Apakah Tanda Tanda Hari Kiamat Menurut Islam Lengkap

Advertisement

Tanda Tanda Hari Kiamat Menurut Islam | Hari kiamat adalah hari akhir untuk seluruh umat ciptaan Allah SWT, nama lain dari hari kiamat adalah Yaum Al Qiyamah. Dan kiamat sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kiamat kecil dan kiamat besar. Adapun untuk kiamat kecil atau kiamat shugra adalah matinya seorang manusia dan bisa juga terjadi sebuah bencana alam, sedangkan untuk kiamat besar atau kiamat kubro adalah hancurnya serta diakhirinya semua fisik serta hukum didunia.

Adapun untuk tanda tanda kiamat itu sendiri sangatlah banyak, terdapat sampai 100 tanda yg telah dijelaskan didalam sunnah ataupun Al Qur’an mengenai datangnya hari kiamat tersebut. Eskatologi islam berkatian dgn kiamat atau Qiyamah, akhir dunia, serta penghakiman terakhir umat manusia. Eskatologi ini sendiri adalah salah satu dari ke enam rukun iman didalam islam. Islam mengajarkan kebangkitan tubuh orang yang meninggal, penggenapan rencana ilahi utk penciptaan, serta keabadian jiwa manusia.

Untuk orang – orang yang beriman akan diganjar dgn kesenangan Jannah atau surga, sedangkan untuk orang – orang yg tidak beriman atau jahat akan dihukum kedalam neraka. Didalam Al Qur’an telah banyak sekali membahas keyakinan ini, ditambah dengan adanya hadits – hadits yang menjelaskan tema-temanya serta rinciannya. Adapun pada kesempatan hari ini, saya ingin memberikan penjelasan mengenai tanda tanda hari kiamat kepada anda-anda sekalian.

Dan untuk tanda tanda kiamat yang akan saya bahas hari ini adalah tanda tanda kiamat kecil dan juga tanda tanda kiamat besar, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja tanda tanda hari kiamat besar dan kecil tersebut. Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu penjelasan mengenai tanda tanda hari kiamat yang pada kesempatan hari ini saya akan berikan kepada anda.

Dengan anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai tanda tanda hari kiamat besar ataupun tanda tanda hari kiamat kecil, maka anda akan bisa melihat atau mengeahui bagaimana kondisi lingkungan anda. Apakah dilingkungan anda sendiri sudah menunjukan tanda tanda kiamat tersebut. Untuk anda yg sekiranya merasa ingin mengetahui secara lengkap pembahasan mengenai tanda tanda kiamat menurut islam secara lengkap, silahkan bagi anda utk melihat selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

