Penjelasan Pengertian Shalat Qashar Secara Lengkap

Advertisement

Pengertian Shalat Qashar Secara Lengkap | Pengertian shalat qashar adalah shalat yg meringkas atau mengurangi jumlah rakaat dari shalat yg dikerjakan. Shalat qashar juga termasuk bentuk keringan dari Allah SWT untuk orang-orang yg sedang dalam perjalanan atau safar. Sedangkan untuk shalat yg dpt diqashar ialah shalat dzuhur, ashar, serta isya. Dimana rakaat sebenarnya dari shalat-shalat tersebut adalah 4 rakaat dan dikurangi menjadi 2 rakaat.

Dan orang – orang yang diperbolehkan untuk mengerjakan shalat qashar adalah orang-orang yg sedang dalam berpergian atau musafir. Serta diperbolehkan juga mengerjakan shalat jamak. Lama waktu shalat qashar sendiri adalah 4 hari, menurut pendapat dari Imam Malik serta Asy Syafi’i selain dari hari masuk kota serta keluar kotanya. Sehingga bagi mereka yg telah melebihi dari empat hari perjalanan, maka mereka harus menyempurnakan shalat mereka.

Namun untuk orang-orang yg tidak memiliki ketidakpastian dalam jumlah hari perjalanan yg akan ditempuh, maka mereka tetap boleh mengerjakan shalat jamak dan qashar. Dan beberapa adab shalat qashar sendiri diantaranya adalah sunah bagi mereka seorang musafir utk tidak mengerjakan shalat sunnah rawatib, terkecuali untuk shalat witir serta tahajud. Karena Rasulullah SAW selalu mengerjakan shalat tersebut baik dalam kondisi musafir, begitu pula dengan beberapa shalat sunnah lainnya seperti shalat tahiyatul masjid, shalat jenazah, dan shalat gerhana.

pengertian shalat qashar

Sedangkan utk dalil shalat qashar sendiri diantaranya adalah “Dan apabila kamu berpergian dimuka bumi, maka tidaklah mengapa km menqashar shalatmu, jika km takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir adalah musuh yg nyata bagimu.” (QS. An Nisa ayat 101)

Advertisement

Aisyah R.A. mengatakan :”Awal diwajibkan shalat adalah dua rakaat, kemudian ditetapkan bagi shalat safar dan disempurnakan empat rakaat bagi shalat hadhar (tidak safar).” (Muttafaqun ‘alaihi)

Aisyah R.A. mengatakan :”Diwajibkan shalat dua rakaat kemudian Nabi hijrah, maka diwajibkan empat rakaat dan dibiarkan shalat safar seperti semula (dua rakaat).” (HR. Bukhari dalam riwayat Imam Ahmad menambahkan :”Kecuali Maghrib, karena Maghrib adalah shalat witir dimalam hari dan shalat subuh agar memanjangkan bacaan di dua rakaat tersebut.”

Penjelasan Pengertian Shalat Qashar

Dan saya rasa cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai Penjelasan Pengertian Shalat Qashar Secara Lengkap, mudah-mudahan saja dari sedikit penjelasan mengenai pengertian shalat qashar yg baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat membantu anda-anda sekalian. Dan bagi anda yg sekiranya mungkin ingin kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya sajikan pd kesempatan sebelumnya.

Maka silahkan saja bagi anda utk kembali mencoba baca juga doa niat tayamum, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian yg dalam perjalanan ini susah untuk menemukan air. Dan anda diharuskan untuk mengerjakan tayamum, namun anda belum mengetahui bagaimana bacaan niat tayamum itu sendiri. Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan mengenai bacaan niat tayamum yg telah saya berikan sebelumnya itu.

Atau untuk anda yg sekiraya merasa sudah mengetahui bacaan niat tayamum tersebut, maka silahkan saja bagi anda untuk kembali mencoba lagi melihat-lihat beberapa pembahasan lain dari saya lagi. Mungkin saja salah satu dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan yg sedang dicari oleh anda. Atau bisa juga anda mencoba utk menunggu update pembahasan terbaru yg akan terus saya sajikan utk setiap harinya.

Advertisement