Sifat Wajib Dan Mustahil Bagi Allah Beserta Artinya dan Dalilnya

Advertisement

Sifat Wajib Dan Mustahil Bagi Allah | Sifat – sifat Allah adalah sifat yg sempurna dan tidak terhingga bagi Allah SWT. Dan setiap umat muslim wajib mempercayai sifat – sifat Allah yg kesempurnaannya itu tidak terhingga bagi-Nya. Sifat – sifat wajib dan mustahil bagi Allah itu sendiri terdiri dari dua puluh sifat wajib dan mustahil, namun terkandung didalam dua sifat kesempurnaan, yaitu “Istigna” dan juga “Iftiqar”

Sifat Istigna itu sendiri terdiri dari sifat wujud, qidam, baqa’, mukhalafatuhu lilhawadith, qiamuhu binafsih, sama’, basar, kalam, kaunuhu sami’an, kaunuhu basiran, kaunuhu mutakalliman. Kaya Allah dari pd sekalian yg dari pada-Nya, yaitu tidak berkehendak ia kpd sesuatu, maksudnya adalah Allah SWT tidak menghendaki yg lain menjadikan-Nya dan tidak berkehendak akan tempat berdiri bagi zat-Nya. Maha Suci Tuhan dari pd tujuan pd sekalian perbuatan dan hukum – hukumnya dan tidak wajib bagi-Nya membuat sesuatu ataupun meninggalkan sesuatu.

Sifat Iftiqar itu terdiri dari sifat yang diantaranya adalah wahdaniat, qudrat, iradat, ilmu, hayat, kaunuhu qadiran, kaunuhu muridan, kaunuhu hayyan. Yang lain berkehendak akan sesuatu dari pd Allah SWT yaitu yg lain berkehendakkan dari pd Allah utk menjadikan dan menentukan mereka dgn perkara yg harus. Contohnya adalah manusia memohon kepada Allah SWT utk melancarkan hidupnya.

Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin coba memberikan 20 sifat wajib dan mustahil bagi Allah kepada anda – anda sekalian, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yang masih belum mengetahui apa saja sifat – sifat Allah SWT. Maka dari itu saya ingin coba membantu anda – anda sekalian ini dengan memberikan penjelasan akan sifat – sifat wajib dan mustahil bagi Allah SWT pada kesempatan hari ini.

Selain memberikan sifat – sifat Allah, saya juga akan memberikan beberapa dalil yang menerangkan tentang sifat – sifat Allah tersebut. Dan bagi anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap penjelasan mengenai sifat – sifat wajib dan mustahil bagi Allah, maka kita dapat langsung melihat penjelasan yang akan saya sajikan secara lengkap dibawah ini bersama – sama dengan saya berikut ini.

Advertisement

Sifat Wajib Dan Mustahil Bagi Allah Beserta Artinya

Sifat Wajib Dan Mustahil Bagi Allah
Adapun untuk dalil yang menerangkan sifat – sifat Allah itu sendiri telah dijelaskan dalam Al Qur’an dan juga hadits sebagai berikut.

  • “Dan Tuhamnu adl Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan melainkan Dia” (QS. Al Baqarah ayat 163)
  • “Sesungguhnya Allah itu Amat Berkuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al Baqarah ayat 20)
  • “Dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Baqarah ayat 29)
  • “Allah, tidak ada Tuhan (yg berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup, yg berdiri sendiri….” (QS. Al Baqarah ayat 255)
  • “Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepada-Nya.”Jadilah!” maka terjadilah ia.” (QS. Yasin ayat 82)
  • “….Tidak ada sesuatupun yg serupa dengan Dia, dan Dia-lah yg Maha mendengar dan Melihat.” (QS. Asy Syura ayat 11)
  • “Dialah Yang Awal (tidak berpemulaan) dan Yang Akhir (tidak berkesudahan)…”(QS. Al Hadid ayat 3)

Sekiranya hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai pembahasan Sifat Wajib Dan Mustahil Bagi Allah Beserta Artinya dan Dalilnya, semoga saja dari apa yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat utk anda – anda sekalian. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin masih ingin kembali melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan pada kesempatan sebelumnya.

Maka saya sarankan kepada anda utk coba kembali melihat hukum karma dalam Islam, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yang memang sedang mencari – cari pembahasan tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba kembali utk melihat pembahasan yg beberapa waktu lalu itu baru saja saya sajikan kepada anda. Namun bagi anda yang kiranya mungkin merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut.

Maka tidak ada salahnya pula bagi anda utk kembali melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya sajikan pula sebelumnya, barang kali saja salah satu diantara beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan tersebut akan ada yang sesuai dengan pembahasan yang memang sedang dicari – cari oleh anda. Atau mungkin juga anda ingin coba menunggu update pembahasan terbaru dari saya yg akan coba terus saya sajikan utk setiap harinya.

Advertisement