Inilah Tata Cara Memandikan Jenazah Secara Lengkap

Advertisement

Tata Cara Memandikan Jenazah Secara Lengkap | Hukum memandikan jenazah adalah fardhu kifayah, dimana seorang muslim wajib untuk memandikan sesama umat muslim yg telah meninggal dunia. Namun apabila sudah ada seseorang yg memandikan orang meninggal tersebut, maka kewajiban muslim lainnya menjadi gugur. Sebuah riwayat dari Ibnu Abbas, jika Rasululla SAW bersabda :”Mengenai seseorang yg jatuh dari kendaraannya, kemudian meninggal. Mandikanlah dia dengan air dan adun bidara.” (HR. Muslim dan Bukhari)

Syarat memandikan jenazah itu sendiri diantaranya adalah orang yg berakal, sudah baligh, muslim, membaca doa memandikan jenazah, dan seorang yg sholih, jujur, serta dpt dipercaya. Dan apabila orang yg meninggal itu laki laki, maka diutamakan bagi keluarga laki-laki yg memandikan. Namun jika dari pihak keluarga tidak ada yg dpt memandikan, maka dapat diwakilkan oleh laki-laki dari pihak lainnya. Dan apabila tidak ada pihak laki-laki lainnya yang dpt memandikan, maka dpt dimandikan oleh istrinya atau mahram-mahramnya yg lain.

Sedangkan apabila orang yg meninggal itu perempuan, maka diutamakan yg berhak untuk memandikan adalah pihak keluarga. Dan apabila dari pihak keluarga tidak ada yg dpt memandikan, maka dapat digantikan oleh perempuan pihak lain yg bukan keluarga. Dan apabila tidak ada perempuan dari pihak lain yg dpt memandikan jenazah, maka suaminya sendiri dapat memandikannya atau mahram-maharamnya yang lain.

Dan apabila orang yg meninggal tersebut adalah perempuan, kemudian ia tidak memiliki suami lalu semua penduduk yg ada didaerah tersebut semuanya adalah laki-laki. Maka jenazah wanita tersebut tidak diwajibkan untuk dimandikan. Akan tetapi jenazah tersebut dpt ditayamumkan dengan lapis tangan, dimana sesuai dengan sabda Nabi SAW berikut :”Jika seorang perempuan meninggal dilingkukan laki-laki atau jenazah laki-laki meninggal dilingkungan perempuan serta tiada laki-laki selainnya. Maka hendaklah mayat-mayat tersebut ditayamumkan, kemudian dimakamkan. Keduanya itu sama halnya dgn orang yg tidak mendapatkan air.” (HR. Abu Dawud dan Al Baihaqi)
tata cara memandikan jenazah
Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin memberikan bagaimana cara memandikan jenazah kepada anda-anda sekalian. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui bagaimana tata cara memandikan jenazah. Oleh karena itu, utk anda-anda sekalian yg sekiranya sekarang ini masih belum mengetahui cara memandikan jenazah, tidak ada salahnya apabila anda melihat terlebih dulu pembahasan mengenai tata cara memandikan jenazah yg dikesempatan ini akan saya berikan.

Dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan mengenai tata cara memandikan jenazah yg akan saya berikan utk hari ini, maka anda akan mengetahui bagaimana cara memandikan jenazah tersebut yg benar. Untuk anda-anda sekalian ini yg sekiranya sudah ingin mengetahui bagaimana tata cara memandikan jenazah lengkap, maka mari kita bersama-sama melihat tata cara memandikan jenazah tersebut dibawah ini.

Advertisement

Inilah Tata Cara Memandikan Jenazah

Beberapa perlengkapan memandikan jenazah yg harus anda persiapkan terlebih dulu diantaranya adalah

  • Tempat mandi
  • Air yang bersih
  • Sabun mandi
  • Sarung tangan
  • Kapas
  • Air kapur barus

Untuk tata cara memandikan jenazah secara lengkapnya adalah sebagai berikut.

  1. Meletakan jenazah pada tempat mandi yg telah disediakan, lalu istinjakan jenazah terlebih dulu.
  2. Lalu bersihkan bagian lubang telinga, lubang hidung, gigi, celah pada ketiaknya, celah pada jari tangan dan kaki, lalu rambutnya.
  3. Mengeluarkan sisa kotoran dalam perut dgn cara menekan perutnya dengan perlahan-lahan.
  4. Setelah itu siram ataupun basuh jenazah dengan air sabun.
  5. Berikutnya siram kembali dengan air yg bersih sembari membaca doa memandikan jenazah.
  6. Siram dengan air bersih dari ujung kepala sampai dengan kaki sebanyak 3 kali.
  7. Kemudian siram bagian kanan jenazah sebanyak 3 kali, lalu bagian kiri juga 3 kali.
  8. Setelah itu miringkan jenazah ke sebelah kiri, dan basuh bagian lambung sebelah kanan belakang. Dan lakukan sebaliknya.
  9. Siram kembali dgn air bersih dari ujung kepala sampai dgn kaki.
  10. Setelah selesai, siram dgn air kapur barus.
  11. Lalu jenzah diwudhukan, dengan membaca niat wudhu untuk jenazah laki-laki atau perempuan.

Kiranya hanya itu saja untuk pembahasan mengenai Inilah Tata Cara Memandikan Jenazah Secara Lengkap yg hari ini saya dpt berikan kpd anda-anda sekalian, semoga saja dari pembahasan mengenai cara memandikan jenazah yg baru saja saya sajikan diatas tadi itu dpt memberikan tambahan pengetahuan kepada anda-anda sekalian. Dan untuk anda yg kiranya ingin kembali mengetahui pembahasan lainnya selain cara memandikan jenazah.

Maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk baca juga doa ziarah kubur, dimana beberapa waktu yg lalu itu saya telah memberikan bacaan doa tersebut. Dan siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui bagaimana bacaan doa ziarah kubur tersebut, oleh karena itu tidak ada salahnya bukan bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu.

Atau untuk anda yg kiranya mungkin merasa ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yg sekarang ini belum anda ketahui, maka silahkan saja untuk melihat-lihat sendiri beberapa pembahasan lainnya dari saya. Mungkin saja salah satu dari sekian banyak pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan apa yg sedang dicari oleh anda-anda sekalian.

Advertisement