Keutamaan Bacaan Surat Al Ikhlas dan Artinya Lengkap

Advertisement

Surat Al Ikhlas dan Artinya | Surat Al Ikhlas adalah salah satu suratan yang terdapat didalam Al Qur’an, dimana surat ini merupakan surat yang ke 112. Dan surat ini termasuk kedalam jenis surat Makkiyah, dan terdiri dari 4 ayat dengan pokok isinya ialah menegaskan akan keesaan Allah sembari menolak berbagai macam bentuk yg menyekutukan-Nya. Pada zaman kekhalifahan dulu, kamliat “Allahu ahad, Allahus shamad” sering muncul dlm uang dinar emas. Sehingga kalimat tersebut dianggap sebagai slogan negara Khalifah Islamiyah.

Dan surat Al Ikhlas juga termasuk salah satu suratan pendek yang sering dibacakan dalam sholat, bukan karena pendeknya ayat tersebut, melainkan karena keutamaan surat Al Ikhlas itu sendiri yang memang luar biasa. Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin memberikan bacaan surat Al Ikhlas kepada anda-anda sekalian. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang sedikit lupa dengan bacaan surat tersebut, maka dari itu saya ingin membantu anda dengan memberikan bacaan surat ini.

Dimana untuk bacaan surat Al Ikhlas yang saya sajikan hari ini akan ditulis menggunakan bahas arab, namun saya juga akan turut memberikan tulisan latinnya. Karena mungkin saja diantara para pembaca sekalian ini masih ada yang belum cukup lancar didalam membaca tulisan arab. Sehingga saya ingin membantu anda dengan memberikan tulisan latinnya juga, supaya anda yang belum cukup lancar dalam membaca tulisan arab masih tetap bisa menghafalkan bacaan surat ini.

Selain itu, saya juga akan menyajikan surat Al Ikhlas dan artinya, sehingga anda-anda sekalian ini bukan saja bisa membaca suratan tersebut. Melainkan jg anda akan mengetahui makna atau arti dari bacaan yang anda baca tersebut. Dan turut saya sajikan pula beberapa keutamaan surat Al Ikhlas kepada anda-anda sekalian, sehingga anda bukan saja akan dpt menghafalkan bacaan surat tersebut. Namun jg anda akan dpt mengetahui manfaat surat Al Ikhlas yg dapat anda jadikan bahan renungan agar lebih meresapi pada saat membaca suratan ini.

Bagi anda yang sekiranya sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana bacaan surat Al Ikhlas tersebut secara lengkap, maka kita bisa langsung saja melihat bacaan surat tersebut secara lengkap yang akan saya sajikan kepada anda-anda sekalian dibawah ini. Dan bagi anda yang memang benar-benar ingin menghafalkan bacaan surat tersebut, maka anda bisa menyimpan bacaan surat yang akan saya sajikan kepada anda ini.

Advertisement

Bacaan Surat Al Ikhlas dan Artinya

surat al ikhlas dan artinya
Keutamaan Surat Al Ikhlas dan Artinya Lengkap

Sebanding dengan membaca sepertiga Al Qur’an, sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini :”Demi zat yg jiwaku berbeda di tangan-Nya, sesungguhnya surat itu sebanding dgn sepertiga Al Qur’an.” (HR. Bukhori) Sehingga pada saat membaca 3 kali surat ini, maka sama halnya dengan kita mengkhatamkan Al Qur’an. Dan pahala seseorang yang dapat membaca Al Qur’an sampai selesai itu memang sungguh sangat luar biasa.

