Niat dan Cara Sholat Gerhana Bulan dan Matahari

Advertisement

Sholat gerhana atau bisa disebut juga dengan sholat kusufain merupakan sholat yang dilakukan ketika terjadinya gerhana bulan ataupun matahari, sholat yang dikerjakan pada saat gerhana bulan disebut dgn sholat khusuf. Sedangkan sholat pada saat sedang gerhana matahari disebut dgn sholat kusuf. Waktu utk melaksanakan sholat ini ialah pada saat terjadinya gerhana bulan itu sendiri sampai dengan terbitnya kembali, atau sampai dengan bulan kembali nampak dengan utuh seperti sedia kala. Sedangkan waktu untuk melaksanakan sholat gerhana matahari ialah pada saat timbulnya gerhana tersebut, sampai dengan kembalinya matahari seperti sebelumnya.
niat dan cara sholat gerhana
Di beberapa daerah di indonesia sendiri memiliki tradisi ketika datangnya gerhana bulan ataupun matahari, seperti di banda aceh pada saat terjadi gerhana bulan yang terjadi tanggal 4 april tahun 2015 lalu yang berlangsung dari pukul 18.57 sampai dengan 19.02. Seluruh masjid di aceh serentak melantunkan adzan, bahkan kumandang adzan tersebut diulang hingga beberapa kali mulai dari pukul 18.50 sampai dengan pukul 19.00 waktu setempat. Sedangkan tradisi di daerah jawa timur, masyarakat sekitar melakukan pemukulan tanaman menggunakan sapu lidi dengan alasan supaya tanamannya menjadi subur. Dan juga memukul anak kecil dengan pelan supaya anak tersebut dipercaya dapat menjadi pandai. Namun tradisi tersebut sekarang ini sudah tidak dilakukan lagi, dan tidak tahu pula siapa yang mengawali tradisi tersebut.

Untuk anda yang kiranya ingin melakukan sholat gerhana namun anda belum mengetahui bacaan niat dan cara sholatnya, maka ada baiknya jika anda mencoba untuk melihat terlebih dulu bacaan niat sholat tersebut dan tata cara pengerjaannya yang akan coba saya sajikan dengan cukup lengkap dibawah ini. Jadi untuk anda yang ingin melakukan sholat tersebut anda bisa menghafalkan bacaan niatnya dan tata cara sholatnya. Tidak perlu menunggu terlalu lama lagi kalau begitu, mari kita melihat bersama-sama bacaan niat dan cara sholat gerhana yang akan saya berikan dibawah ini untuk anda-anda sekalian.

Cara Sholat Gerhana Bulan dan Matahari

  • Pastikan jika sudah terjadi gerhana bulan ataupun matahari, karena sholat tersebut dilaksanakan pada saat sedang terjadinya gerhana.
  • Sholat gerhana ini dilakukan dengan cara berjamaah, sehingga ada baiknya jika jamaah diingatkan terlebih dahulu dengan mengucapkan “Ash-salatu jaami’ah”.
  • Setelah itu membaca niat sholat gerhana.

niat sholat gerhana

  • Sholat ini dikerjakan sebanyak dua rakaat, dan pada setiap rakaatnya terdiri dari 2 kali ruku dan 2 kali sujud.
  • Pada saat rakaat yang pertama, bacaan suratannya lebih panjang dari pada bacaan suratan yang dibacaan pada saat rakaat yang kedua.
  • Misalkan, pada saat rakaat yang pertama kita membaca surat yasin, lalu pada saat rakaat kedua kita bisa membaca surat Al-Waqiah.
    Dan disunahkan pula untuk berkhutbah.

Dan saya rasa cuma itu saja untuk Niat dan Cara Sholat Gerhana yang sekiranya saya dapat berikan kepada anda utk sekarang ini, mudah-mudahan saja dari bacaan niat sholat dan tata caranya yang baru saja saya berikan diatas tadi dapat memberikan manfaat yang besar kepada anda-anda sekalian. Dan apabila anda ingin kembali melihat beberapa bacaan doa lainnya yang mungkin belum anda ketahui, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk melihat terlebih dulu doa supaya anak nurut sama orang tua yang beberapa waktu lalu baru saja saya berikan. Barang kali saja diantara anda-anda ini ada yang sedang mencari bacaan doa tersebut.

Atau utk anda yang mungkin sudah mengetahui bacaan doa tersebut, maka ada baiknya jika anda mencoba untuk kembali melihat-lihat beberapa bacaan doa lainnya yang sudah pernah saya berikan pada kesempatan sebelumnya itu. Siapa tahu saja anda akan dapat menemukan bacaan doa yang pas dengan yang memang sedang anda ingin ketahui, maka dari itu tidak ada salahnya bukan jika anda mencoba untuk melihat-lihat terlebih dulu bacaan doa lainnya yang pada kesempatan sebelumnya itu telah saya berikan. Atau mungkin juga anda ingin mencoba untuk kembali melihat beberapa update bacaan doa yang akan coba saya terus berikan untuk setiap harinya.

Advertisement

Advertisement