Pengertian dan Tata Cara Aqiqah Menurut Islam Lengkap

Advertisement

Pengertian dan Tata Cara Aqiqah | Pengertian aqiqah secara bahasa adalah memotong. Asal mula dinamakan aqiqah ialah karena proses penyembelihan atau pemotongannya di leher binatang. Namun adapula yang berpendapat jika pengertian akikah adalah nama untuk hewan yg disembelih, dinamakan demikian karena alasan lehernya dipotong. Dan ada pula pengertian aqiqah adalah rambut yg terdapat pada bayi pada saat keluar rahim, rambut tersebut disebut aqiqah karena harus dipotong.

Adapun untuk pengertian aqiqah secara umum adalah proses penyembelihan kambing atau domba untuk bayi yang dilahirkan pd hari ke 7, 14, atau 21. Untuk jumlah hewan aqiqah itu sendiri adalah 2 ekor kambing utk bayi laki-laki, dan 1 ekor kambing untuk bayi perempuan. Sedangkan untuk hadits tentang aqiqah itu sendiri diantaranya adalah hadits dari Samurah bin Junab, Rasulullah SAW bersabda :”Semua anak bayi tergadaikan dgn aqiqahnya pd hari ke tujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama serta dicukur rambutnya.” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, Nasa’i, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Selain itu terdapat pula hadits dari Aisyah yg mengatakan :”Rasulullah SAW pernah bersabda yang bunyinya :”Bayi laki-laki di aqiqahi dgn dua ekor kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad). Adapula hadits dari Salman bin ‘Amir Ad Dhabiy, Rasulullah SAW bersabda :”Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan serta hilangkanlah semua gangguan darinya.” (HR. Bukhari)
tata cara aqiqah menurut islam
Anak – Anak itu tergadai atau tertahan dgn aqiqahnya, disembelih hewan utknya pd hari ketujuhnya, dicukur kepalanya dan diber nama.” (HR. Ahmad) selain itu terdapat pula riwayat dari Aisyah R.A. yang mengatakan :”Rasulullah SAW pernah ber ‘aqiqah utk Hasan dan Husain pd hari ke tujuh dari kelahariannya, Beliau memberi nama dan memerintahkan supaya dihilangkan kotoran dari kepalanya (dicukur),” (HR. Hakim)

Dan pada kesempatan ini, saya ingin mencoba memberikan pengertian tata cara aqiqah kepada anda – anda sekalian para pembaca doaharian.info. Agar anda bisa mengeahui bagaimana tata cara akikah tersebut, karena mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui bagaimana proses aqiqah tersebut. Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih pembahasan tentang tata cara aqiqah yang akan saya sajikan dibawah ini.

Tata Cara Aqiqah Menurut Islam

1. Disunnahkan untuk memberi nama serta mencukur rambut / menggundul pd hari ke tujuh dari hari kelahiran bayi. Contohnya jika sang bayi lahir pada hari minggu, maka proses aqiqahnya dilaksanakan pada hari sabtu.

Advertisement

2. Disunnahkan untuk ber’aqiqah dua ekor kambing untuk bayi laki-laki, dan satu ekor kambing untuk bayi perempuan.

3. Proses Akikah ini dibebankan kpd orang tua si bayi yang baru lahir utamanya, akan tetapi boleh jg apabila dilakukan oleh keluarganya yg lain seperti misalnya oleh sang kakek.

4. Hukum Aqiqah adalah sunnah bagi yang tidak mampu.

Untuk pembagian daging aqiqah itu sendiri dpt diberikan kpd tentangga terdekat, fakir miskin, dan bisa pula diberikan kepada orang-orang yg non muslim. Apalagi jika hal tersebut ditujukan dengan maksud untuk berdakwah. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam firman Allah SWT :”Mereka memberi makan org miskin, anak yatim, dan tawanan dgn perasaan senang.” (QS. Al Insan ayat 8) Pengertian tawanan dalam surat tersebut adalah orang kafir menurut Ibn Quadmah.

Adapun untuk daging aqiqah yang diberikan itu sebaiknya sudah dimasak atau mentah. Dalam sebuah hadits Aisyah R.A. dijelaskan :”Sunnahnya dua ekor kambing utk laki-laki dan satu ekor utk perempuan. Dia dimasak tanpa mematahkan tulangnya, lalu dimakan oleh keluarganya, dan disedekahkan pd hari ketujuh.” (HR. Al Bayhaqi)

Demikian itu untuk sedikit penjelasan mengenai Pengertian dan Tata Cara Aqiqah Menurut Islam yang sekiranya saya dapat sajikan kepada anda-anda sekalian, semoga saja dari penjelasan mengenai pengertian dan tata cara akikah yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dpt memberikan manfaat yang besar untuk anda. Apabila anda merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yg sudah pernah saya berikan sebelumnya.

Maka alangkah baiknya apabila anda mencoba kembali baca juga contoh ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah yang beberapa waktu lalu baru saja saya berikan kepad anda, siapa tahu saja diantara para pembaca doaharian.info ini ada yang sedang mencar-cari pembahasan tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali melihat pembahasan yang pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya berikan.

Namun utk anda yg sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu, maka saya menyarankan kepada anda supaya anda kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sebelumnya jg sudah pernah saya berikan. Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan lainnya yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan pembahasan yg sedang anda cari.

Advertisement