, berdoalah….” Dalam waktu yg singkat, laki laki itu terlihat kembali seperti dia tidak pernah buta matanya.” Kemudian Nabi Muhammad SAW bersabda :”Jika kami memiliki kebutuhan (hajat), maka lakukanlah seperti itu (sholat hajat).” (HR. Tirmidzi)

Kiranya hanya itu saja utk pokok pembahasan mengenai Keutamaan dan Manfaat Sholat Hajat Secara Lengkap yg dapat saya sajikan kepada anda pada kesempatan ini, mudah-mudahan saja dari pembahasan tentang manfaat sholat hajat dari saya ini dapat memberikan tambahan ilmu bagi anda. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yang pada kesempatan sebelumnya sudah saya berikan.

Maka tidak ada salahnya bagi anda utk kembali melihat tata cara sholat taubat nasuha, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang sedang mencari – cari tata cara sholat sunnah tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda utk kembali melihat pembahasan yg beberapa waktu lalu itu sudah pernah saya sajikan. Namun bagi anda yg sekiranya sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka anda masih bisa mencoba kembali utk melihat – lihat pembahasan lainnya.

Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada pembahasan yang sesuai dengan yg sedang dicari oleh anda. Atau utk anda yang merasa tidak dapat menemukan pembahasan yg sesuai, maka silahkan saja bagi anda untuk menunggu update pembahasan terbaru yg akan coba terus saya sajikan utk setiap harinya. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila lain waktu anda kembali mengunjungi situs doaharian.info ini.

Advertisement