Hukum Puasa Ramadhan Ketika Hamil Secara Lengkap

Advertisement

Puasa Ramadhan Ketika Hamil | Puasa ramadhan ialah puasa yang wajib dikerjakan umat muslim ketika bulan ramadhan. Dimana puasa ramadhan itu dikerjakan setiap satu tahun sekali, dan puasa ini dikerjakan selama satu bulan penuh kurang lebih selama 29 atau 30 hari. Dan segala amal ibadah pada saat bulan ramadhan itu akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT, oleh karena itu pada saat bulan ramadhan banyak orang yg lebih meningkatkan ibadahnya.

Sebagaimana yang telah diterangkan dalam firman Allah SWT yang artinya :”Hai orang – orang yg beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagai mana diwajibkan atas orang – orang sebelum kamu. Agar kamu bertaqwa.” (QS. Al Baqarah : 183) dari penjelasan ayat Al Qur’an tersebut sudah dapat kita lihat jika hukum puasa ramadhan adalah wajib, dan utk orang – orang yg meninggalkan baik itu secara sengaja ataupun tidak diwajibkan utk mengganti puasa yg ditinggalkan.

Namun Allah SWT juga memberikan keringanan kepada golongan – golongan tertentu akan hal menjalankan ibadah puasa ramadhan, dimana beberapa golongan tertentu yang diperbolehkan utk tidak mengerjakan puasa adalah orang musafir atau seseorang yg sedang melakukan perjalanan. Orang yang sedang sakit keras, dan semakin parah penyakitnya apabila dia mengerjakan puasa. Maka golongan orang – orang tersebut diperbolehkan utk tidak berpuasa.

Akan tetapi mereka juga masih tetap harus melakukan puasa ganti ramadhan, pada waktu atau hari yang lain ketika dirinya sudah sehat dan tidak lagi dalam perjalanan. Selain itu, apakah hukum puasa ramadhan ketika hamil, apakah seseorang yang hamil itu diperbolehkan untuk tidak mengerjakan puasa atau mereka masih tetap harus mengerjakan puasa. Bagi anda yang sekiranya sekarang ini masih belum mengetahui bagaimana hukum puasa untuk orang hamil.

Maka anda bisa melihat terlebih dulu sedikit penjelasan tentang hukum puasa ramadhan ketika hamil yang pada kesempatan hari ini akan saya coba bahas untuk anda. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang sedang hamil ketika bulan puasa ramadhan, dan anda belum mengetahui hukum puasa bagi orang hamil, oleh karena itu alangkah baiknya jika anda melihat terlebih dulu pembahasan yang pd kesempatan hari ini akan saya berikan kepada anda.

Advertisement

Puasa Ramadhan Ketika Hamil
Hukum Puasa Ramadhan Ketika Hamil Yang Khawatir Akan Dirinya Sendiri

Hukum puasa untuk ibu hamil yang khawatir akan dirinya sendiri itu sama halnya dgn hukum puasa ramadhan untuk orang sakit. Dimana seseorang yang sakit itu diperboleh untuk tidak berpuasa apabila dirinya merasa khawatir akan kesehatannya yang semakin menurun jika berpuasa, maka orang – orang tersebut akan diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Sama halnya dengan seseorang yg hamil dan takut akan kondisinya yang menjadi tidak sehat jika berpuasa.

Maka dirinya itu tidak diwajibkan utk berpuasa, namun bagi yang meninggalkan diwajibkan utk mengganti puasa sebanyak puasa yang ditinggalkan serta membayar fidyah atau memberi makan kepada fakir miskin sejumlah yang telah ditentukan. Akan tetapi, jika para ibu – ibu hamil merasa dirinya masih sanggup untuk berpuasa, maka akan lebih baik apabila anda tetap berpuasa. Karena berpuasa itu lebih baik bagimu apabila anda mengetahuinya.

Hukum Puasa Ramadhan Ketika Hamil Yang Khawatir Akan Bayinya

Apabila seorang ibu khawatir akan kondisi dari bayi yang ada dalam kandungannya ketika harus berpuasa, maka hukum puasa ramadhan bagi ibu hamil tersebut menjadi sunnah. Namun mereka harus tetap diwajibkan untuk mengganti puasa yg ditinggalkan itu sebanyak puasa yang telah ditinggalkan dan juga membayar fidyah. Sebagaimana telah dijelaskan dalam firman Allah SWT QS. Al Baqarah ayat 184 :”Apabila seseorang merasa tidak mampu utk berpuasa (maka berbukalah) dan diwajibkan baginya utk mengganti puasanya serta membayar fidyah.

Sebuah hadits riwayat dari Ibnu Abbas r.a. juga telah menjelaskan apabila hukum puasa untuk ibu hamil pd saat bulan ramadhan itu diperbolehkan utk tidak berpuasa apabila dirinya itu merasa khawatir akan kondisi bayinya yg akan sakit jika berpuasa. Akan tetapi dia harus menggati puasa yang ditinggalkan tersebut serta membayar fidyah kepada orang – orang miskin dengan jumlah yang telah ditentukan dalam syariat Islam.

Hukum Puasa Ramadhan Ketika Hamil Yang Khawatir Akan Dirinya dan Bayinya

Untuk kondisi ibu hamil yang seperti ini, maka dia tidak diwajibkan utk mengerjakan puasa. Hanya saja dia masih harus tetap mengganti puasa yang ditinggalkan, dan mereka juga tidak diharuskan utk membayar fidyah. Karena hal demikian itu tidak sama halnya dengan kondisi sang ibu yang hanya mengkhawatirkan kondisinya sendiri ataupun hanya mengkhawatirkan kondisi bayinya saja, sehingga mereka tidak diwajibkan utk membayar fidyah, cukup dengan mengganti puasanya saja.

Sekiranya hanya itu saja untuk pokok pembahasan mengenai Hukum Puasa Ramadhan Ketika Hamil Secara Lengkap dari saya utk hari ini, semoga saja dari apa yang saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada anda seputar hukum puasa ramadhan. Dan bagi anda yang kiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yg mungkin sekarang ini masih belum anda ketahui.

Maka anda masih bisa mencoba untuk melihat kembali hukum memelihara anjing dalam Islam, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui akan hukum islam tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bukan apabila anda mencoba kembali melihat pembahasan yg pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya berikan, atau utk anda yg merasa sudah mengetahui akan hukum Islam tersebut.

Maka sebaiknya anda kembali mencoba utk melihat-lihat beberapa pokok pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan kepada anda, mungkin saja salah satu diantara pokok pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pokok pembahasan yang sedang dicari anda. Atau bagi anda yang merasa masih belum jg dpt menemukan pokok pembahasan yang sesuai, maka anda harus coba utk menunggu update pembahasan terbaru yg akan terus saya sajikan setiap harinya.

Save

Advertisement