Tata Cara dan Niat Shalat Qashar Sesuai Sunnah

Advertisement

Niat Shalat Qashar | Pengertian shalat qashar adalah tata cara mengerjakan sholat fardhu yg dikerjakan dengan cara meringkas ataupun mengurangi jumlah rakaat dari sholat yg dikerjakan. Dan sholat qahsar ini sendiri adalah salah satu bentuk keringanan yang diberikan Allah SWT kepada hambanya yang sedang dlm perjalanan atau sfar. Adapun beberapa sholat fardhu yg diapat diqashar antara lain adalah sholat dzuhur, ashar, dan juga isya.

Dimana rakaat asli dari ketiga sholat fardhu tersebut ialah berjumlah 4 rakaat, dan ketika dikerjakan dengan cara shalat qashar maka akan dikurangi menjadi dua rakaat. Adapun untuk orang – orang yang diperbolehkan shalat qashar diantaranya adalah orang – orang yg sedang berpergian atau musafir, dan orang – orang tersebut juga diperbolehkan untuk mengerjakan sholat jamak. Jadi, pada saat kita tidak melakukan perjalanan, maka kita tidak diperbolehkan utk mengerjakan sholat tersebut.

Sebuah hadits dari Yahya bin Yazid al Hana berkata, saya bertanya kepada Anas bin Malik tentang jarak shalat qashar. Kemudian Anas menjawab:”Adalah Rasulullah SAW jika keluar menempuh jarak 3 mil atau sekitar 3 farsakh dia shalat dua rakaat.” (HR. Muslim)

Adapula hadits riwayat dari Ibnu Abbas yg berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda:”Wahai penduduk Mekkah janganlah kalian mengqashar sholat kurang dari 4 burd dari Mekkah ke Asfaan.” (HR. At Tabrani, Ad Daruqutni, hadits mauquf)

Selain itu, terdapat pula sebuah hadits riwayat dari Ibnu Syaibah dari arah yg lain berkata:”Shalat qashar dalam jarak perjalanan sehari semalam.”

Advertisement

Dan pada saat ini, saya ingin coba memberikan sedikit penjelasan mengenai niat shalat qashar kepada anda – anda sekalian, siapa tahu saja ada diantara anda – anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui bagaimana bacaan niat sholat qashar tersebut. Maka dari itu saya ingin membantu anda – anda sekalian dengan memberikan bacaan niat sholat qashar secara lengkap bersama dengan tata cara shalat qashar juga hari ini.

Untuk anda – anda sekalian yang mungkin sudah ingin mengetahui tata cara shalat qashar secara lengkap bersama dengan bacaan niat sholat qashar tersebut, maka kita bisa langsung saja melihat pembahasan yang akan saya sajikan kepada anda – anda sekalian hari ini secara lengkap bersama – sama dibawah ini. Sehingga bagi anda – anda yang masih belum mengetahui pembahasan akan hal tersebut bisa mengetahuinya secara lengkap.

Niat Shalat Qashar Sesuai Sunnah

niat shalat qashar
Tata Cara Shalat Qashar

Untuk tata cara shalat qasar itu sendiri sama halnya dengan tata cara mengerjakan sholat pada umumnya, dimana kita membaca niat sholat qasar terlebih dulu. Kemudian kita membaca surat Al Fatihah dan seterusnya sampai salam. Namun untuk tata cara pengerjaan sholat qasar itu sendiri dikerjakan tidak secara penuh, seperti yg sudah dijelaskan pada pengertian shalat qashar. Jika sholat ini merupakan salat yg pengerjaannya diringkas menjadi dua rakaat.

Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah SWT yg artinya :”Bila km mengadakan perjalanan dimuka bumi, tidaklah km berdosa jika km memendekan sholat….” (QS. An Nisa ayat 101)

Selain itu, terdapat pula sabda Rasulullah SAW yg artinya :”Shalat itu difardhu-kan atau diwajibkan atas lidah Nabimu didalam hadlar atau mukim empat rakaat, didalam safar atau perjalanan dua rakaat dan didalam khauf atau keadaan perang atau takut satu rakaat.” (HR. Muslim)

Sehingga bagi anda – anda yg kiranya sedang melakukan perjalanan, maka anda diperbolehkan utk memendekan shalat fardhu yg berjumlah 4 rakaat menjadi 2 rakaat. Namun anda juga harus memenuhi syarat shalat qashar itu sendiri, seperti misalnya jarak yg anda tempuh dan sebagainya. Dan dengan ini, selesai sudah untuk pembahasan mengenai Tata Cara dan Niat Shalat Qashar Sesuai Sunnah yang sekiranya saya dapat sajikan kepada anda – anda sekalian hari ini.

Semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai shalat qashar tersebut dpt bermanfaat untuk anda – anda sekalian, dan untuk anda – anda yg sekiranya mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan. Mungkin anda akan tertarik untuk coba kembali baca juga niat shalat jamak taqdim ta’khir, barang kali saja masih ada diantara anda – anda sekalian yg belum mengetahui bacaan niat shalat tersebut.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan mengenai bacaan niat shalat yg beberapa waktu lalu itu sudah pernah saya berikan kepada anda – anda sekalian. Namun utk anda – anda sekalian yg sekiranya sudah mengetahui bacaan niat shalat tersebut, maka saya sarankan kembali kepada anda untuk melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan sebelumnya lagi. Mungkin saja anda akan dpt menemukan pembahasan yg sesuai dengan yg anda cari.

Save

Advertisement