Pengertian Hukum Riba Dalam Islam Secara Lengkap

Advertisement

Riba Dalam Islam Secara Lengkap | Pengertian riba adalah menetapkan sebuah bunga atau melebihkan jumlah pinjaman pada saat pengembalian yg didasarkan dari presentase tertentu dari jumlah pinjaman pokoknya yg dibebankan kpd peminjam. Secara bahasa pengertian riba adalah Ziyadah atau tambahan. Riba sendiri bukan hanya menjadi persoalan didalam islam, namun menjadi persoalan bagi kalangan yahudi dan kristen.

Jenis jenis riba sendiri ada beberapa macam, dan jenis jenis riba itu sendiri diantaranya adalah Riba Qardh, Riba Jahiliyyah, Riba Fahdl, dan yg terakhir adalah Riba Nasi’ah. Dan pengertian jenis jenis riba itu sendiri adalah sebagai berikut.

  • Riba Qardh adalah suatu manfaat ataupun tingkat kelebihan tertentu yg disyaratkan terhadap yg berhutang.
  • Riba Jahiliyyah adalah hutang atau pinjaman dibayar lebih dari pokoknya, karena si peminjam itu tidak mampu membayar hutang sesuai dengan waktu yg telah ditentukan.
  • Riba Fadhl adalah Pertukaran antar barang sejenis dgn kadar atau nilai yg berbeda, sedangkan barang yg dipertukarkan tersebut termasuk dalam jenis barang ribawi.
  • Riba Nasi’ah adalah penangguhan penerimaan atau penyerahan jenis barang ribawi yg dipertukarkan dgn jenis barang riwabi lainnya. Riba jenis nasi’ah ini muncul karena terdapatnya perbedaan, tambahan, ataupun perubahan antara yg diserahkan saat ini dgn yg diserahkan kemudian.

Lalu bagaimana hukum riba dalam islam itu sendiri, diantara anda-anda sekalian ini mungkin sudah ada yg mengetahui bagaimana hukum riba dalam islam. Namun mungkin juga masih ada yg belum mengetahui apakah hukum riba dalam islam. Dan bagi anda yg sekiranya belum mengetahui apa itu hukum riba dalam islam, mungkin alangkah baiknya jika anda mencoba melihat terlebih dulu penjelasan mengenai hukum riba dalam islam yg pada kesempatan ini akan saya berikan.

Sehingga utk anda yg belum mengetahui apa itu hukum riba dalam islam, akan mengetahui hukum riba dalam islam setelah anda melihat penjelasan mengenai riba dalam islam yg akan coba saya sajikan pda kesempatan hari ini. Bagi anda yg kiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap mengenai hukum riba dalam islam pd pembahasan yg akan saya sajikan untuk hari ini, maka sebaiknya anda langsung saja melihat penjelasan tersebut secara lengkap dibawah ini.

pengertian riba dalam islam

Advertisement

Pengertian Hukum Riba Dalam Islam

Mengambil keuntungan dari hasil pinjaman itu sudah jelas haram hukumnya dalam islam, hal tersebut sudah diterangkan didalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 275 yg bunyinya :”……padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…” Dan hal tersebut juga memicu banyaknya perbankan yg menggunakan sistem syariah, dimana konsep dalam pembagian untung utk penabung diambil dengan cara bagi hasil, bukan menggunakan cara bunga seperti yg dilakukan pada bank konvensional.

Hal tersebut dikarenakan oleh bunga bank juga termasuk kedalam riba, sedangkan riba dalam islam itu sendiri adalah haram. Sehingga hal tersebut menjadikan perbankan membuat sistem syariah atau menggunakan konsep bagi hasil bukan menggunakan jenis bunga. Dimana konsep bunga bank itu sendiri sudah pasti akan diterima oleh setiap penabung sesuai dgn perjanjian awal pada saat menabung, sedangkan untuk konsep bagi hasil penabung bisa mendapatkan untung atau rugi tergantung dari kondisi perbankan tersebut.

Sehingga kesimpulan dari hukum riba dalam islam itu adalah haram, dan semua hasil keuntungan yg didapatkan bukan merupakan hak dari orang tersebut juga termasuk dalam riba. Sehingga alangkah baiknya apabila kita akan meminjam atau meminjamkan uang, maka uang yg pinjaman yg dikembalikan itu sebaiknya sama persis sesuai pd saat meminjam. Karena kelebihan uang dari pinjaman tersebut bukanlah hak kita, terkecuali orang yg meminjam tersebut memberikan kelebihan uang dengan tujuan sebagai bentuk terima kasih karena sudah meminjamkan uang.

Maka uang tersebut bukanlah termasuk riba, melainkan uang pemberian. Sehingga uang tersebut dpt anda terima ataupun anda tolak sesuai dengan keinginan anda, karena uang tersebut hasil pemberian jadi tidak termasuk dalam riba. Dengan ini selesai sudah penjelasan mengenai Pengertian Hukum Riba Dalam Islam Secara Lengkap yg kiranya saya dpt berikan kpd anda, semoga penjelasan mengenai hukum riba dalam islam tersebut dpt memberikan banyak manfaat kpd anda-anda sekalian.

Dan untuk anda yg kiranya masih ingin kembali mengetahui beberapa penjelasan lainnya yang berhubungan dengan hukum islam lainnya, mungkin anda akan tertarik untuk baca juga macam macam penyakit hati dalam islam. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja macam macam penyakit hati, maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya sajikan pd kesemmpatan sebelumnya itu.

Advertisement