Sebutkan 4 Sifat Wajib dan Mustahil Rasul dan artinya Lengkap

Advertisement

4 Sifat Wajib dan Mustahil Rasul | Pengertian Nabi adalah seorang hamba Allah SWT dgn jenis kelamin pria serta mendapatkan wahyu dari Allah tetapi tidak diperintahkan serta tidak ada keharusan utk menyebarkan wahyu tersebut kpd umat manusia. Sedangkan pengertian Rasul adalah seseorang yg berjenis kelamin pria yg mendapatkan wahyu serta memiliki kewajiban untuk menyebarkan wahyu dari Allah SWT kpd umatnya.

Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan apabila perbedaan Rasul dan Nabi adalah jika seorang Nabi boleh menyampaikan wahyu yg telah diberikan oleh Allah SWT namun tidak diwajibkan atas umat tertentu. Sedangkan Rasul sendiri memiliki tugas untuk menyampikan wahyu dari Allah SWT serta wajib utk menyampaikan wahyu tersebut kpd umat manusia, sehingga tugas dari Rasul dan Nabi itu sudah sangat terlihat jelas perbedaannya.

Selain itu, para Nabi dan Rasul ini memiliki sifat wajib dan juga sifat mustahil, dan bagi anda yg sekiranya belum mengetahui apa saja sifat wajib rasul dan sifat mustahil rasul itu apa saja. Maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yang sangat tepat sekali, karena pada kesempatan hari ini saya ingin mencoba memberikan pembahasan mengenai sifat wajib dan mustahil Rasul kepada anda – anda sekalian semuanya.

Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg sedang mencari – cari mengenai sifat wajib dan mustahil Rasul sekarang ini, maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu penjelasan mengenai sifat wajib dan mustahil Rasul yg pada kesempatan hari ini akan coba saya berikan kpd anda-anda sekalian. Sehingga untuk anda yg belum mengeahui apa saja sifat wajib dan mustahil Rasulullah, maka anda akan mengetahuinya.

sifat wajib dan mustahil rasul

Advertisement

4 Sifat Wajib dan Mustahil Rasul dan artinya

1. Siddiq, yaitu benar. Segala perkataan serta perbuatan Rasul itu adalah benar, jadi akan mustahil bahwa Rasul itu akan berbohong. Karena mereka senantiasa dijaga Allah SWT. Rasul memiliki sifat baik itu dalam tingkah laku maupun dalam ucapannya.

2. Amanah, adalah pengertian dari dpt dipercaya ataupun terpercaya. Mustahuil jika Rasul itu akan berkhianat ataupun merupakan seorang pengkhianat. Rasul selalu dpt dipercaya dlm menerima wahyu dari Allah SWT dan selalu senantiasa memelihara keutuhan kemudian menyampaikannya kpd umat manusia sesuai dengan kehendak dari Allah SWT.

3. Tabligh, adalah menyampaikan wahyu kpd umatnya, bahwa para Rasul menyampaikan wahyu Allah SWT kpd orang lain. Jadi mustahil apabila meraka menyembunyikan wahyu Allah SWT kpd umatnya.

4. Fathanah, adalah cerdas. Mustahil seorang Rasul tidak mengerti apa pun atau bodoh. Mereka dianugerahi kecerdasan oleh Allah SWT supaya mereka mampu mengajak manusia untuk selalu berada dijln yg lurus, yaitu jalan yg senantiasa di ridhoi Allah SWT.

4 Sifat Mustahil Rasul dan Artinya

1. Kidzib, memiliki makna dusta atau bohong. Sifat ini merupakan sifat yg tidak mungkin dimiliki oleh para Rasul karena mereka selalu dijaga oleh Allah SWT. Sifat ini adalah kebalikan dari sifat amanah.

2. Khianat, adalah tidak dpt dipercaya. Mustahil bagi para Rasul untuk memiliki sifat khianat, karena mereka merupakan utusan Allah SWT yg terjaga untuk menyampaikan wahyu Allah kpd semua umat-Nya. Jadi sangat mustahil apabila Rasul memiliki sifat tersebut. Sifat khianat ini kebalikan dari sifat amanah.

3. Kitman, memiliki makna menyembunyikan wahyu. Seperti yg telah dijelaskan diatas apabila Rasul merupakan manusia pilihan Allah SWT utk menyampaikan risalah kpd umat-Nya. Jadi sangat tidaklah mungkin apabila mereka akan memiliki sifat menyembunyikan wahyu. Sifat kitman ini merupakan kebalikan dari sifat Tabligh.

4. Jahlun, adalah bodoh, Para Rasul Allah meruapkan manusia yg pintar karena dipilih Allah SWT utk menyampaikan agama-Nya kpd manusia serta melakukan berbagai tindakan kebaikan agar mereka bisa menjadi suri tauladan untuk umatnya. Sehingga tidaklah mungkin apabila mereka itu memiliki sifat jahlun ataupun bodoh. Sifat jahlun ini sendiri merupakan kebalikan dari sifat fathanah.

Demikian itu sedikit penjelasan mengenai 4 Sifat Wajib dan Mustahil Rasul dan Artinya yg sekiranya saya dapat sajikan kpd anda-anda sekalian, semoga saja dari penjelasan mengenai sifat wajib dan mustahil Rasul yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan kpd anda-anda sekalian. Dan bagi anda yg sekiranya masih ingin kembali mengeahui beberapa pembahasan lainnnya yang telah saya berikan sebelumnya.

Maka alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk kembali baca juga sunah sebelum sholat jumat, siapa tahu saja diantar anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja amalan sunah yang sebaiknya dikerjakan sebelum mengerjakan sholat jumat. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya berikan pada kesempatan sebelumnya itu.

Namun untuk anda yg sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui amalan sebelum sholat jumat tersebut, maka saya menyarankan kpd anda untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya. Siapa tahu saja dengan anda melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg telah saya berikan sebelumnya, anda akan dapat menemukan pembahasan yg memang sedang dicari – cari oleh anda selama ini.

Advertisement