Apa Saja Syarat Hewan Kurban Idul Adha Menurut Islam

Advertisement

Syarat Hewan Kurban Idul Adha | Kurban merupakan bentuk ibadah dengan menyembelih hewan kurban, ibadah ini dilakukan setiap umat muslim pada bulan dzulhijah didalam penanggalan islam yg tepatnya adalah pada tanggal 10 atau hari nahar serta tanggal 11, 12, serta 13 atau hari tasyrik dan bertepatan pula pada saat hari raya idul adha. Sejarah kurban sendiri sudah diterangkan didalam Al Qur’an, dimana terdapat dua peristiwa yaitu persitiwa Habil dan Qabil yg merupakan putra dari Nabi Adam alaihis salam dan juga peristiwa ketka Nabi Ibrahim yg mengorbankan Nabi Ismail karena perintah dari Allah SWT.

Kisah Habil dan Qabil sendiri telah diterangkan didalam Al Qur’an yg tepatnya terdapat pada surat Al Maaidah ayat 27, sedangkan untuk kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sendiri diterangkan didalam surat Ash Shaaffaat ayat 102-107. Sedangkan yg menerangkan bagi umat islam untuk berkurban ialah terdapat pada surat Al Kautsar : 2 yg bunyinya adalah :”Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, serta berkurbanlah (anhar)”. Sedangkan untuk hadist yg menerangkan agar kita berkurban diantaranya adalah :”Siapa yg mendapati dirinya dlm keadaan lapang, lalu ia tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat sholat ied saya”. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
syarat hewan kurban
Sedangkan hukum kurban itu sendiri ialah sunnah muakkad ata sunnah yg diutamakan, dimana hal tersebut merupakan pendapat dari para sahabat, tabiut tabi’in, tabi’in, dan juga ahli fiqh. Dan para sahabat Nabi pun tidak ada yg menyatakan wajib untuk hukum kurban. Namun diutamakan kepada seseorang yg sekiranya memiliki harta lebih untuk melakukan ibadah kurban, karena akan ada banyak hikmah berkurban yg bisa didapatkan bagi orang yg melakukan ibadah kurban tersebut. Dan untuk anda yg sekiranya ingin melakukan ibadah kurban, maka anda juga harus mengetahui syarat hewan kurban itu sendiri. Karena tidak sembarang hewan itu bisa dijadikan sebagai hewan kurban.

Dan bagi anda yg mungkin sekarang ini belum mengetahui apa saja syarat hewan kurban itu sendiri, maka sebaiknya jika anda langsung saja melihat pembahasan yg pada kesempatan hari ini akan saya sajikan. Dengan anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai syarat kurban dari saya ini, maka anda akan dpt menjalankan ibadah kurban dengan benar. Dan pastinya jg anda akan bisa mendapatkan keutamaan kurban itu sendiri, jangan sampai anda tidak mendapatkan hikmah berkurban karena hewan yg anda kurbankan itu tidak memenuhi syarat kurban itu sendiri.

Syarat Hewan Kurban Idul Adha Menurut Islam

  • Hewan yg dikurbankan itu termasuk hewan ternak, misalnya unta, kambing, sapi, ataupun biri-biri.
  • Umur si hewan itu sendiri sudah cukup, dimana untuk umur dari hewan untuk itu harus lebih dari 5 tahun, sapi atau kerbau itu sudah berumur 2 tahun, sedangkan untuk kambing atau domba itu telah memiliki umur lebih dari 1 tahun.
  • Hewan yang akan dikurbankan itu tidak boleh memiliki cacat, contohnya hewan tersebut buta, kakinya pincang, terdapat bagian tubuhnya yang hilang, atau sedang mengalami sakit.

Jika anda-anda sekalian sudah memiliki hewan dengan syarat-syarat yg sudah saya berikan diatas tadi, maka anda dapat melakukan ibadah kurban dengan sah. Dan atas seizin dari Allah SWT, maka anda akan bisa mendapatkan hikmah berkurban itu sendiri. Dengan ini, mungkin sudah cukup sekian dulu untuk penjelasan tentang Apa Saja Syarat Hewan Kurban Idul Adha Menurut Islam dari saya untuk hari ini, semoga saja sedikit penjelasan mengenai syarat kurban yg baru saya jelaskan diatas tadi itu bisa memberikan manfaat yg sangat besar kepada anda-anda sekalian.

Dan bagi anda yg mungkin ingin kembali melihat-lihat beberapa penjelasan lain yg sudah pernah kami sajikan sebelumnya, mungkin anda akan berminat untuk baca juga doa qunut yg beberapa waktu lalu baru saja saya berikan. Mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg mencari-cari bacaan doa tersebut, maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat kembali penjelasan yg sudah pernah saya berikan beberapa waktu lalu itu. Atau mungkin juga anda dapat kembali melihat-lihat sejumlah penjelasan lain yg sudah pernah saya berikan juga sebelumnya.

Advertisement

Advertisement