Nama Nama Surga Dan Neraka Beserta Penjelsannya Lengkap

Advertisement

Nama Nama Surga Dan Neraka | Surga dan neraka adalah tempat yang nantinya akan dihuni oleh para umat manusia setelah mereka di hisab atau dihitung amal ibadahnya. Dengan menghitung amal ibadahnya, maka hal tersebut dpt ditentukan apakah manusia tersebut akan dimasukan kedalam surga atau neraka. Untuk pengertian surga sendiri adalah tempat di alam akhirat yg dipercaya oleh para penganut agama sebagai tempat berkumpulnya roh manusia yg salama hidupnya berbuat kebajikan.

Istilah lain yang digunakan berdasarkan dari budaya lebih dikenal dengan nama Kahyangan, yang diambil dari bahasa sanskerta yg jika dipilah akan menjadi ka – hyang – an dengan makna adalah tempat tinggal para hyang atau leluhur. Sedangkankan tingkatan surga itu sendiri dibagi menjadi 8 tingkatan, dengan tingkatan tertinggi adalah surga firdaus, dimana para penghuni surga tersebut adalah para Nabi serta Rasul, syuhada, dan orang – orang yg saleh.

Sedangkan pengertian neraka sendiri adalah alam akhirat yg diyakini sebagai tempat penyiksaan serta kesengsaraan bagi orang – orang yg membangkang akan syariat Allah serta mengingkari Nabi. Adapun malaikat yang menjaga pintu neraka adalah Malaikat Malik, dan terdapat 19 Malaikat penyiksa yang ada didalam neraka, atau yang dikenal dengan sebutan Zabaniyah. Banyak yang menggambarkan jika neraka itu tempat penyiksaan yang panas, akan tetapi ada sebuha hawa neraka yg teramat sangat dingin yg dpt melepaskan kulit-kulit penghuninya.

Sebagaimana penjelasan dari Ka’ab, dia berkata :”Sesungguhnya di neraka terdapat dingin, yaitu zamharir (dingin yg amat beku), yg ini bisa membuat kulit – kulit terlepas hingga mereka (yg berada di neraka) meminta pertolongan pd pada panasnya neraka.”

Selain itu juga diterangkan dalam Al Qur’an yg artinya :”Mereka tidak merasakan kesejukan didalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yg mendidih dan ghossaq, sebagai pembalasan yg setimpal.” (QS. An Naba’ :24-26)

Advertisement

Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin memberikan penjelasan akan nama nama surga dan neraka kepada anda – anda sekalian. Barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yang masih belum mengetahui apa saja nama nama surga dan neraka itu, maka dari itu saya ingin membantu anda dengan memberikan penjelasan tersebut. Dengan anda mengetahui penjelasan tersebut, maka anda – anda sekalian ini akan dpt terbantu.

Nama Nama Surga Dan Neraka
Ilustrasi Surga dan Neraka

Nama Nama Surga Dan Neraka Beserta Penjelsannya

Adapun untuk tingkatan serta nama nama surga adalah sebagai berikut :

  • Surga Firdaus, yaitu surga yg terbuat dari emas merah, dan merupakan surga tertinggi yg disediakan utk orang – orang yg tidak menyekutukan Allah SWT dgn sesuatu, menjauhkan diri dari pd perbuatan maksiat, tidak membuat kemungkaran, serta menjalankan segala yg diperintahkan-Nya. Dan didalam surga firdaus itu terdapat empat buah sungai yang diantaranya adalah sungai air tawar, sungai susu, sungai arak, dan sungai madu.Sebagaimana diterangkan dalam Al Qur’an yang artinya :”Sesungguhnya orang – orang yg beriman dan beramal shalih, bagi mereka adl surga firdaus menjadi tempat tinggal.” (QS. Al Kahfi 18 :107)
  • Surga ‘Adn, yaitu surga yg terbuat dari intan putih, dan surga ini juga diceritakan sebagai tempat diciptakannya Adan dan Hawa, kemudian diperintahkan kpd mereka utk tidak memakan buah dari Pohon Khuldi. Kemudian mereka dikeluarkan dari surga tersebut karena melanggar perintah-Nya. Sebagaimana penjelasan didalam Al Qur’an yang artinya :”(yaitu) surga ‘Adn yg mengalir sungai – sungai dibawahnya, mereka kekal didalamnya, Dan itu adl balasan bagi orang yg bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).” (QS. Thaha ayat 76)
  • Surga Na’iim, yaitu surga yg terbuat dari perak putih, sebagaimana diterangkan dalam sebuah Al Qur’an surat Al Luqman dan Surat Al Hajj.”Mereka orang – orang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada didalam surga yg penuh kenikmatan.” (QS. Al Hajj ayat 56)

    “Sesungguhnya orang – orang yg beriman dan mengerjakan amal shaleh, bagi mereka akan mendapat surga yg penuh kenikmatan.” (QS. Al Luqman ayat 8)