Bisa masuk surga, dijelaskan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah R.A. berkata :”Aku datang bersama Rasulullah SAW, lalu Beliau mendengar seseorang membaca :”Qul Huwallahu Ahad” “Allahu sh-shamad”. Maka Rasulullah SAW bersabda:”Telah wajib, aku bertanya :”Apa yg wajib ? Rasulullah menjawab :”(Telah wajib baginya) surga.” (Tafsir Alqur’anul Adzim, Ibnu Katsir)

Melindungi orang yg membaca, sebuah hadits dari Uqbah bin Amir al Juhani R.A. mengatakan :”Tatkala aku menuntun kendaraan Rasulullah SAW dlm sebuah peperangan, tiba – tiba Beliau berkata :”Wahai uqbah, katakan.” Aku pun mendengarkan, kemudian Beliau berkata lagi :”Wahai Uqbah, katakan.” Aku pun mendengarkan. Dan Beliau mengatakannya sampai tiga kali, kemudian aku bertanya:”Apa yg aku katakan?” Beliau bersabda :”Katakan “Qul Huwallahu Ahad”, lalu Beliau membacanya sampai selesai. Kemudian Beliau membaca “Qul a’udzu birobbil falaq”, aku pun membacanya bersama sampai selesai. Kemudian Beliau membaca :”Qul a’uudzu birabbi nnaas” Aku pun membacanya bersama sampai selesai. Kemudian Beliau bersabda:”Tidak ada seorangpun yg berlindung (dari segala keburukan) seperti orang yg berlindung denganya (tiga surat) tersebut.” (HR. Nasa’i)

Diampuni dosanya atas seizin Allah SWT, diterangkan dalam sebuah hadits dari Mihjan bin Adru’ R.A. mengatakan:”Sesungguhnya Raslullah SAW masuk ke dlm masjid, tiba – tiba (ada) seseorang yg telah selesai dari sholatnya, dan dia sedang bertasyahud, lalu ia berkata:”Ya Allah, sesungguhnya aku meminta (kepada-Mu) bahwa sesungguhnya Engkau (adalah) Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, yang tidak beranak dan tidak pula diperanakan, dan tidak ada seorang pun yg setara dengan-Nya, ampunilah dosa – dosaku, karena sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda :”Seungguh ia telah diampuni (dosa – dosanya),” Beliau mengatakannya sebanyak tiga kali.” (HR. Abu Dawud)

Cepat dikabulkan doanya, “Sesungguhnya Raslullah SAW mendengar seseorang berkata:”Ya Allah, sesungguhnya ak meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau adalah Allah yg tidak ada ilah yg haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakan, dan tidak ada seorang pun yg setara dengan-Nya.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda :”Sungguh dirimu telah meminta kepada allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengan-Nya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diserukan dengan-Nya, (pasti akan) mengabulkannya.” (HR. Abu Dawud)

Saya rasa hanya itu saja yang dpt disajikan kepada anda-anda sekalian mengenai Keutamaan Bacaan Surat Al Ikhlas dan Artinya, semoga saja dari sedikit pembahasan tentang bacaan surat Al Ikhlas dan keutamaannya itu bisa menambah pengetahuan bagi anda. Dan apabila anda masih ingin kembali melihat beberapa pembahasan tentang bacaan surat lainnya, maka anda masih bisa kembali melihat juga bacaan surat Al Kafirun.

Siapa tahu saja ada diantara anda-anda sekalian ini yang sedang mencari – cari bacaan surat tersebut, oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat bacaan surat yang telah saya sajikan beberapa waktu lalu itu. Mungkin saja dari bacaan surat yang telah saya sajikan sebelumnya itu dapat membantu anda-anda sekalian. Namun bagi anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui bacaan surat tersebut.

Maka anda masih bisa mencoba kembali utk melihat-lihat bacaan ataupun pembahasan lainnya lagi yg beberapa waktu lalu sudah pernah saya berikan kepada anda-anda sekalian. Siapa tahu saja salah satu diantara pembahasan atau bacaan doa yang telah saya sajikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan yg sedang dicari anda. Atau mungkin jg anda bisa menunggu update pembahasan terbaru lainnya lagi dari saya yg akan terus coba saya perbarui setiap harinya.

Save

Advertisement