Syarat dan Rukun Nikah Dalam Islam Yang Benar

Advertisement

Syarat dan Rukun Nikah | Setiap orang pastinya akan melangsungkan pernikahan, terutama dengan orang yang kita cintai. Dan untuk dapat melangsungkan pernikahan itu sendiri kita harus mempersiapkan banyak hal, mulai dari mempersiapkan mental dan juga materai. Sehingga untuk anda yang ingin melaksanakan pernikahan itu memang benar-benar sudah siap untuk menikah. Didalam agama islam, menikah itu memiliki sebuah rukun nikah atau syarat sahnya menikah yang perlu diperhatikan ketika pada saat akan menikah. Jika pada saat anda menikah dan tidak memenuhi syarat menikah itu sendiri, maka pernikahan yang anda lakukan itu tidak lah sah.
syarat dan rukun nikah
Rukun Nikah merupakan persyaratan yang harus dipenuhi supaya pernikahan yang dilakukan tersebut itu sah, adapun untuk jumlah dari rukun nikah itu sendiri ada lima. Dan ketika sepasang kekasih ingin melangsungkan pernikahan, maka mereka harus mengetahui terlebih dahulu syarat dan rukun nikah tersebut. Adapun untuk anda yang mungkin belum mengetahui apa saja syarat dan juga rukun dari nikah itu sendiri, maka ada baiknya anda langsung saja melihat rukun-rukun nikah tersebut secara lengkap yang akan coba saya sajikan dengan lengkap dibawah ini. Dengan anda melihat terlebih dulu apa saja rukun dari nikah itu sendiri, maka anda dpt melangsungkan pernikahan dengan sah.

Syarat dan Rukun Nikah Dalam Islam

  1. Calon suami, rukun nikah yang pertama ialah calon suami, dimana calon suami ini yang tentunya harus laki-laki dan bukan laki-laki yang mahram dari calon istri itu sendiri. Dan calon suami itu bukan sedang dalam ihram haji ataupun umroh.
  2. Calon istri, pastinya harus perempuan dan bukan mahram dari calon suaminya, bukan pula seorang banci atau waria. Dan calon istri tersebut tentunya harus sudah akil baligh atau dewasa, serta tidak sedang dalam masa iddah dan bukan merupakan istri orang.
  3. Wali, merupakan seseorang yang memiliki hak untuk mengawinkan calon istri, dan untuk seseorang yang bisa menjadi wali diantaranya ialah seorang muslim bukan orang kafir ataupun orang murtad. Harus seorang laki-laki, bukan perempuan dan pastinya wali tersebut sudah dewasa. Dan yang menjadi seorang wali itu haruslah ikhlas atau suka rela dan bukan merupakan paksaan.
  4. Saksi, didalam melakukan pernikahan itu haruslah ada seorang saksi, dan saksi tersebut harus terdiri sekurangnya ialah dua orang. Dan saksi tersebut haruslah orang islam, laki-laki, memiliki akal, sudah dewasa atau akil baligh, memahami isi dari lafadz ijab qobul.
  5. Ijab Qobul atau Akah Nikah, rukun nikah yang terakhir ini merupakan rukun yg paling menentukan pada sebuah pernikahan, dimana hal tersebut yang akan menjadikan sesuatu yang haram menjadi sesuatu yang halal. Ijab sendiri kata kata yang diucapkan oleh wali dari calon istri, lalu dijawab oleh calon suami dengan kata kata qobul.

Kiranya cukup itu saja untuk Syarat dan Rukun Nikah Dalam Islam Yang Benar yang pada kesempatan hari ini dapat saya berikan kepada anda, mudah-mudahan saja dari apa yg telah saya berikan diatas tadi ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar kpd anda-anda sekalian. Terlebih lagi utk anda yang memang akan melakukan pernikahan dalam waktu dekat ini. Dan apabila anda mungkin ingin kembali melihat-lihat beberapa pembahasan yang lain dari saya, maka silahkan bagi anda utk mencoba kembali melihat-lihat sejumlah pembahasan yang pada kesempatan sebelumnya itu telah saya berikan.

Namun apabila anda mungkin belum dapat menemukan pembahasan yang sesuai dengan apa yang sedang anda cari-cari, maka saya memberikan saran kepada anda – anda sekalian untuk menunggu udpate pembahasan terbaru yang akan coba terus kami sajikan untuk setiap harinya. Sehingga tidak ada salahnya apabila anda lain waktu kembali mengunjungi situs saya ini, barang kali saja anda akan dapat menemukan pembahasan yang memang pas dengan apa yang sedang anda cari pada update pembahasan yang akan coba terus saya berikan untuk setiap harinya hanya untuk anda.

Advertisement