Pengertian Hukum Syarat Nikah Siri Dalam Islam Lengkap

Advertisement

Syarat Nikah Siri Dalam Islam | Pengertian nikah siri adalah sebuah pernikahan yg tidak tercatat didalam Kantor Urusan Agama atau sering disingkat dengan KUA. Berdasarkan asal katanya, pengertian nikah siri adalah berasal dari kata siri yg memiliki makna rahasia. Hal tersebut lebih merujuk kpd rukun Islam tentang pernikahan, dimana pernikahan yg sah adalah yg diketahui oleh banyak orang. Namun pengertian nikah siri di Indonesia berubah menjadi pernikahan yg tidak tercatat oleh negara.

Hal tersebut telah dijelaskan dalam Undang-Undang Dasar No. 1 Tahun 1974 akan hal pernikahan yg tercatat pd Bab 1 dasar pernikahan pasal 2 ayat 2 yg berbunyi : Tiap-tipa pernikahan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yg berlaku. Dan hal tersebut dpt berdampak kepada sang anak karena dalam pasal 42 ayat 1 menjelaskan : Anak yg sah adl anak – anak yg dilahirkan dlm atau sebagai akibat pernikahan yang sah.

Sedangkan utk pernikahan secara siri, maka anak yg dihasilkan tersebut dianggap bukan anak mereka oleh negara. Karena hal tersebut telah dijelaskan dalam UUD, namun secara biologis anak tersebut merupakan anak sah mereka. Namun bagaimana pandangan hukum nikah siri dalam Islam, karena pada saat zaman Rasulullah SAW masih belum terdapat Undang – Undang Dasar yang berlaku. Sehingga bagaimana hukum pernikahan siri menurut Islam.

Dan bagi anda yang sekiranya sekarang ini belum mengetahui apakah hukum nikah siri menurut Islam, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba utk melihat terlebih dulu penjelasan mengenai hukum pernikahan siri yang pada kesempatan hari ini akan saya berikan kepada anda. Selain menjelaskan tentang hukum nikah siri itu sendiri, saya juga akan mejelaskan syarat nikah siri dalam Islam. Sehingga anda-anda sekalian ini akan mengetahui secara lengkap pengertian nikah siri.

Untuk anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap hukum dan syarat nikah siri menurut Islam itu sendiri, maka alangkah baiknya apabila anda langsung saja melihat pembahasan tentang nikah siri menurut Islam tersebut secara lengkap yang akan saya sajikan kepada anda-anda sekalian dibawah ini. Sehingga bagi anda yang belum mengetahui akan pembahasan tersebut, maka anda akan mengetahuinya secara lengkap.

Advertisement

syarat nikah siri dalam islam
Syarat – Syarat Nikah Siri Dalam Islam

  • Calon Pengantin Pria
  • Calon Pengantin Wanita
  • Wali Nikah Wanita
  • Dua Saksi Pria yang adil
  • Ijab Kabul (Akad Nikah)

Hukum Nikah Siri Dalam Islam Lengkap

Hukum nikah siri menurut islam itu sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu nikah siri yang tidak tercatat oleh negara dan nikah siri tanpa wali nikah yg sah. Adapun untuk penjelasan mengenai kedua hal tersebut adalah sebagai berikut.

Nikah Siri tidak tercatat

Hukum nikah siri menurut Islam yang tidak tercatat itu adalah sah, karena dalam pernikahan tersebut tetap memenuhi syarat dan rukun nikah dalam Islam. Sehingga menurut agama Islam, pernikahan siri yang seperti itu tetap sah. Pernikahan yang seperti ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin melakukan poligami yg tidak ingin diketahui oleh banyak orang sehingga tidak tercatat oleh negara, namun tetap sah menurut Agama.

Nikah Siri tanpa wali yang sah

Adapun untuk hukum nikah siri menurut islam yang dilakukan tanpa wali nikah yg sah itu adalah haram atau tidak diperbolehkan, karena pernikahan yang dilakukan tersebut tidaklah sah. Hal tersebut dikarenakan oleh pernikahan tersebut tidak memenuhi syarat dan rukun nikah dalam Islam, sehingga pernikahan siri yang seperti itu tidak lah sah. Biasanya pernikahan seperti ini banyak dilakukan oleh anak-anak muda yg tidak mendapatkan restu dari orang tuanya.

Sehingga kesimpulan dari hukum nikah siri dalam itu sendiri adalah sah apabila tetap memenuhi syarat dan rukun nikah yang telah ditetapkan, akan tetapi pernikahan tersebut belum dianggap sah oleh negara. Karena memang pernikahan tersebut tidaklah tercatat didalam Kantor Urusan Agama. Sedangkan utk pernikahan siri yang dilakukan tanpa adanya wali nikah calon pengantin perempuan itu adalah tidak sah atau haram, karena memang tidak memenuhi syarat dan rukun nikah dalam Islam.

Mungkin cuma itu saja untuk Pengertian Hukum Syarat Nikah Siri Dalam Islam yg pada kesempatan sekarang ini saya dpt sajikan kepada anda, semoga saja dari penjelasan nikah siri dalam Islam yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang sangat besar utk anda-anda sekalian. Dan bagi anda yang sekiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang mungkin belum anda ketahui.

Mungkin anda akan merasa tertarik utk baca juga hikmah pernikahan menurut Islam, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui hikmah dari pernikahan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi anda utk mencoba kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya berikan pd kesempatan sebelumnya itu utk anda-anda sekalian. Namun bagi anda yg sekiranya merasa sudah mengetahui akan hal tersebut.

Maka anda bisa kembali utk mencoba melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan juga sebelumnya, mungkin saja salah satu dari beberapa pembahasan yg telah saya berikan tersebut akan ada yg sesuai dengan yang dicari oleh anda. Atau mungkin juga anda dpt menunggu update pembahasan terbaru dari saya yg akan terus saya perbarui utk setiap harinya, maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk kembali mengunjungi doaharian.info lain waktu.

Save

Advertisement