Pengertian 5 Rukun Islam Secara Lengkap

Advertisement

Rukun islam adalah lima dasar dari agama islam, dan merupakan sebuah pondasi yang wajib untuk setiap orang yang beriman dan termasuk pula sebagai dasar kehidupan bagi umat muslim. Dari ke lima rukun islam yang ada itu terdapat dalam sebuah hadist jibril. Untuk anda para umat muslim pastinya anda sudah tahu apa saja ke 5 rukun islam itu, tapi diantara anda mungkin ada yang lupa dengan rukun-rukun islam yang berisikan syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji. Dan untuk anda yang ingin kembali mengingat ke lima ajaran yang wajib anda kerjakan supaya anda bisa menjadi seorang muslim yang baik.

5 Rukun Islam

Rukun islam yang pertama adalah mengucapkan kalimat syahadat yang berisikan ” Aku bersaksi tidak ada tuhan yang disembah selain allah dan nabi muhammad adalah utusannya.”. Syahadat sendiri memiliki arti mengucapkan secara lisan, membenarkan dg hati, kemudian mengamalkan dengan secara perbuatan. Adapun orang yang sudah mengucapakan secara lisan, namun tidak mengetahui arti atau makna dari kata kata tersebut, dan tidak pula mengamalkannya. Maka kalimat syahadat yang sudah dibacakan tidak memiliki manfaat.

Sholat adalah rukun islam yang kedua, dimana setiap muslim wajib untuk mengerjakan sholat lima waktu atau sholat fardhu dalam sehari semalam. Dimana dengan mengerjakan sholat, seorang muslim dapat langsung berinteraksi dengan memuja atau berdoa kepada Allah. Selain itu, dengan mengerjakan sholat, kita juga dapat terhindar untuk melakukan perbuatan yang keji. Sehingga akan mendapatkan ketenangan jiwa dan badan yang dapat membuat bahagia baik itu di alam dunia ataupun di akhirat nanti.

Rukun islam berikutnya adalah puasa, dimana puasa itu merupakan kegiatan menahan diri untuk tidak makan, minum, dan juga jima, dimulai dengan niat puasa pada waktu sebelum subuh atau fajar hingga berbuka puasa pada waktu terbenam matahari. Ada banyak jenis puasa yang dapat dilakukan, namun yang wajib dilakukan ialah puasa ramadan yang tiba di bulan kesembilan pada kalender hijriyah yang disebut bulan ramadan.

Zakat adalah menyisihkan sebagaian hartanya untuk orang-orang yang memiliki hak untuk menerima, diantaranya orang-orang yang berhak untuk menerima zakat adalah orang fakir. Dan bagi anda yang hartanya sudah mencapai nisab, maka anda wajib untuk melakukan ibadah zakat setiap tahunnya. Karena dalam zakat itu sendiri memiliki manfaat sebagai penghibur jiwa orang yang fakir dengan menutupi kebutuhan yang mereka perlukan.

Advertisement

Rukun islam yang terakhir atau yang ke lima adalah menunaikan ibadah haji. Hukum mengerjakan ibadah haji adalah wajib bagi orang-orang yang sudah mampu atau sudah memenuhi syarat pergi haji. Karena dalam mengerjakan ibadah haji itu harus memenuhi beberapa syarat yang diantaranya adalah islam, baligh, memiliki akal yang sehat, sudah merdeka, istitha’ah.

Dan kami rasa hanya itu saja untuk Pengertian 5 Rukun Islam yang hari ini dapat kami sajikan kepada anda, semoga saja dari apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan hari ini dapat memberikan sedikit manfaat kepada anda sekalian. Dan jangan sampai lupa juga bagi anda untuk sering-sering bekunjung ke situs kami, agar anda bisa selalu mendapatkan informasi seputar islam yang lainnya. yang mungkin juga ingin anda ketahui secara lengkap.

Advertisement