Pengertian Syarat Wajib Shalat Dalam Islam

Advertisement

Pengertian Syarat Wajib Shalat | merupakan sekumpulan syarat yg wajib ada sebelum kita mengerjakan shalat, apabila sampai salah satu dari syarat sah shalat tersebut tidak kita penuhi, maka shalat yg kita kerjakan tidak akan sah atau diterima. Bagi anda yg merupakan seorang umat islam pastinya anda harus mengetahui akan syarat wajib shalat tersebut, karena shalat itu sendiri merupakan rukun islam yg kedua. Dan kita juga diwajibkan utk mengerjakan shalat fardhu lima waktu dalam sehari. Jadi saat anda tidak mengetahui apa saja syarat sah shalat itu sendiri, maka anda tidak dpt menjalankan ibadah shalat.
syarat wajib shalat
Syarat wajib shalat ini mungkin tidak hanya berlaku untuk shalat fardhu atau shalat wajib lima waktu saja, melainkan juga termasuk ketika kita akan mengerjakan shalat sunah. Sehingga sangatlah penting bagi anda utk mengetahui apa saja syarat – syarat wajib didalam shalat itu sendiri. Dan bagi anda yg mungkin sekarang sedikit lupa atau mungkin juga belum mengetahui apa saja syarat – syarat shalat itu, maka sebaiknya apabila anda melihat pembahasan yg akan coba saya sajikan utk hari ini. Dengan anda melihat dahulu pembahasan yg akan saya sajikan, anda akan dpt mengerjakan shalat dengan benar.

Syarat Wajib Shalat Dalam Islam

  • Islam, sudah pasti orang masuk agama islam itu diwajibkan utk mengerjakan shalat, apabila orang tersebut bukanlah orang islam. Maka orang tersebut sama saja dengan org kafir, dan orang-orang kafir itu tidak akan mendapatkan kebaikan meskipun banyak mengerjakan amal ibadah sesuai dengan yg telah diterangkan dalam surat At Taubat ayat 17.
  • Berakal, orang yg tidak memiliki akal atau orang gila itu tidak akan dihisab segala amalannya hingga orang tersebut kembali sadar. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi yg bunyinya :”Diangkat pena dari tiga orang, 1. org yg tidur sampai dia bangun, 2. org gila sampai dia sadar, 3. anak-anak hingga dia baligh”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, An Nasa’i, dan Ibnu Majah)
  • Tamiyz, merupakan seorang anak yg sudah dpt membedakan antara tindakan yg buruk dan yg baik, biasanya anak pada usia tujuh tahun sudah dpt melakukan hal tersebut. Dan utk anda yg sudah dpt melakukan hal tersebut, maka diwajibkan baginya utk mengerjakan shalat.
  • Menghilangkan hadast, hadast itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu hadast besar dan kecil. Hadast besar sendiri contohnya adalah seorang wanita yg mengalami masa haid kemudian sembuh dari masa haidnya, maka cara mensucikannya ialah dengan cara mandi. Sedangkan untuk hadast kecil contohnya ialah seperti terkena kotoran atau sebagainya, dan cara mensucikannya ialah dengan berwudhu.
  • Menghilangkan najis, didalam menghilangkan najis itu sendiri terbagi menjadi tiga bagian, yang pertama pada tubuh, pakaian yg dipakai, serta tanah atau lantai yg dipakai utk shalat. Rasulullah SAW bersabda :”Bersucilah dari kencing, karena kebanyakan adzab kubur disebabkan olehnya”.
  • Menutup aurat, sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim terutama wanita utk menutup auratnya, apalagi pada saat kita akan beribadah shalat. Dimana Rasulullah SAW pernah bersabda :”Allah SWT tdk akan menerima shalat wanita yg telah haid (yakni yg telah baligh) kecuali khimar (pakaian yg menutup seluruh tubuh, seperti mukena)”. )HR. Abu Dawud)
  • Telah masuk waktu shalat, dimana hal tersebut telah diterangkan didlm Al-Qur’an surat An Nissa ayat 103 :”Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yg ditentukan waktunya atas orang-orang yg beriman”.
  • Menghadap ke arah Kiblat, sesuai yg telah diterangkan dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 144 :”Sesungguhnya kami melihat wajahmu sering menengadah ke langit, maka sungguh kami akan memalingkan kamu ke kiblat yg kamu sukai. Palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram, dan dimana saja kalian berada, maka palingkanlah wajah kalian ke arahnya”.
  • Niat, niat shalat itu dapat dibacakan didalam hati dengan rasa yg penuh ikhlas hanya ditujukan kepada Allah SWT semata.

Demikian itu utk Pengertian Syarat Wajib Shalat Dalam Islam yg sekiranya saya hari ini dpt jelaskan kepada anda, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai syarat sah wajib shalat yg baru diberikan diatas tadi itu bisa memberikan manfaat yg banyak kepada anda. Dan jangan lupa kepada anda utk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yg sudah pernah saya berikan pd kesempatan sebelumnya, siapa tahu saja salah satu dari beberapa penjelasan yg sudah pernah saya berikan itu ada yg sesuai dengan yg sedang anda cari.

Namun utk anda yg mungkin sekiranya belum juga dpt menemukan penjelasan yg sesuai dengan apa yg sedang anda cari, maka alangkah baiknya jika anda mencoba utk menunggu udpate penjelasan lainnya yang akan coba terus kami sajikan utk setiap harinya. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba kembali mengunjungi situs saya lain waktu, barang kali saja nanti anda akan dpt menemukan penjelasan yg sesuai dengan apa yg sedang anda cari-cari.

Advertisement