Jelaskan Pengertian Iman Kepada Kitab Allah Menurut Bahasa

Advertisement

Pengertian Iman Kepada Kitab Allah | Pengertian iman kepada kitab Allah adalah mempercayai serta meyakini dgn sepenuh hati jika Allah SWT telah menurunkan kitab – kitab-Nya kpd para Nabi atau Rasul yg berisikan wahyu – wahyu Allah untuk disampaikan kpd seluruh umat-Nya. Adapun untuk tingkatan iman kepada kitab – kitab Allah itu sendiri terbagi menjadi tiga yaitu Qotmil (membaca saja), Tartil (membaca dan memahami), Hafidz (membaca, menghafal, memahami, dan mengamalkan).

Sehingga sebagai umat Islam yg baik itu tidak hanya dengan beriman kepada kitab – kitab Allah SWT saja, melainkan juga kita harus senantiasa untuk membaca, memahami, dan mengamalkan isi dari kandungannya. Karena didalam kitab – kitab Allah SWT telah diterangkan berbagai macam hal mulai dari cara beribadah yang baik sampai cara hidup yang baik, sehingga Insya Allah dengan kita memahami dan mengamalkan apa yang ada didalam kitab – kitab Allah. Maka kita selalu dalam perlindungan dan jalan Allah SWT.

Selain itu, iman kepada kitab Allah juga termasuk kedalam rukun iman, dimana rukun iman itu sendiri merupakan pilar – pilar yang menjadi dasar keimanan didalam agama Islam yg harus dimiliki oleh setiap umat muslim. Sehingga sangat lah penting bagi kita untuk mengimani kitab – kitab Allah SWT. Agar kita senantiasa selalu dijalan serta dalam perlindungan Allah SWT dalam menjalani kehidupan kita sehari – hari.

Sedangkan pengertian kitab adalah kumpulan – kumpulan wahyu Allah SWT yg disampaikan kpd Rasul untuk disampaikan kpd umat manusia sebagai bentuk petunjuk serta pedoman dalam menjalani kehidupan. Adapun untuk pengertian suhuf adalah wahyu Allah yg disampaikan kepada Rasul, akan tetapi masih dalam bentuk lembaran – lembaran yg terpisah. Adapun untuk perbedaan dan kesamaan dari dari kitab dan suhuf adalah

Persamaan : Kitab dan suhuf merupakan sama – sama wahyu dari Allah SWT.
Perbedaan : Isi kitab jauh lebih lengkap dari pada isi Suhuf, dan kitab telah dibukukan sedangkan Suhuf tidak masih dalam bentuk lembaran atau tidak dibukukan.

Advertisement

Pengertian Iman Kepada Kitab Allah

Kitab – Kitab Allah SWT

Adapun untuk kitab – kitab Allah SWT itu terbagi menjadi 4, yaitu kitab Taurat, kitab Zabur, Kitab Injil, dan yang terakhir adalah Kitab Suci Al Qur’an. Sedangkan para umat muslim itu sendiri diwajibkan untuk mengimani kitab suci Al Qur’an, karena memang kitab suci Al Qur’an itu sendiri adalah kita terakhir dan sebagai penyempurna dari kitab – kitab yang telah Allah SWT sebelumnya turunkan.

1. Kitab Taurat

Pengertian kitab Turat adalah kitab Allah yg berisikan syariat atau hukum dan kepercayaan yg benar serta diturunkan melalui Nabi Musa, sekitar abad 12 sebelum masehi. Isi utama dari kitab Taurat adalah 10 firman Allah bagi bangsa Israel. Dan selain itu, kitab Taurat berisikan mengenai sejarah Nabi – Nabi terdahulu hingga Nabi Musa dan kumpulan hukum. Dan menurut agama Islam, kitab Taurat yg asli adalah kitab yg berisikan tentang Islam karena Musa dalam Islam adl Nabi yg memiliki gelar Nabi Musa Alaihis salam.

Sebagaimana firman Allah SWT yg artinya :”Allah telah menurunkan kitab kepadamu dgn sebenarnya, membenarkan kitab yg terdahulu dari padanya, lagi menurunkan Taurat dan Injil.” (QS. Ali Imaran ayat 3)

2. Kitab Zabur

Pengertian kitab Zabur adalah salah satu kitab suci yg diturunkan sebelum Al Qur’an selain kitab Taurat dan Injil, dan kitab Zabur ini sendiri diturunkan Allah SWT kpd kaum Bani Israil melalui utusannya yaitu Nabi Daud. Kitab Zabur juga dikenal dengan sebutan Mazmur oleh sebagian ulama. Sedangkan pengertian kitab Zabur menurut istilah adalah persamaan dgn Ibrani zimra, bermakna “lagu, musik”. Dia, bersama dgn zamir (lagu) dan mizmor (mazmur atau psalm) adalah derivasi zamar yg artinya nyanyian, nyanyikan pujian, buatkan musik.

