Pengertian dan Niat Zakat Fitrah dan Artinya

Advertisement

Pengertian dan Niat Zakat Fitrah | Pengertian Zakat merupakan salah satu jenis zakat yg wajib dikeluarkan oleh setiap umat muslim baik itu perempuan ataupun laki-laki yg memiliki kemampuan serta memenuhi syarat wajib zakat yg telah ditentukan. Kata fitrah sendiri dpt diartikan sebagai kondisi manusia yg baru diciptakan, sehingga dengan kita mengeluarkan zakat, maka kita akan kembali menjadi fitri dengan seizin dari Allah SWT. Sedangkan jumlah zakat yg dibayarkan itu sendiri ialah sebanyak 1 sha’ dimana 1 sha’ itu sama dengan 4 mud dan 1 mud sebanyak 675 gram, sehingga zakat yang dibayarkan kurang lebih 2.7 kg atau 3.5 liter.
lafadz niat zakat fitrah
Hukum zakat fitrah itu sendiri ialah wajib bagi beberapa orang yg sudah memenuhi syarat sebagai berikut, seseorang yg memiliki kelebihan harta ataupun makanan terlepas dari tanggungannya, seorang anak yg lahir ketika matahari belum terbenam di akhir bulan ramadhan, seorang muallaf yg baru masuk islam sebelum terbenamnya matahari di akhir bulan ramadhan serta dalam masih dlm keadaan islam, dan yg terakhir adalah seorang muslim yg meninggal ketika sudah terbenamnya matahari di akhir bulan ramadhan. Untuk anda yg termasuk kedalam syarat tersebut, maka anda diwajibkan utk membayar zakat fitrah.

Sedangkan orang – orang yang menerima zakat fitrah itu sendiri terbagi menjadi delapan golongan yg diantaranya adalah hamba sahaya, fakir, miskin, muallaf, amil, ibnu sabil, fisabilillah, dan grarimin. Namun beberapa ulama berpendapat jika zakat fitrah itu diutamakan dibagikan terhadap dua golongan yaitu fakir dan juga miskin. Pendapat tersebut didasarkan pada alasan jumlah zakat yg sedikit, dan tujuan utama dari membayar zakat fitrah itu sendiri ialah supaya fakir dan miskin dpt ikut serta merayakan hari raya idul fitri serta dapat saling berbagi kepada sesama umat muslim lainnya.

Dan bagi anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui bagaimana niat doa zakat fitrah tersebut secara lengkap, maka kita bisa langsung saja melihat bersama-sama bacaan doa zakat fitrah tersebut secara lengkap yang akan coba saya sajikan kepada anda menggunakan bahasa arab. Namun saya juga akan turut menyajikan bacaan doa zakat fitrah latin dan artinya, karena mungkin saja diantara para pembaca sekalian ini ada yang belum cukup lancar dalam membaca bahasa arab.

Maka dari itu saya turut memberikan bacaan doa zakat fitrah latin kepada anda, untuk yg ingin mengetahui bacaan doa zakat fitrah tersebut secara lengkap, maka kita bisa langsung melihatnya bersama-sama secara lengkap dibawah ini. Sehingga untuk anda yang memang ingin membayar zakat fitrah bisa mengeahui bacaan niat zakat fitrah tersebut secara benar.

Niat Zakat Fitrah dan Artinya

niat zakat fitrah
Adapun sebelum kita membayarkan zakat fitrah, alangkah baiknya jika kita membaca niat zakat fitrah terlebih dulu. Hal tersebut agar jelas tujuan zakat fitrah yg kita berikan itu dari siapa, karena didalam doa zakat fitrah itu seseorang dapat mewakilkan untuk membayarnya. Seperti contohnya orang tua mewakilkan zakat fitrah untuk anak-anaknya, sehingga orang tua tersebut harus membaca niat doa zakat fitrah untuk anak – anaknya. Dan begitu juga ketika ingin mewakili sanak keluarga ataupun orang lain. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa melihat bacaan niat tersebut dibawah ini.

Advertisement

Kiranya hanya itu saja dulu utk Pengertian dan Niat Zakat Fitrah dan Artinya, mudah-mudahan saja dari sedikit penjelasan mengenai bacaan niat zakat yg baru saja saya sajikan diatas tadi itu bisa memberikan manfaat yg besar kepada anda-anda sekalian. Dan apabila anda mungkin masih ingin kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah kami berikan, mungkin anda akan tertarik utk mencoba melihat bacaan surat Al Qadr yg saya sajikan beserta dengan artinya. Dimana didalam surat tersebut menjelaskan mengenai malam lailatul qadar yg mungkin saja belum anda ketahui keistimewaannya.

Atau bagi anda yg mungkin sudah mengetahui bacaan suratan tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba kembali utk melihat-lihat sejumlah pembahasan lain yg pada kesempatan sebelumnya sudah pernah saya berikan. Karena saya sudah banyak sekali memberikan bacaan doa ataupun penjelasan mengenai agama islam, dan mungkin saja salah satu dari pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya kepada anda itu ada yg memang pas dengan apa yg sedang anda cari – cari sekarang ini.

Advertisement