gambar tanda tanda hari kiamat
Tanda Tanda Hari Kiamat Besar Menurut Islam

  1. Matahari akan terbit dari arah barat, mendandai telah ditutupnya pintu tobat dan orang – orang kafir tidak dapat berbalik lagi setelah titik tersebut. Dikatakan jika matahari itu akan terbenam serta tidak akan terbit lagi selama tiga hari sampai matahari akan terbit dari sebelah barat.
  2. Munculnya Anti Kristus (Dajjal), dan menipu mayoritas umat manusia utk mengikuti serta menyembahnya. Kelak dia akan dibunuh oleh Isa Almasih di gerbang Lod, Palestina.
  3. Turunnya Nabi Isa pada menara putih di kota damsyik serta berdoa dibelakang Imam Mahdi. Pada waktunya dia akan membunuh seekor babi, mematahkan salib, serta membunuh orang – orang yg kafir.
  4. Dilepaskannya Ya’juj dan Ma’juj, hal tersebut menyebabkan bala kelaparan serta bencana dunia dan akhirnya menembakkan sebuah anak panah di langit utk memperlihatkan bangsa – bangsa jika Allah SWT dpt dibunuh, anak panah tersebut kemudian jatuh dgn ujung yg berlumur darah sehingga menyebabkan orang – orang mukin yg lemah percaya akan hal tersbeut dan takluk kpd Ya’juj serta Ma’juj.
  5. Seorang laki-laki akan muncul di Madinah serta diminat oleh para ulamanya utk berpindah ke Mekkah. Disana dia akan dinyatakan menjadi khalifah serta disebut sebagai Imam Mahdi dan akan memerintah sebagai khlaifah terakhir islam yg memimpin umat manusia masuk zaman kemakmuran yg tak pernah terlihat atau terdengar sebelumnya. Dan dia juga akan meluruskan semua sekte islam menjadi islam yg sejati.
  6. Terjadinya perang besar antara umat muslim dgn orang yahudi di palestina yg menyebabkan kekalahan total untuk orang – orang yahudi.
  7. Kematian Isa Almasih serta diikuti atau didahului oleh Imam Mahdi. Dan hari penghakiman itu akan terjadi 60 tahun setelah naiknya Isa Almasih ke surga.
  8. Munculnya Dabbat Al-Ard, seekor binatang yg aneh rupanya dari sebuah gunung didaerah Mekkah, yg memiliki cincin Nabi Sulaiman serta tongkat Nabi Musa. Dabbat Al-Ard ini akan mencap manusia sebagai orang kafir ataupun mukmin.
  9. Terjadi serangan terhadap kota Mekkah, akan tetapi pasukan yang menyerang tersebut akan tenggelam di padang pasir sebelum dapat mencapai kota Mekkah.
  10. Berhembus angin lembut yg akan mengambil semua jiwa orang muslim serta hanya meninggalkan orang – orang yg kafir dimuka bumi.

Tanda Tanda Hari Kiamat Kecil Menurut Islam

  1. Munculnya Nabi Muhammad serta wafatnya (hal ini sudah terjadi, kelahiran Muhammad sendiri dipahami menjadi tanda dari hari penghakiman)
  2. Waktu itu akan berlalu lebih cepat.
  3. Perang serta pembunuhan menjadi hal yang lazim diantara manusia.
  4. Merebaknya penipuan, pencurian, dan juga skandal diantara manusia.
  5. Merebaknya perzinaan.
  6. Banyak muncul bangunan – bangunan besar.
  7. Minuman – minuman beralkohol menjadi populer dikalangan manusia, hingga namanya diubah menjadi anggur, bir, tuak, arak, dan masih banyak lagi lainnya.
  8. Padang gurun di Arab berubah menjadi hijau.
  9. Penggembala kambing serta orang – orang yg tak beralas kaki mulai berlomba – lomba untuk membangun gedung yg tinggi.
  10. Bangunan yg lebih tinggi dari padang gunung di Mekkah mulai dibangun di Mekkah.
  11. Invasi orang – orang yg berkulit putih dgn mata sipit serta berwajah lebar seperti tameng srta memakai sandal bulu atas umat islam dan
  12. kemudian mereka itu akan diidentifikasi sebagai bangsa Turk.

Sekiranya hanya itu saja dulu untuk penjelasan mengenai Apakah Tanda Tanda Hari Kiamat Menurut Islam, semoga saja dari penjelasan mengenai tanda tanda hari kiamat yang baru saja saya jelaskan diatas tadi itu lebih membuat keimanan anda menjadi meningkat. Karena kita semua tahu jika kematian itu sendiri merupakan rahasia Allah SWT, dan kita tidak tahu kapan nyawa kita ini akan kembali kepada-Nya. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kita mencoba untuk lebih meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Bagi anda yg sekiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yg pada kesempatan sebelumnya sudah pernah disajikan, mungkin anda akan merasa tertarik untuk baca juga fungsi taqwa dalam kehidupan. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja fungsi taqwa tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu.

Atau untuk anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka saya akan meyarankan kpd anda agar kembali mencoba utk melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg pada kesempatan sebelumnya sudah banyak saya sajikan. Mungkin saja salah dari sejumlah pembahasan yg sudah pernah saya berikan tersebut akan ada yg sesuai dengan yg dicari – cari oleh anda-anda sekalian semuanya.

Advertisement