Pengertian Hukum dan Syarat Poligami Dalam Islam

Advertisement

Poligami Dalam Islam | Pengertian poligami adalah sebuah sistem perkawinan yg memperbolehkan suami untuk memiliki atau menikahi lebih dari satu wanita. Sedangkan kebalikan dari poligami adalah poliandri, yaitu seorang wanita yg menikhai lebih dari satu pria. Dan didalam agama islam, konsep dasar pernikahannya adalah monogami atau hanya memiliki satu pasangan. Akan tetapi diperbolehkan untuk memiliki lebih dari satu pasangan atau istri.

Sedangkan di Indonesia sendiri, sistem perkawinannya adalah monogami dan poligami. Dimana hal tersebut telah tercantun didalam UU No. 1 Tahun 1974 mengenai undang – undang perkawinan. Namun dengan persyaratan masih tetap memenuhi prosedur dan syarat yang telah ditentukan, baik itu didalam ajaran agama islam. Karena mayoritas penduduk Indonesia adalah Islam, dan berdasarkan oleh hak utk membentuk keluarga.

Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai syarat poligami dalam Islam, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg belum mengetahui apakah itu syarat poligami menurut islam. Maka dari itu saya ingin mencoba membantu anda-anda sekalian ini dengan memberikan pembahasan akan syarat poligami menurut Islam. Selain itu, saya juga akan turut memberikan hukum poligami dalam Islam.
hukum dan syarat poligami dalam islam
Sehingga bagi anda yang sekiranya ingin melakukan poligami, maka anda harus mengetahui terlebih dulu syarat dan hukum poligami menurut Islam. Supaya tindakan yg anda lakukan tersebut benar dan tidak menjadi dosa bagi anda nantinya, karena jika kita melakukan suatu hal yang tidak sesuai dengan yang disyariatkan didalam agama Islam. Maka hal tersebut hanya akan menjadi dosa bagi kita, dan tentunya kita akan mendapatkan balasan nantinya di akhirat.

Untuk anda – anda sekalian yg sekiranya sekarang ini sudah ingin mengetahui secara lengkap mengenai syarat dan hukum poligami dalam islam itu sendiri, maka kita bisa langsung saja melihat pembahasan yg akan coba saya sajikan secara lengkap kepada anda-anda semuanya dibawah ini. Sehingga bagi anda yang sekiranya belum mengetahui apa itu hukum dan syarat poligami menurut islam, maka anda akan mengetahui hal tersebut.

Apakah Syarat Poligami Dalam Islam

Bagi anda yang sekiranya ingin melakukan poligami, maka anda harus memenuhi 4 syarat poligami dalam Islam yg diantaranya adalah mampu berbuat adil, tidak lalai beribadah, dapat menjaga para istri, dan yang terakhir adalah mampu menafkahi para istrinya. Jika diantara anda-anda sekalian ini dirasa tidak mampu memenuhi ke 4 syarat poligami tersebut, maka alangkah baiknya jika anda tidak melakukan tindakan poligami.

Advertisement

1. Mampu Berbuat Adil dan Tegas

Bagi para pria yang ingin melakukan poligami, maka dia harus mampu berbuat adil kepada para istri-istrinya nanti. Sesuai dengan penjelasan dari Nabi Muhammad SAW bersabda :”Siapa saja orangnya yg memiliki dua istri atau lebih, cenderung kepada salah satunya. Pada hari kiamat kelak dia akan datang dlm keadaan sebagian tubuhnya miring.” (HR. Abu Dawud, An Nasa’i, dan At Tirmidzi)

Dan seseorang yg berpoligami itu bukan saja harus dapat bertindak adil, melainkan juga dia harus mampu menjadi seorang yang tegas. Karena tidak menutup kemungkinan jika salah satu dari istrinya itu akan mencoba utk merayu agar sang suami bisa berbuat lebih untuk dirinya. Misalnya, Si A adalah istri pertama dan si A merayu sang suami agar bermalam dengannya, padahal malam tersebut harusnya sang suami bermalam dengan si B yg merupakan istri keduanya. Maka sang suami harus berani dengan tegas menolak permintaan si A untuk bermalam dengannya.

