Contoh Pengertian Tawakal dan Manfaatnya Dalam Islam

Advertisement

Pengertian Tawakal | Pada kesempatan hari ini saya ingin coba membahas mengenai pengertian tawakal, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yang masih belum mengetahui arti tawakal itu sendiri. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda – anda sekalian ini melihat terlebih dulu penjelasan yg akan coba saya berikan kepada anda – anda sekalian pd kesempatan hari ini, siapa tahu saja penjelasan dari saya hari ini dpt membantu anda.

Pengertian tawakal adalah berserah diri sepenuhnya kpd Allah SWT dlm menghadapi atau menunggu suatu hasil pekerjaan ataupun menanti akibat dari sebuah keadaan. Imam al Ghazali sendiri menjelaskan arti tawakal adalah menyandarkan kpd Allah ketika menghadapi sebuah kepentingan, bersandar kepada-Nya dlm waktu kesukaran, teguh hatinya ketika ditimpa bencana yang disertai dengan jiwa yang tenang dan hati yg tentram.

Sedangkan menurut pendapat Abu Zakariah, arti tawakal adalah keteguhan hati dlm menyerahkan urusan kpd orang lain. Sifat yg demikian itu terjadi sesudah muncul rasa percaya kpd orang yg diserahi urusan tadi. Artinya, dia benar – benar mempunyai sifat amanah atau terpercaya terhadap apa yg diamanatkan serta dia dapat memberikan rasa aman terhadap orang – orang yg memberikan amanat kepadanya tersebut.

Selain itu, ada pula orang yang salam memahami persepsi dari pengertian tawakal itu sendiri. Dimana dia enggan untuk berusaha serta bekerja dan hanya menunggu saja. Pemikiran orang – orang yg demikian itu, kita tidak perlu belajar apabila Allah SWT memang menghendaki kita untuk pandai, tentu kita akan menjadi orang yang pandai. Ataupun kita tidak perlu bekerja keras, jika memang Allah berkehendak menjadi orang kaya, pastinya nanti akan kaya, dan beberapa contoh lainnya.

Sedangkan menurut ajaran Islam, tawakal itu sendiri merupakan tumpuan akhir dalam sebuah usaha atau perjuangan yg telah dilakukan oleh seseorang. Sehingga pengertian tawakal menurut Islam adalah menyerahkan diri kpd Allah SWT setelah kita berusaha secara maksimal dalam berikhtiar dan bekerja sesuai dgn kemampuan kita dalam mengikuti sunnah – sunnah Allah yg telah ditetapkan, dan kita tinggal menunggu hasil dari apa yang telah kita kerjakan.

Advertisement

pengertian tawakal dan manfaatnya
Pengertian Tawakal dan Manfaatnya

Seseorang yang menjalankan segala sesuatu berdasarkan perintah Allah SWT, pastinya akan terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan. Seperti salah satunya ialah bertawakal, karena bertawakal itu sendiri kita memang menyerahkan segala hasil yg telah kita kerjakan sepenuhnya berdasarkan kehendak Allah SWT. Adapun beberapa manfaat tawakal itu sendiri adalah sebagai berikut.

Seseorang yang bertawakal kepada Allah SWT kesuksesannya  di dunia serta akhirat akan terjamin oleh-Nya, tidak peduli apapun kesulitannya yg dialami dikehidupannya atau sebarapa dahsyat kekuatan musuh yg dihadapinya.

Imam Ali a.s. mengatakan jika “Tawakal kepada Allah adalah sumber pertolongan dari setiap kejahatan serta perlindungan dari setiap musuh.” (Al Majlisi, Bihar al-Anwar, vol 56 hal 79)

Tawakal telah dijunjung tinggi sebagai tanda yg jelas dari seseorang yg beriman, takwa, dan berserah diri secara mutlak kepada Allah SWT. Hanya mereka yg menikmati hubungan sejati dgn Allah SWT dpt selalu percaya kepada-Nya, dalam kondisi apapun diseluruh kehidupannya.

Contoh Tawakal Menurut Islam

Pada zaman Rasulullah SAW ada seorang sahabat yg meninggalkan untanya tanpa diikat terlebih dulu. Kemudian dia ditanya oleh Rasul, mengapa tidak diikat. Lalu ia menjawab, “Saya telah benar – benar bertawakal kepada Allah”. Rasulullah SAW pun tidak membenarkan jawaban tersebut dan berkata :”Ikatlah dan setelah itu bolehlah engkau bertawakal.”

Hal tersebut menunjukan jika seseorang yg betawakal itu tetap harus berusaha terlebih dulu dalam sesuatu hal, barulah kita menyerahkan segala urusan tersebut kepada Allah SWT. Karena Allah SWT yang paling mengetahui apa yang baik dan buruk untuk kita. Dan jika kita tidak melakukan hal apapun kemudian kita hanya berserah diri kepada Allah SWT, maka hal tersebut tidak termasuk bertawakal.

Demikian itu sekiranya untuk pembahasan mengenai Contoh Pengertian Tawakal dan Manfaatnya yang pada kesempatan hari ini saya dapat sajikan kepada anda – anda sekalian, semoga saja dari apa yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yg banyak kepada anda – anda sekalian. Dan bagi anda – anda yg mungkin masih merasa ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yg belum anda ketahui.

Maka saya coba akan memberikan saran kepada anda untuk kembali baca juga perbedaan Nabi dan Rasul, siapa tahu saja ada diantara anda – anda sekalian ini ada yg sedang mencari – cari penjelasan mengenai hal tersebut. Namun untuk anda – anda yg sekiranya sudah mengetahui akan pembahasan hal tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda – anda sekalian ini coba kembali melihat – lihat pembahasan lainnya lagi dari saya.

Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan lainnya yg telah saya berikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang sedang dicari – cari oleh anda – anda sekalian. Atau mungkin saja anda – anda sekalian ini ada yg ingin menunggu update pembahasan terbaru dari saya yang akan terus coba saya sajikan utk setiap harinya, maka dari itu tidak ada salahnya apabila lain waktu anda kembali berkunjung ke doaharian.info

Save

Advertisement