Apakah Pengertian Wali Hakim Dalam Pernikahan Menurut Islam

Advertisement

Pengertian Wali Hakim Dalam Pernikahan | Pernikahan atau nikah adalah terkumpul serta menyatunya sepasang wanita dan laki-laki berdasarkan rukun nikah yang telah ditetapkan. Biasanya didalam pernikahan itu dilengkapi dengan adanya ijab kabul atau akad nikah yg diucapkan sesuai dengan perarturan menurut islam. Allah SWT itu menjadikan manusia berpasangan, menghalalkan pernikahan serta mengharamkan perzinaan.

Dan didalam rukun nikah itu sendiri terdiri dari  lima rukun, yang diantaranya adalah calon pengantin laki – laki, calon pengantin perempuan, wali untuk calon pengantin perempuan, dua orang saksi laki – laki yg adil, serta yang terakhir adalah ijab kabul. Jika didalam sebuah pernikahan itu tidak memenuhi rukun nikah yang telah disebutkan tadi, maka pernikahan yang dilangsungkan itu tidaklah sah dan harus diulangi lagi dengan rukun nikah yang lengkap.

Dan biasanya terdapat beberapa halangan mengenai wali nikah, dimana wali nikah itu sendiri biasanya dari pihak perempuan. Dimana wali nikah ini adalah seseorang yg diserahkan untuk menikahkan calon pengatin perempuan kepada calon pengantin laki – laki. Namun bagaimana jika seorang calon pengatin perempuan itu tidak memiliki wali nikah, maka salah satu jalan yg dapat dilakukan ialah dengan menggunakan wali hakim.

Sedangkan apakah pengertian wali hakim itu sendiri dalam pernikahan, jika anda merasa belum mengetahui pengertian wali hakim dalam pernikahan tersebut. Maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yg sangat tepat, karena utk sekarang ini saya ingin mencoba memberikan informasi mengenai pengertian wali hakim nikah. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini sedang mencari pengertian wali hakim tersebut.

Untuk anda-anda sekalian yg sekiranya sekarang ini ingin mengetahui secara lengkap mengenai pengertian wali hakim dalam pernikahan, maka anda dapat melihat pengertian wali hakim secara lengkap bersama-sama dengan saya yg ada dibawah ini. Sehingga bagi anda yg sekiranya belum mengetahui pengertian wali hakim itu sendiri, maka anda akan mengetahui pengertian dari wali hakim dalam pernikahan menurut islam.

Advertisement

pengertian wali hakim
Pengertian Wali Hakim Dalam Pernikahan Menurut Islam

Pengertian wali hakim adalah seseorang yg memiliki kewenangan atau memiliki sebuah hak utk melakukan tindakan hukum untuk orang yg diwakilkannya. Sedangkan wali nikah adalah seseorang yg memiliki hak utk menikahkan calon pengatin perempuan yg telah diurusnya. Sehingga pengertian wali hakim dalam pernikahan adalah seseorang yg telah ditunjuk untuk dijadikan wali nikah pada pernikahan dikarenakan orang tua ataupun keluarga calon pengatin perempuan itu tidak ada.

Sehingga ketika seorang calon pengatin perempuan itu tidak memiliki wali yang sah guna untuk menjadi wali dalam pernikahannya, maka calon pengatin perempuan dapat menunjuk wali hakim. Dimana wali hakim yg dapat kita jumpai biasanya terdapat di kantor urusan agama atau KUA, dan apabila orang tersebut tidak bekerja dalam kantor tersebut. Maka orang tersebut tidak dapat menjadi wali hakim dalam pernikahan.

Adapun untuk syarat wali hakim dalam pernikahan itu sendiri diantaranya adalah orang yang merdeka, memiliki akal sehat, dewasa (Baligh), seorang muslim (beragama islam). Jika seseorang yg bekerja dikantor urusan agama tersebut tidak memenuhi syarat wali hakim dalam pernikahan yang telah disebutkan tadi, maka orang tersebut juga masih tidak dapat menjadi seorang wali hakim dalam pernikahan meskipun orang tersebut bekerja dikantor urusan agama.

Namun biasanya orang – orang yang menggunakan wali hakim ini biasanya adalah seorang yatim piatu, ataupun orang tuanya sedang berada dalam perantauan yg jauh. Bukan karena seseorang yg ingin menikah namun tidak direstui oleh orang tuanya itu lalu menggunakan wali hakim dalam pernikahan. Sehingga tidak semua pasangan calon suami istri itu juga dapat menggunakan wali hakim, tetap ada beberapa persyaratan yang memperbolehkan seorang calon pengantin yg dapat menggunakan wali hakim.

Dengan ini, selesai sudah untuk pembahasan mengenai Apakah Pengertian Wali Hakim Dalam Pernikahan yang sekiranya saya hari ini dpt sajikan kpd anda-anda sekalian. Semoga saja dari pembahasan mengenai pengertian wali hakim tersebut dapat membantu anda-anda sekalian yang sekiranya memang belum mengetahui pengertian dari wali hakim dalam pernikahan. Dan utk anda yg ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lain dari saya.

Mungkin anda akan tertarik utk mencoba kembali lihat juga hikmah pernikahan dalam islam, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui pengertian hikmah pernikahan dalam islam. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya sajikan kepada anda-anda sekalian ini beberapa waktu yg lalu, mungkin saja pembahasan tersebut akan pas dengan pembahasan yg sedang dicari anda.

Atau untuk anda yg memang sekiranya sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka silahkan saja bagi anda untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya yang sudah pernah pula saya berikan pada kesempatan sebelumnya. Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya berikan pada kesempatan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan yg sedang dicari-cari oleh anda.

Advertisement