Pengertian Puasa Ramadhan Beserta Hukum dan Dalilnya

Advertisement

Pengertian Puasa Ramadhan | Pengertian puasa secara umum adalah tindakan sukarela dgn berpantang dari makan dan minum, perbuatan buruk serta segala hal – hal yang dapat membatalkan puasa pada waktu tertentu. Waktu puasa sendiri dilakukan mulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari, oleh karena itu waktu berpuasa disetiap daerah bahkan negara itu akan berbeda-beda. Jika kita berpuasa di Indonesia, maka lama waktu puasa kurang lebih adalah 12 jam.

Sedangkan ketika kita puasa di negara eropa, maka lama waktu puasanya kurang lebih adalah 18 jam. Sehingga acuan waktu puasa itu sendiri adalah mulai terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari. Sedangkan puasa itu sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu puasa sunnah dan puasa wajib, beberapa puasa sunnah diantaranya adalah puasa senin kamis, puasa 9 dzulhijjah, dan masih ada banyak lagi macam macam puasa sunnah lainnya.

Pengertian ramadhan sendiri adalah bulan ke sembilan yang terdapat dipenanggalan Islam atau kalender hijriyah. Dan pada saat bulan ramadhan ini, biasanya seluruh umat Islam di seluruh dunia ini akan mengerjakan puasa serta memperingati turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW. Bulan ramadhan itu sendiri akan berlangsung kurang lebih selama 29 sampai 30 hari, tergantung dari pengamatan hilal menurut dari beberapa aturan yang terdapat dalam hadits.

Dan pada kesempatan sekarang ini, saya ingin mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian puasa ramadhan. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui akan penjelasan hal tersebut. Selain memberikan pengertian puasa ramadhan, pada penjelasan yang saya sajikan hari ini juga akan menjelaskan mengenai hukum puasa ramadhan. Karena mungkin juga diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui hukum puasa ramadhan.

Oleh karena itu, saya ingin mencoba membantu anda dengan memberikan sedikit penjelasan tentang hukum ramadhan dan pengertiannya kepada anda. Bagi anda yang sekiranya mungkin merasa sudah ingin mengetahui secara lengkap mengenai penjelasan yang akan saya sajikan kepada anda pada kesempatan hari ini, maka kita bisa langsung saja melihat bersama-sama penjelasan tersebut secara lengkap yang akan coba saya sajikan kepada anda dibawah ini.

Advertisement

pengertian puasa ramadhan beserta hukum
Pengertian Puasa Ramadhan Beserta Hukum

Pengertian puasa ramadhan adalah amalan ibadah puasa yang dikerjakan pada saat bulan ramadhan, menurut ajaran agama Islam, puasa bulan ramadhan dpt menghapus segala kesalahan dan terampuni segala dosa-dosa yang telah dilakukannya selama ini. Namun puasa tersebut harus dilakukan dengan penuh iman serta hanya mengharapkan pahala dari Allah SWT. Puasa ramadhan juga termasuk kedalam rukun islam yang ke empat.

Hukum puasa ramadhan itu sendiri adalah wajib, sebagai penjelasan firman Allah SWT dalam Al Qur’an yang bunyinya :”Hai orang – orang yg beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang – orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.” (QS. Al Baqarah ayat 183) Oleh karena itu, puasa ramadhan wajib dikerjakan oleh setiap umat muslim diseluruh dunia, karena memang ibadah puasa ini hanya dikerjakan setiap satu tahun sekali.

Namun apabila anda secara tidak sengaja memiliki sebuah halangan yang mengharuskan anda untuk tidak berpuasa, maka anda dapat melakukan puasa pada lain waktu untuk mengganti puasa ramadhan yang telah anda tinggalkan sebanyak puasa yang ditinggalkan dengan membaca niat mengganti puasa ramadhan. Atau bagi anda yang mungkin tidak mampu untuk melakukan hal tersebut, maka anda dapat membayar ganti rugi sesuai perhitungan yang telah ditentukan.

Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Pengertian Puasa Ramadhan Beserta Hukum dan Dalilnya yang pada kesempatan hari ini saya dapat sajikan kepada anda – anda sekalian, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai pengertian puasa ramadhan yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi anda. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan.

Maka anda bisa mencoba untuk kembali baca juga hukum puasa ramadhan untuk orang sakit yang beberapa waktu lalu sudah pernah saya sajikan kepada anda, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui penjelasan mengenai hukum puasa ramadhan tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bukan apabila anda mencoba kembali utk melihat penjelasan yang beberapa waktu lalu itu sudah pernah saya sajikan kepada anda.

Jika diantara anda-anda sekalian ini sekiranya merasa sudah mengetahui penjelasan akan hal tersebut, maka sebaiknya anda mencoba untuk kembali melihat beberapa penjelasan lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan pada kesempatan sebelumnya lagi. Karena sudah ada banyak penjelasan lainnya yang pernah saya berikan pada kesempatan sebelumnya, dan mungkin saja salah satu diantara penjelasan yg telah saya berikan tersebut ada yang sesuai dengan penjelasan yang dicari oleh anda.

Advertisement