Biaya dan Syarat Nikah Di KUA Yang Terbaru Lengkap

Advertisement

Syarat Nikah Di KUA | Pernikahan merupakan salah satu hal yang dianjurkan didalam agama Islam, karena dengan menikah kita akan mendapatkan pahala dan juga akan terhindar dari yang namanya perzinaan. Oleh karena itu, melakukan pernikahan itu sangatlah dianjurkan dalam Islam, terlebih lagi untuk para pasangan muda mudi. Karena terdapat banyak manfaat menikah muda jika melakukan pernikahan pada saat usia muda.

Namun tidak jarang jika seseorang itu tidak dapat melangsungkan pernikahan di usia muda, karena mungkin belum menemukan jodohnya. Dan untuk anda yang sekiranya sekarang ini memang belum menemukan jodohnya, maka anda harus lebih sering – sering memohon kepada Allah SWT dengan memanjatkan doa minta jodoh selepas anda mengerjakan shalat. Selain itu juga anda dapat mengerjakan berbagai macam sholat sunnah minta petunjuk agar lebih dimudahkan mendapatkan jodoh.

Karena setiap manusia di bumi ini telah diciptakan oleh Allah SWT secara berpasang-pasangan, sehingga pastinya bagi anda yang sekarang ini belum menemukan jodoh pasti akan menemukannya. Hanya saja waktunya yang mungkin cukup lama, oleh karena itu dianjurkan kepada anda untuk lebih sering memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan bertemu dengan jodoh anda. Namun tidak lupa juga diikuti dengan adanya usaha dari anda untuk menemukan jodoh anda.

Dan bagi anda yang sekiranya sudah menemukan jodoh anda, dan anda juga akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat ini. Maka anda harus mengetahui terlbeih dulu beberapa syarat nikah di KUA, karena di Indonesia sendiri pernikahan itu dianggap sah apabila pernikahannya disaksikan dan didaftarkan di KUA atau Kantor Urusan Agama. Karena jika anda tidak mendaftarkan pernikahan yang akan anda lakukan, tentunya pernikahan anda tersebut tidaklah sah secara negara.

Untuk anda yang sekiranya sekarang ini sudah ingin mengetahui apa saja syarat nikah di KUA secara lengkap, maka alangkah baiknya apabila anda melihat terlebih dulu pembahasan mengenai syarat nikah tersebut secara lengkap yang akan saya sajikan dibawah ini. Sehingga untuk anda yang kiranya akan melakukan pernikahan dalam waktu dekat ini, anda bisa mempersiapkan segala macam syarat yang diperlukan untuk didaftarkan ke KUA setempat.

Advertisement

syarat nikah di kua
Biaya dan Syarat Nikah Di KUA

Untuk syarat nikah di KUA terbaru ini terbagi menjadi 3 tahapan, pertama yaitu mengurus surat ke RT/RW, kemudian ke kelurahan, dan selanjutnya ke kecematan. Untuk syarat membuat surat keterangan dari RT/RW, anda harus melengkapi beberapa berkas berikut.

  • Surat keterangan tempat tinggal setempat RT/RW.
  • Fotocopy KTP ke dua calon pengantin.
  • Fotocopy KK atau kartu keluarga ke dua calon pengantin.
  • Surat pernyataan belum pernah menikah.
  • Materai 6000.

Setelah anda selesai mengurus surat-surat dari RT/RW, selanjutnya anda mengurus surat ke kelurahan dengan membawa berkas berikut.

  • Surat pengatar dari RT/RW.
  • Fotocopy KTP ke dua calon pengantin.
  • Fotocopy KK atau kartu keluarga ke dua calon pengantin.
  • Pas foto ke dua calon pengantin. (Untuk background pas foto yang digunakan adalah warna biru, sesuai dengan Dirjen Bimas Islam No. DJ.II/1142/2013 dengan ukuran 2×3 sebanyak 6 lembar dan 3×4 sebanyak 6 lembar juga.)

Setelah selesai mengurus surat di kelurahan, selanjutnya anda melanjutkan untuk mengurus surat di kecamatan. Dimana anda bisa langsung datang ke KUA kecamatan untuk mendaftarkan pernikahan dengan membawa syarat nikah di KUA sebagai berikut.

  • Surat keterangan untuk menikah (N1)
  • Surat keterangan domisili / asal usul (N2)
  • Surat keterangan tentang orang tua masing – masing dari ke dua calon pengantin (N4)
  • Surat pemberitahuan ingin menikah (N7). Jika calon pengantin berhalangan utk hadir, maka pemberitahuan nikah dpt dilakukan oleh wali nikah
  • ataupun wali dari pihak keluarga.
  • Biaya pernikahan gratis, terkecuali dilakukan diluar KUA yg akan dikenakan biaya nikah sebesar Rp 600.000,-
  • Surat pengadilan apabila tidak ada surat ijin dari salah satu orang tua ataupun wali.
  • Pas foto berukuran 2×3 sebanyak 3 lembar utk masing – masing calon pengatin.
  • Terdapat dispensasi dari pengadilan utk calon suami yg belum berusia 19 tahun dan untuk calon istri yg belum berusia 16 tahun.
  • Untuk anggota Polri/TNI harap membawa surat ijin dari atasan masing – masing.
  • Melampirkan surat ijin pengadilan bagi suami yg ingin memiliki istri lebih dari satu atau berpoligami.
  • Membawa akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak / buku pendaftaran cerai utk yg sudah pernah bercerai sebelumnya.
  • Surat keterangan soal kematian suami/istri yg ditandatangani oleh kepada desa/lurah ataupun pejabat berwenang yg menjadi dasar mengisi
  • Surat N6 utk janda atau duda yg akan menikah.

Mungkin cukup sekian dulu saja untuk Biaya dan Syarat Nikah Di KUA Yang Terbaru yg pada kesempatan hari ini saya dapat sajikan kepada anda informasinya, semoga saja dari informasi tentang biaya nikah di KUA dan syaratnya tersebut dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi anda – anda sekalian. Terutama utk anda-anda yang sekiranya dalam waktu dekat ini akan melangsungkan pernikahan dan belum mengetahui syarat – syaratnya.

Dan untuk anda yang sekiranya masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan sebelumnya, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba kembali untuk baca juga syarat nikah siri. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui akan hal tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya bukan apabila anda mencoba untuk kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya.

Atau untuk anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui akan hal tersebut, maka sebaiknya anda mencoba kembali untuk melihat-lihat kembali beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah diberikan. Mungkin saja salah satu diantara beberapa pembahasan yg sudah pernah diberikan tersebut akan ada yang pas dengan pembahasan yang memang sedang dicari oleh anda. Atau mungkin juga anda ingin menunggu udpate pembahasan terbaru yang akan terus saya sajikan utk setiap harinya.

Save

Advertisement