Sabda Rasulullah SAW :”Pembacaan Zabur dimudahkan bagi Daud, ia sering mengarahkan agar binatang tunggangannya diletakan pelana, dan mampu menghabiskan bacaan Zabur sebelum pelana siap diletakan. Dan ia tidak akan makan tetapi hasil dari kerjanya sendiri.” (HR. Bukhari dari Abu Hurairah R.A.)

3. Kitab Injil

Pengertian kitab Injil adalah istilah yg digunakan utk menyebutkan keempat kitab pertama didalam Alkitab Perjanjian Baru menurut kepecayaan umat Kristen. Keempat kitab tersebut adalah Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas, dan Injil Yohanes, dan disebutkan sebagai kabar baik. Karena umat Kristen percaya bahwa narasi dari keempat Injil yg berpuncak pd kematian dan kebangkitan Yesus tersebut adalah kisah penyelamatan Allah kpd umat manusia yg berdosa, agar manusia dpt kembali mengenal Allah yg sesungguhnya dan dpt masuk ke surga.

Sedangkan menurut agama Islam, pengertian kitab Injil adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Isa Alaihis salam.

4. Kitab Al Qur’an

Pengertian Al Qur’an adalah sebuah kitab suci utama didalam agama Islam, yg umat Islam percaya dan bahwa kitab ini diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab suci Al Qur’an juga dikenal secara luas serta dihormati sebagai sebuah karya seni sastra bahasa arab terbaik dunia, dimana kitab suci ini terbagi menjadi kedalam beberapa bab atau surah dan didalam setiap surahnya itu terbagi menjadi beberapa sajak atau ayat.

Umat Islam mempercayai jika Al Qur’an itu diturunkan atau difirmankan langsung oleh Allah SWT kpd Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur – angsur selama 22 tahun 2 bual 22 hari yg dimulai sejak tanggal 17 ramadhan. Menurut sebagian para ahli tafsir, terdapat banyak istilah dlm berbagai ayat Al Qur’an yg dianggap sebagai nama lain Al Qur’an, adapun beberapa nama-nama tersebut serta ayat yg mencantumkannya.

Al-Kitab (Buku)
Al-Furqan (Pembeda benar salah)
Adz-Dzikr (Pemberi peringatan)
Al-Mau’idhah (Pelajaran/nasihat)
Al-Hukm (Peraturan/hukum)
Al-Hikmah (Kebijaksanaan)
Asy-Syifa (Obat/penyembuh)
Al-Huda (Petunjuk)
At-Tanzil (Yang diturunkan)
Ar-Rahmat (Karunia)
Ar-Ruh (Ruh)
Al-Bayan (Penerang)
Al-Kalam (Ucapan/firman)
Al-Busyra (Kabar gembira)
An-Nur (Cahaya)
Al-Basha’ir (Pedoman)
Al-Balagh (Penyampaian/kabar)
Al-Qaul (Perkataan/ucapan)

Kiranya cukup sekian saja untuk penjelasan mengenai Pengertian Iman Kepada Kitab Allah Menurut Bahasa yang pada kesempatan hari ini dapat saya sajikan kepada anda – anda sekalian, semoga saja dari sedikit penjelasna mengenai pengertian iman kepada kitab Allah yg baru saja saya bahas diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat untuk anda – anda sekalian. Dan bagi anda – anda yg kiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi selain pengertian iman kepada kitab Allah.

Mungkin saja anda akan merasa tertarik untuk kembali baca juga niat shalat qashar sesuai sunnah, barang kali saja masih ada diantara anda – anda sekalian ini yg belum mengetahui bagaimana bacaan niat sholat tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk coba kembali melihat pembahasan yg beberapa waktu lalu itu sudah pernah saya berikan kepada anda, siapa tahu saja pembahasan tersebut dpt membantu anda.

Namun bagi anda yang sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka tidak ada salahnya apabila anda – anda sekalian itu coba kembali melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya lagi. Barang kali saja dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang sedang dicari – cari oleh anda.

Save

Advertisement