Syarat dan Tata Cara Adzan Yang Baik dan Benar

Advertisement

Syarat dan Tata Cara Adzan | Adzan adalah panggilan kepada umat islam yg digunakan untuk menandai atau memberi tahu kalau sudah waktunya masuk shalat fardhu. Untuk orang yang mengumandangkan adzan sendiri disebut dengan muadzin. Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin memberikan kepada anda sebuah pembahasan mengenai tata cara adzan. Karena siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara adzan.

Selain memberikan pembahasan tata cara adzan, saya jg akan memberikan beberapa syarat adzan. Karena didalam agama Islam sendiri itu semua hal telah ditentukan dengan syarat-syarat yang telah disepakati ataupun diajarkan sesuai perintah Allah SWT dan dilaksanakan berdasarkan cara yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, ketika melakukan sesuatu hal yang berhubungan dengan kegiatan ibadah, maka hal tersebut harus dikerjakan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Adzan sendiri mulai ada pada saat zaman Rasulullah SAW, dimana pada suatu waktu Rasulullah mengumpulkan para sahabat untuk bermusyawarh mengenai tata cara memberi tahu kepada umat muslim ketik telah tiba masuk waktu shalat fardhu. Serta bagaimana cara mengajak para umat muslim untuk berdatangan ke masjid untuk mengerjakan shalat fardhu secara berjamaah. Dari sejumlah pendapat yang disampaikan oleh para sahabat, maka diputuskanlah cara untuk memberi tahu umat muslim ketika tiba waktu shalat fardhu itu dengan lafadz adzan.
syarat dan tata cara adzan
Sama halnya dengan adzan, bacaan adzan sendiri dikumandangkan berdasarkan syarat-syarat yang telah ditentukan. Dan orang yang mengumandangkan adzan jg harus sesuai dengan syarat atau ketentuan yang telah berlaku. Sehingga untuk anda-anda sekalian yang sekiranya sekarang ini belum mengetahui bagaimana cara adzan dan apa saja syarat – syarat adzan itu sendiri, maka anda harus melihat terlebih dulu pembahasan yang akan saya sajikan hari ini.

Bagi anda yang sekiranya sekarang ini ingin mengetahui secara lengkap bagaimana tata cara adzan tersebut, serta apa saja syarat – syarat adzan. Maka alangkah baiknya apabila kita langsung melihat pembahasan selengkapnya mengenai hal tersebut dibawah ini. Sehingga bagi anda-anda yang sekiranya belum mengetahui pembahasan tersebut, akan dapat mengetahui pembahasan tersebut secara lengkap.

Tata Cara Adzan Yang Baik

  • Muadzin (orang yang mengumandangkan adzan) disunnahkan agar suci dari hadas kecil ataupun besar.
  • Melakukannya dengan cara berdiri.
  • Menghadap ke arah kiblat pada saat mengumandangkan adzan.
  • Mengumandangkan adzan pada tempat yg tinggi (bisa juga menggunakan pengeras suara)
  • Memperhatikan tajwidnya, memperlambat bacaan adzan serta mempercepat iqamah.
  • Menempatkan jari-jari tangan ditelinga pada saat mengumandangkan adzan.
  • Menengok ke arah kanan dan kiri pada saat bacaan haya’alatain.

Syarat – Syarat Adzan

1. Telah Masuk Waktunya Shalat

Advertisement

Syarat sahnya adzan itu sendiri adalah telah masuknya waktu shalat, apabila adzan dilakukan ketika belum masuk waktu shalat. Maka adzan tersebut tidaklah sah. Akan tetapi ada pengecualian pada saat adzan subuh, dimana adzan subuh diperbolehkan dikumandangankan dua kali. Dimana adzan subuh dilakukan sebelum tiba waktu shalat subuh dan pada saat sudah tiba waktu shalat.

2. Niat Adzan

Seorang muadzin atau orang yang mengumandangkan adzan itu hendaknya membaca niat adzan didalam hati (tidak menggunakan lafadz tertentu) melainkan dia melakukan adzan dengan ikhlas karena Allah semata.

3. Menggunakan Bahasa Arab

Menurut pendapat beberapa ulama, adzan tidak sah apabila dikumandangkan selain menggunakan bahasa arab. Dianatara ulama-ulama yang berpendapat demikian itu adl ulama dari Madzhab Hambali, Hanafi, dan Syafi’i.

4. Dibaca Dengan Benar

Pada saat mengumandangkan adzan tidak boleh ada lahn (kesalahan) dalam pengucapan lafadz adzan, karena hal tersebut dapat merubah makna dari lafadz adzan itu sendiri. Sehingga adzan harus dikumandangkan dengan benar dan jelas.

5. Diucapkan Secara Berurutan

Sebagaimana Rasulullah SAW telah menjelaskan bagaimana lafadz adzan itu sebagaimana mestinya, sehingga kita harus mengumandangkan adzan sesuai dengan yang telah diperintahkan. Agar makna dari bacaan adzan tersebut tidak berubah.

6. Lafadznya Diucapkan Secara Bersambung

Dalam pengucapan lafadz adzan itu dilakukan secara bersambung setiap lafadznya, tanpa ada tambahan kata kata ataupun perbuatan lainnya. Akan tetapi diperbolehkan kepada para muadzin utk melakukan kata – kata atau perbuatan yg bersifat ringan, seperti misalnya bersin dan sebagainya.

7. Diperdengarkan Kepada Orang Lain Selain Ditempat Muadzin

Adzan harus bisa didengarkan oleh orang-orang yang berada pada tempat yang berbeda dari tempat muadzin mengumandangkan adzan, secara umum muadzin mengumandangkan adzan didalam masjid. Sehingga suara adzan tersebut harus bisa terdengar dari luar masjid secara jelas, hal tersebut dpt dilakukan dengan bantuan pengeras suara.

Demikian itu sendiri penjelasan mengenai Syarat dan Tata Cara Adzan Yang Baik dari saya untuk hari ini, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai syarat dan tata cara adzan yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk anda. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang ada pada situs doaharian.info ini.

Maka silahkan saja bagi anda untuk kembali melihat juga doa sesudah adzan, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg belum mengetahui bagaimana bacaan doa sesudah adzan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali melihat bacaan doa yang pada waktu sebelumnya itu sudah pernah saya sajikan kepada anda. Namun untuk anda yang merasa sudah mengetahui bacaan doa tersebut.

Mungkin anda akan merasa tertarik utk kembali melihat-lihat beberapa bacaan doa lainnya yang pada kesempatan sebelumnya sudah pernah saya berikan, karena siapa tahu saja salah satu dari beberapa bacaan doa yang sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan yang dicari oleh anda. Atau utk anda yang merasa belum jg dpt menemukan pembahasan yg sesuai, maka alangkah baiknya jika anda menunggu udpate pembahasan terbaru dari saya yg akan disajikan setiap harinya.

Advertisement