Dimana telah dijelaskan dalam sebuah Al Qur’an surat An Nisa yg bunyinya :”….kemudian jika km khawatir tidak mampu berbuat adil, maka nikahilah satu orang saja…”(QS. An Nisa ayat 3)

2. Tidak Lalai beribadah

Seseorang yg melakukan poligami itu seharusnya lebih bertambah ketakwaannya kpd Allah SWT serta rajin dalam mengerjakan ibadah. Namun pada saat seorang yg berpoligami guna memenuhi syariat islam namun justru hal tersebut membuat dirinya menjadi lalai dalam beribadah, maka hal tersebut menjadi fitnah bagi dirinya. Dan dia itu bukanlah seseorang yg pantas untuk melakukan poligami.

Sebagaimana yg telah dijelaskan dalam firman Allah SWT yang artinya :”Hai orang – orang yg beriman, sesungguhnya diantara istri – istrimu serta anak – anakmu ada yg menjadi musuh bagimu. Maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka….” (QS. At Taughabun ayat 14)

3. Mampu Menjaga Para Istri

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang suami utk menjaga istrinya, jika mereka itu memiliki dua atau lebih istri. Maka dia wajib menjaga para istri-istrinya itu dari berbagai macam keburukan dan kemaksiatan. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :”Wahai para pemuda, siapa saja diantara kalian yg memiliki kemampuan utk menikah, maka menikahlah…”(HR. Bukhari dan Muslim)

4. Mampu Memberikan Nafkah Secara Lahir

Hal ini sudah sangat jelas harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin berpoligami, karena ketika memiliki lebih dari satu istri. Maka mereka itu harus mampu memberikan nafkah secara lahir kepada para istrinya. Ketika seorang suami yg hanya memiliki satu orang istri saja belum mampu memenuhi nafkah secara lahiriah, maka dia diharamkan untuk melakukan poligami. Dan ketika mereka mampu memberikan nafkah secara lahir, maka dia juga harus memberikannya secara adil seperti yang telah dijelaskan pada syarat poligami yang pertama tadi.

Sebagaimana firman Allah SWT yg artinya :”Dan orang-orang yg tidak mampu menikah, hendaklah menjaga kesucian (dirinya), sampai Allah SWT memberikan kemampuan kpd mereka dgn karunia-Nya…”(QS. An Nur ayat 33)

Bagaimana Hukum Poligami Dalam Islam

Adapun untuk hukum poligami menurut Islam itu terbagi menjadi dua, yaitu sunnah dan haram. hukum poligami dikatakan sunnah apabila seseorang yang akan melakukan poligami tersebut sudah memenuhi syarat-syarat berpoligami seperti yg telah dijelaskan diatas. Sedangkan untuk poligami yang dikatakan haram itu adalah seseorang yg tidak dapat memenuhi syarat – syarat poligami yang telah ditentukan dalam ajaran agama Islam.

Sekiranya hanya itu saja untuk penjelasan mengenai Hukum dan Syarat Poligami Dalam Islam yg pada kesempatan sekarang ini saya dapat berikan kepada anda, semoga saja dari penjelasan poligami dalam Islam yang baru saja saya jelaskan diatas tadi dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi anda mengenai hal poligami. Dan bagi anda yang sekiranya belum merasa memenuhi syarat poligami menurut Islam, maka alangkah baiknya jika anda tidak melakukan hal tersebut.

Dan bagi anda yang sekiranya ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan sebelumnya, mungkin anda akan tertarik utk baca juga hukum jual beli menurut Islam. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui akan hal tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba kembali melihat pembahasan tentang jual beli menurut Islam yg telah saya berikan sebelumnya itu.

Advertisement