Syarat dan Rukun Shalat Jumat Dalam Ajaran Islam

Advertisement

Syarat dan Rukun Shalat Jumat | Shalat jumat adalah salah satu ibadah shalat yg wajib dilaksanakan dgn cara berjamaah bagi kaum muslim laki – laki setiap hari jumat yg dikerjakan untuk menggantikan sholat dzuhur. Hukum shalat jumat itu sendiri adalah wajib bagi setiap orang yang beriman, sebagaimana telah dicantumkan dalam sebuah hadits yang bunyinya adalah sebagai berikut.

“Wahai orang – orang yg beriman, apabila kamu diserukan utk melaksanakan shalat pada hari jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkan jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya.” (Al Jumu’ah 62:9)

Adapun untuk orang atau golongan yang diwajibkan mengerjakan sholat jumat adalah seorang muslim yg sudah berakal dan baligh, seorang laki – laki, merdeka, menetap bukan seorang musafir, tidak memiliki halangan atau uzur apapun. Sedangkan utk orang – orang yg tidak diwajibkan untuk mengerjakan sholat jumat diantaranya adalah seorang budak, musafir, wanita, anak kecil, orang sakit, orang yg tertidur pulas, dan yang terakhir adalah orang gila.

Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin coba memberikan penjelasan mengenai rukun shalat jumat kepada anda – anda sekalian. Karena setiap apa yang diperintahkan oleh Allah SWT pastinya terdapat rukun – rukun yang harus dipenuhi dalam tata cara mengerjakannya, apabila sampai kita tidak memenuhi rukun – rukun tersebut, maka amalan ibadah yang kita kerjakan tidak diterima atau bahkan akan sia – sia saja.

Oleh karena itu, kita harus benar – benar memperhatikan rukun – rukun dalam beribadah, seperti salah satunya adalah rukun shalat jumat. Adapun untuk anda – anda sekalian yg belum mengetahui apa saja rukun sholat jumat itu sendiri, maka alangkah baiknya jika anda – anda sekalian ini melihat terlebih dulu penjelasan mengenai rukun sholat jumat yang akan coba saya sajikan secara lengkap beserta syarat shalat jumat dibawah ini.

Advertisement

Rukun Shalat Jumat
Rukun Shalat Jumat Dalam Ajaran Islam

  • Terdapat dua khutbah jumat yg dilakukan dgn berdiri, serta duduk diantara dua khutbah tersebut.
  • Mengerjakan sholat jumat dilakukan dgn cara berjamaah.
  • Mengerjakan sholat jumat sebanyak dua rakaat.

Syarat Shalat Jumat Dalam Ajaran Islam

  1. Dikerjakan pada tempat yg telah dijadikan wathan atau tempat, baik itu diperkotaan atau dipedesaan. Seperti misalnya pada masjid yang telah ditetapkan oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan sebagai tempat shalat jumat, dan tidak sah apabila shalat jumat dikerjakan ditempat yg penduduknya hanya berada sementara waktu ditempat tersebut, seperti contohnya diladang dan sebagainya.
  2. Dikerjakan secara berjamaah, pada zaman Rasulullah SAW sendiri tidak pernah mengerjakan shalat jumat sendirian, sekurang – kurangnya jumlah jamaahnya ialah 40 orang, namun ada pula beberapa ulama yang berpendapat dpt dikerjakan dengan jumlah minimal 2 orang saja. Karena dua orang juga sudah termasuk shalat berjamaah.
  3. Dikerjakan pada saat waktu shalat dzuhur.
  4. Sebelum mengerjakan shalat jumat, hendaknya didahului dengan dua kali khutbah terlebih dulu.

Saya rasa sudah cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai Syarat dan Rukun Shalat Jumat Dalam Ajaran Islam yang sekiranya dpt diberikan oleh saya kpd anda – anda sekalian hari ini, mudah – mudahan saja dari sedikit penjelasan mengenai rukun shalat jumat yg baru saja saya sajikan diatas tadi dpt memberikan banyak manfaat utk anda – anda sekalian semuanya. Dan bagi anda – anda yang sekiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan sebelumnya.

Maka saya coba sarankan kepada anda – anda sekalian utk kembali baca juga amalan sebelum sholat jumat, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yg merasa masih belum mengetahui apa saja amalan – amalan sunnah sebelum sholat jumat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya kepada anda – anda sekalian semuanya.

Namun untuk anda yang sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut, maka anda masih bisa kembali melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya yang pd kesempatan sebelumnya sudah pernah saya berikan lagi. Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang sedang anda – anda sekalian cari – cari selama ini.

Save

Advertisement