Amalan Sunah Sebelum Sholat Jumat Lengkap

Advertisement

Sunah Sebelum Sholat Jumat | Sholat jumat merupakan kegiatan beribadah sholat wajib yg dikerjakan dengan cara berjamaah oleh setiap umat muslim laki-laki pada hari jumat untuk menggantikan sholat fardhu dzuhur. Hukum sholat jumat sendiri ialah wajib untuk semua umat laki-laki muslim yang beriman, hal tersebut telah diterangkan didalam Al Quran surat Al Jumu’ah 62:9. Adapun beberapa golongan yang diwajibkan untuk mengerjakan sholat jumat sendiri ialah ada lima yang diantaranya adalah seorang muslim yang telah berakal atau akil baligh, laki-laki, merdeka, bukan seorang musafir, tidak memiliki halangan atau uzur.
sunah sebelum sholat jumat
Sedangkan untuk orang-orang yang tidak diwajibkan untuk mengerjakan sholat jumat diantaranya adalah seorang budak, wanita, orang yang sedang dalam perjalanan atau musafir, anak-anak kecil, orang yang sedang sakit, tertidur pulas, dan juga orang gila. Adapun ancaman bagi orang-orang yang dengan sengaja meninggalkan sholat jumat sendiri secara berturut-turut sebanyak tiga kali, maka orang tersebut akan ditutup pintu hatinya yang bisa membuat terhalangnya hidayah ataupun rahmat masuk, serta dapat menjadi orang yg sangat lalai, serta dianggap menjadi orang yang munafik yang tdk menganggap islam itu sebagai agamanya.

Dan sebelum mengerjakan sholat jumat juga terdapat sunah-sunah yang dapat dilakukan, dimana sunah sebelum sholat jumat ini sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dengan kita mengerjakan sunah-sunah tersebut, maka kita akan mendapatkan pahala tambahan ketika mengerjakan sholat jumat tersebut. Untuk anda yang mungkin belum mengetahui beberapa sunah yang dianjurkan sebelum mengerjakan sholat jumat, maka ada baiknya apabila anda melihat terlebih dulu penjelasan yang pada kesempatan hari ini akan coba saya bahas.

Amalan Sunah Sebelum Sholat Jumat

  • Mandi, mandi sholat jumat tata caranya sama dengan mandi junub.
  • Bersiwak atau melakukan sikat gigi.
  • Menggunakan pakaian terbaik yang dimiliki.
  • Menggunakan wangi-wangian atau parfum.
  • Memotong rambut, kumis, dan kuku.
  • Datang ke masjid lebih awal, usahakan sebelum khotib naik kemimbar serta mengucapkan salam anda sudah datang. Hal tersebut dikarenakan ketika khotib telah mengucapkan salam, bahwasannya para malaikat juga sudah ikut duduk serta tidak mencatat orang-orang yang datang ke masjid pada saat khotib telah mengucapkan salam.
  • Mengerjakan sholat sunah.
  • Memperbanyak membaca shalawat dan berdoa.
  • Mendengarkan khutbah jumat dengan tenang dan memperhatikan yang disampaikan oleh khotib. Jika anda melihat orang-orang yang sedang bercanda pada saat berlangsungnya khutbah jumat, maka tidak utk menasehatinya. Karena hal tersebut bisa termasuk ke lagho ataupun lalai.
  • Jangan duduk sembari memeluk lutut.

Kiranya hanya itu saja yang saya hari ini dpt berikan kpd anda mengenai Amalan Sunah Sebelum Sholat Jumat Lengkap, mudah-mudahan saja dari sedikit penjelasan mengenai amalan sunah sholat jumat yang baru saja saya berikan diatas tadi ini dapat menambah pengetahun anda seputar sunah-sunah yang dpt dikerjakan sebelum mengerjakan sholat jumat. Sehingga ketika anda mengerjakan amalan sunah tersebut, maka anda akan mendapatkan tambahan pahala dari Allah SWT. Dan apabila anda mungkin ingin kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang mungkin belum anda ketahui.

Maka silahkan saja bagi anda untuk mencoba melihat cara sholat ghoib yang beberapa waktu lalu telah saya berikan, siapa tahu saja diantara anda-anda ini ada yang sedang mencari-cari tata cara sholat sunah tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu penjelasan yang beberapa waktu lalu itu telah saya berikan. Atau untuk anda yang mungkin telah mengetahui pembahasan soal cara sholat sunah yang satu itu, maka ada baiknya jika anda kembali mencoba-coba untuk melihat sejumlah pembahasan lainnya yang saya sudah pernah berikan.

Advertisement