Keutamaan, Syarat dan Pengertian Hibah Dalam Islam

Advertisement

Syarat dan Pengertian Hibah | Pengertian hibab adalah pemberian sesuatu yg dilakukan oleh seseorang kpd orang lain yg dilakukan ketika orang tersebut masih hidup, dan proses pelaksanaan dari pembagiannya juga dilakukan pada saat penghibah itu masih hidup. Berbeda dengan warisan yang diberikan kepada ahli waris ketika orang yang mewariskan itu sudah meninggal. Kata hibah sendiri berasal dari kata “hubuubur nih” yang memiliki makna “muruuruhaa” atau perjalanan angin.

Kemudian dipakailah istilah hibah yg digunakan dgn maksud utk memberikan kepada orang lain, baik itu berupa harta benda ataupun bukan. Menurut syara’, pengertian hibab adalah sebuah akad yg pokok persoalannya pemberian harta milik seseorang kpd orang lain pada waktu masih hidup, tanpa adanya imbalan. Apabila seseorang memberikan hartanya kpd orang lain utk dimanfaatkan tetapi tidak diberikan kepadanya hak kepemilikikan, maka hal tersebut dinamakan i’aarah atau pinjaman.

Adapun untuk macam macam hibah itu sendiri ada banyak sekali, beberapa contoh macam macam hibah diantaranya adalah hibah tanah, rumah, dan harta benda. Dan yang paling umumnya banyak dihibahkan oleh seseorang adalah tanah, dimana seseorang dapat menghibahkan tanah tersebut kepada masyarakat untuk dijadikan berbagai macam sarana umum. Seperti misalnya adalah pemberian sebuah tanah, rumah, atau harta kekayaan yang bernilai.

Dan pada kesempatan hari ini, saya bukan cuma memberikan pengertian hibah saja, namun saya juga akan membahas mengenai syarat hibah dan keutamaan hibab yang bisa didapatkan bagi orang yang berhibah. Karena tidak menutup kemungkinan bagi orang yg berhibah itu akan mendapatkan banyak keutamaan. Dan bagi anda yang sekiranya belum mengetahui akan keutamaan dan syarat hibah secara lengkap.

Maka sebaiknya jika anda melihat terlebih dulu sedikit pejelasan mengenai keutamaan dan syarat hibah yang pada kesempatan hari ini akan saya sajikan. Barang kali saja setelah anda mengetahui apa saja syarat dan keutamaan hibah itu sendiri, maka anda nantinya akan memiliki niatan utk berhibah. Dan bagi anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap penjelasan yang akan saya sajikan hari ini, maka kita bisa langsung saja melihat penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

pengertian hibah dalam islam
Syarat Pengertian Hibah Dalam Islam

Untuk syarat hibah itu sendiri terdiri dari tiga syarat, diantaranya adalah Ijab, Qobul, dan Qabdhah. Ketika seseorang yang ingin melakukan hibah itu sudah memenuhi ketiga syarat hibah tersebut, maka hibah yang dilakukan itu sudahlah sah. Dan apabila seseorang yang ingin melakukan hibab itu sendiri tidak memenuhi ketiga syarat tersebut, maka hibah yang dilakukan tidaklah sah. Dan akan berubah nama menjadi pemberian atau hadiah.

  • Ijab adalah pernyataan memberi yang dilakukan oleh orang yang akan memberikan atau pemberi.
  • Qobul adalah pernyataan menerima yang dilakukan oleh orang yg akan menerima hibah atau penerima.
  • Qabdhah adalah proses penyerahan benda atau barang yang akan dihibahkan.

Syarat Orang Yang Hibah :

  • Memiliki benda atau barang yang akan dihibahkan.
  • Bukan seseorang yang dibatasi haknya akan benda atau barang yang akan dihibahkan karena alasan tertentu.
  • Dewasa, seseorang yang akan berhibah tentunya bukan anak-anak yg belum memiliki kemampuan utk berhibah.
  • Melakukan dengan sukarela, seseorang yang akan berhibah itu harus melakukan dengan sukarela atau tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, terutama penerima hibah.

Syarat Penerima Hibah :

  • Orang yang menerima hibah harus ada pd waktu diberi hibah, apabila seseorang yang diberi hibah itu tidak benar – benar ada ataupun diperkirakan keberadaannya, semisal masih dalam bentuk janin, maka hibah tersebut tidak sah.
  • Penerima hibah dapat diwakilkan apabila, orang tersebut masih kecil atau dalam kondisi gila.

Syarat Benda Yang Dihibahkan :

  • Benda yang dihibahkan harus ada.
  • Termasuk benda yang bernilai.
  • Dapat dimiliki zatnya.
  • Tidak berhubungan dgn tempat miliki dari si penghibah.
  • Dikhususkan atau bukan utk umum.

Keutamaan Hibah Dalam Islam

Allah SWT telah mensyari’atkan hibah, karena dengan hibah dpt menjinakan hati dan meneguhkan kecintaan antara sesama manusia. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Abu Hurairah R.A. Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Saling memberi hadiahlah, maka km akan saling mencintai.”

Sebuah riwayat dari Khalid bin ‘Adi, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :”Barang siapa mendapatkan kebaikan dari saudaranya yg bukan karena mengharap – harap dan meminta – minta, maka hendaklah ia menerimanya dan tidak menolaknya, karena itu adl rezeki yg diberikan Allah kepadanya.”

Dari Anas, ia berkata, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :”Seandainya ak diberi hadiah sepotong kaki kambing, tentu akan menerimanya. dan seandainya ak diundang utk makan sepotong kaki, tentu ak akan mengabulkan undangan tersebut.”

Kiranya cukup sekian saja dulu utk sedikit penjelasan mengenai Keutamaan, Syarat dan Pengertian Hibah Dalam Islam yang pd kesempatan ini saya dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari sedikit penjelasan tentang hibah yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat utk anda – anda sekalian. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin masih merasa ingin mengetahui kembali beberapa penjelasan lainnya lagi.

Mungkin anda akan merasa tertarik utk coba kembali baca juga tunangan dalam islam, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian yang belum mengetahui hukum tunangan menurut Islam. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda utk coba kembali melihat pembahasan yg pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya berikan. Dan bagi anda yang kiranya merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut.

Maka saya sarankan kepada anda utk kembali mencoba melihat – lihat lagi beberapa pembahasan lainnya yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya, barang kali saja salah satu diantara beberapa pembahasan yg sebelumnya sudah pernah saya berikan tersebut akan ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang sedang dicari – cari oleh anda. Atau mungkin jg anda dapat mencoba utk menunggu update pembahasan terbaru yg akan terus saya sajikan setiap harinya.

Save

Save

Advertisement