Syarat Menjadi Imam Shalat Fardhu Secara Berjamaah

Advertisement

Syarat Menjadi Imam Shalat | Shalat fardhu adalah shalat lima waktu yang wajib dikerjakan setiap harinya bagi setiap umat islam, dan didalam cara mengerjakan shalat fardhu itu sendiri dpt dikerjakan secara berjamaah atau dpt pula dikerjakan secara sendiri. Oleh sebab itu, hukum shalat berjamaah itu sendiri adalah sunnah, karena memang tidak diwajibkan bagi setiap muslim untuk mengerjakan shalat fardhu itu secara berjamaah.

Adapun untuk jumlah minimal shalat berjamaah adalah dua orang, satu sebagai imam dan yg satu menjadi makmum. Selain itu, shalat berjamaah juga memiliki tambahan pahala bagi yg mengerjakannya sendiri, yaitu 27 derajat. Sehingga alangkah baiknya apabila kita mengerjakan shalat fardhu itu secara berjamaah, agar kita bisa mendapatkan pahala yg jauh lebih banyak ketimbang kita mengerjakan shalat fardhu sendirian.

Sebuah hadits menjelaskan tentang manfaat shalat berjamaah yg bunyinya :”Manusia yg paling besar mendapatkan pahala dlm sholat adalah yg paling jauh perjalanannya, kemudian yg selanjutnya. Dan orang yg menunggu shalat sampai melakukannya bersama imam, lebih besar pahalanya dari pd yg mengerjakan sendirian lalu tidur.” (HR. Muslim) dari penjelasan hadits tersebut sudah terlihat jika mengerjakan shalat secara berjamaah itu memiliki pahala yg jauh lebih besar dari pada mengerjakan shalat sendirian.

Dan didalam mengerjakan shalat secara berjamaah itu terdiri dari seorang imam dan makmum, adapun untuk seseorang yg diperbolehkan menjadi imam itu orang-orang yg telah memenuhi syarat menjadi imam shalat. Karena terdapat beberapa syarat menjadi imam yg baik didalam islam. Bagi anda yg sekiranya belum mengetahui apa saja syaratnya, maka silahkan saja bagi anda utk langsung melihat penjelasannya dibawah ini.

syarat menjadi imam shalat fardhu
Syarat Menjadi Imam Shalat Fardhu Secara Berjamaah

  • Beragama Islam
  • Memiliki akal
  • Sudah Dewasa atau Aqil Baligh
  • Suci dari hadats besar atau kecil
  • Memiliki bacaan Al Qur’an yg baik dan bagus
  • Pengucapan lafadz arabnya fasih, jelas, dan tepat

Seperti yang diterangkan dalam sabda Rasulullah SAW :”Jika ada tiga orang, maka hendaklah memilih salah seorang diantara mereka utk menjadi imam dan yg paling berhak diantaranya adalah yg paling bagus bacaannya.” (HR. Muslim)

Advertisement

Yang Diperbolehkan Menjadi Imam Shalat

  • Laki-laki menjadi imam untuk laki-laki
  • Laki-laki menjadi imam untuk perempuan
  • Laki-laki menjadi imam banci
  • Perempuan menjadi imam untuk perempuan
  • Banci menjadi imam perempuan

Yang Tidak Diperbolehkan Menjadi Imam Shalat

  • Banci menjadi imam laki-laki
  • Perempuan menjadi imam laki-laki
  • banci menjadi imam banci

Dan banci didalam Islam itu adalah seseorang yg tidak diketahui jenis kelaminnya karena memiliki dua alat kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan yg sama – sama berfungsi seperti yg diterangkan dalam As Syarh Al Mumthi yg mengatakan :”Banci (Al Khuntsa) adl orang yg tidak diketahui apakah dia lelaki atau perempuan. Mereka adalah orang yg memiliki dzakar (kelamin laki-laki) dan farji (kelamin perempuan). Dia kencing dari kedua saluran tersebut bersamaan.” (AS Syarh Al Mumthi 4/223)

Adapun untuk Sifat Imam Shalat dalam islam diantaranya adalah memiliki hafalan Al Qur’an yg cukup serta bacaannya bagus, mengetahui sunnah Rasulullah SAW dalam mengerjakan shalat, memiliki aqidah yg benar terlebih jika dia jg seorang Khatib serta memiliki kemampuan utk berkhutbah. Demikian itu untuk sedikit penjelasan mengenai Syarat Menjadi Imam Shalat Fardhu yg pada kesempatan ini saya dapat sajikan kepada anda.

Jika anda merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yg pada kesempatan sebelumnya sudah pernah saya berikan, mungkin anda akan tertarik untuk baca juga niat shalat sebagai imam dan makmum. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui bagaimana bacaan niat shalat tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu.

Atau untuk anda yg sekiranya sudah mengetahui bacaan niat shalat tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda kembali utk mencoba melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya. Siapa tahu saja salah satu dari sejumlah pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan pembahasan yg memang sedang dicari – cari oleh anda. Atau mungkin jg anda dapat mencoba kembali mengunjungi situs doaharian.info lain waktu, supaya anda bisa mendapatkan update pembahasan terbaru lainnya dari saya.

Advertisement