  • Surga Khuldi, yaitu surga yg tersebut dari marjan yg berwarna merah dan kuning. Sebagaimana diterangkan dalam firman Allah SWT yang artinya :”Katakanlah, “Apakah (azab) yg demikian itu yg baik, atau surga yg kekal yg dijanjikan kpd orang – orang yg bertaqwa?” Surga itu menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (QS. Al Furqan ayat 15)
  • Surga Ma’wa, yaitu surga yang terbuat dari zabarjud hijau, sebagaimana firman Allah SWT yg artinya :”Adapun orang – orang yg beriman dan mengerjakan amal shaleh, maka bagi mereka mendapat surga surga tempat kediaman, merupakan pahala  pd apa yg telah mereka kerjakan.” (QS. As Sajdah ayat 19)”Maka sesungguhnya surga Ma’Walah tempat tinggalnya.” (QS. An Naazi’aat ayat 41)
  • Surga Darul Jajal, yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih.
  • Surga Darul Qarar, yaitu surga yg terbuat dari emas merah.
  • Surga Darussalam, yaitu surga yg terbuat dari yaqut merah, “Dan Allah menyeru ke darussalam kpd jalan keselamatan, yaitu surga. Dia menyeru manusia pd keimanan (dan menunjuki orang yg dikehendaki-Nya) utk mendapat petunjuk (kpd jalan yg lurus) yakni agama Islam.” (QS. Yunus ayat 25)”Dan berkatalah mereka : Segala Puji Bagi Allah yg telah menghapus (rasa) duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami adalah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri, Yang memberi tempat kami di dalam tepat yg kekal (surga) dan Karunia-Nya.” (QS. Faathir ayat 34-35)

Adapun untuk tingkatan serta nama nama neraka adalah sebagai berikut :

  • Neraka Hawiyah, adalah neraka yg diperuntukan atas orang – orang yg ringan timbangan amalanya, yaitu mereka – mereka yg selama hidupnya mengerjakan kebaikan bercampur dgn keburukan. Contohnya adalah wanita muslim yg tidak menggunakan jilbab, para laki – laki muslim yg sering menggunakan kain sutra dan emas, mencari rezeki dengan cara yg tidak halal, memakan riba, dan lainnya. Sebagaimana diterangkan dalam Al Qur’an surat Al Qari’ah.
  • Neraka jahiim, adalah neraka sebagai tempat penyiksaan orang – orang yg musyrik atau orang yg menyekutukan Allah SWT. Mereka akan disiksa oleh para sesembahan mereka. Dalam agama Islam, syirik adalah sebagai salah satu dosa yg paling besar menurut Allah, karena syirik memiliki arti menganggap bahwa ada makhluk yg lebih hebat dan berkuasa melainkan Allah SWT. Sebagaimana hal tersebut telah diterangkan didalam QS. Asy Syu’ara dan QS. As Saffat.
  • Neraka Saqar, adalah neraka yg diperuntukan bagi orang – orang yg munafik, yaitu orang – orang yg mendustakan perintah Allah dan Rasul. Mereka mengetahui bahwa Allah sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Muhammad SAW, tetapi mereka meremehkan syariat Islam. (QS. Al Muddassir)
  • Neraka Lazhaa, yaitu neraka yg disediakan utk orang yg suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang – orang miskin. Bagi mereka yg tidak mau bersedekah, membayar zakat, ataupun bahkan memasang muka masam apabila ada orang miskin datang meminta bantuan. (QS. Al Ma’arij)
  • Neraka Huthamah, adalah neraka yg disediakan utk orang – orang yg suka mengumpulkan harta emas, platina, atau perak. Mereka yang serakah dan tidak mau mengeluarkan zakat harta dan menghina orang – orang miskin. Di neraka ini harta yg mereka kumpulkan akan dibawa dan dibakar utk diminumkan sebagai siksaan kpd manusia pengumpul harta tersebut. (QS. Al Humazah)
  • Neraka Sa’iir, adalah neraka yg diisi oleh orang – orang kafir serta orang yg memakan harta anak yatim. Sebagaimana yang telah diterangkan didalam Al Qur’an yang terdapat pada surat Al Ahzab, surat Al Fath, surat An Nisa, dan surat Luqman.
  • Neraka Wail, adalah neraka yg disediakan utk para pengusaha atau pedagang licik, dgn cara mengurangi berat timbangan, mencalokan barang dagangan utk mendapatkan keuntungan yg berlipat – lipat. Barang dagangan mereka akan dibakar dan dimasukan kedalam perut mereka sebagai bentuk azab dosa – dosa mereka. (QS. AL Tatfif dan QS. At Tur)

Sekiranya cukup sekian saja dulu utk penjelasan mengenai Nama Nama Surga Dan Neraka Beserta Penjelsannya Lengkap dari saya utk hari ini, semoga saja sedikit penjelasan mengenai nama nama surga dan neraka yang baru saja saya sajikan diatas tadi dpt memberikan banyak manfaat bagi anda. Dan bagi anda yang sekiranya masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yg beberapa waktu lalu sudah pernah saya sajikan selain penjelasan nama nama surga dan neraka.

Maka tidak ada salahnya bagi anda utk mencoba kembali baca juga Asmaul Husna besarta artinya, dimana beberapa waktu lalu saya baru saja memberikan akan penjelasan tersebut. Mungkin saja diantara anda – anda sekalian ini ada yg sedang mencari – cari pembahasan akan hal tersebut, oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda utk mencoba melihat kembali pembahasan yg beberapa waktu lalu itu telah saya sajikan.

Namun utk anda yg sekiranya merasa sudah mengetahui akan hal tersebut, maka silahkan saja bagi anda utk kembali mencoba melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya. Karena saya sudah banyak memberikan penjelasan lainnya yang dapat anda lihat – lihat kembali, dan mungkin saja salah satu diantara pembahasan yg beberapa waktu lalu itu sudah pernah saya sajikan ada yg sesuai dengan pembahasan yg memang sedang dicari anda.

Advertisement