Pengertian Rukun Iman Secara Ringkas

Advertisement

Pengertian Rukun iman adalah pilar dalam keimanan seseorang muslim yang harus dimiliki. Jumlah rukun iman sendiri adalah enam, yang diambil berdasarkan oleh ayat Al-Qur’an dan juga dari Hadist Jibril yang ada pada kita Shahih Bukhari dan juga Muslim dan yang meriwayatkan adalah Umar Bin Khattab. Secara syariah, iman memiliki makna keyakinan pada hati, perkataan pada lisan, amalam melalui anggota tubuh, dan ditambah dengan melakukan ketaan dan juga mengurangi maksiat.

pengertian rukun iman

Dan untuk kesempatan hari ini, kami ingin sedikit menjelaskan mengenai pengertian rukun iman untuk anda. Mungkin saja diantara anda ini ada yang belum mengetahui apa itu rukun iman, ataupun ada yang sudah mengetahui namun lupa. Maka dari itu kami ingin mencoba untuk membantu anda dengan memberikan pengertian dan juga apa saja isi dari rukun iman tersebut, bagi anda yang penasaran ingin mengetahui secara lebih lengkap. Maka anda bisa langsung melihat apa yang akan kami berikan dibawah ini secara ringkas.

Pengertian Rukun Iman Ringkas

Iman terhadap Allah SWT, untuk orang-orang yang dapat dikatakan beriman kepada Allah diantaranya adalah orang yang sudah mengimani 4 hal berikut ini, mengimani adanya Allah SWT, menginmani Rububiah Allah SWT, jika tidak ada yang menguasai, menciptakan, dan juga mengatur alam semesta terkecuali Allah. Mengimani uluhiah Allah SWT, bahwasannya tidak ada yang berhak untuk disembah terkecuali Allah. Mengimani nama dan sifat Allah SWT, yang telah Allah tetapkan kepada dirinya dan nabi-nya.

Iman terhadap Malaikat Allah SWT, mengimani bahwa adanya setiap amalan dan juga tugas yang telah diberikan Allah kepadanya.

Advertisement

Iman terhadap kitab-kitab Allah SWT, mengimani semua kitab Allah SWT merupakan ucapannya dan melainkan bukan ciptaannya. Karena ucapan atau kalam itu adalah sifat Allah dan sifat Allah itu sendiri bukan makhluk. Setiap umat muslim wajib untuk mengimani jika Al-Qur’an adalah penghapus hukum dari setiap kitab suci yang sudah diturunkan sebelumnya.

Iman tehadap para rasul Allah SWT, mengimani jika diantara laki-laki pada kalangan manusia yang telah Allah pilih menjadi seorang perantara antara diri-nya dengan makhluknya.

Iman terhadap hari akhir, mengimani semua hal yang terjadi pada alam barzakh berupa fitnah kubur. Mengimani adanya tanda-tanda hari kiamat, mengimani adanya hari kebangkitan di padang mahsyar sampai berkahirnya di surga ataupun neraka.

Iman terhadap qada dan qadar, mengimani mengenai kejadian yang baik ataupun yang buruk. Semua hal tersebut merupakan berasal dari Allah SWT, karena semua makhluk terkecuali, zat dan juga sifat mereka bergitu juga perbuatan mereka merupakan ciptaan Allah SWT.

Dan kami rasa cukup sekian dulu untuk pengertian rukun iman secara ringkas yang dapat kami berikan kepada anda kali ini, semoga saja dari yang telah kami berikan untuk anda pada kesempatan hari ini menambah pengetahuan anda seputar islam. Dan selain apa yang baru saja kami sajikan diatas, kami juga masih memiliki pengertia rukun islam. Barang kali diatara anda ini ada yang belum mengetahui apa itu pengertia dari rukun islam, maka dari itu anda bisa melihatnya secara jelas pada artikel yang telah kami berikan sebelumnya itu.

Advertisement