Bagaimana Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban dan Doanya

Advertisement

Bagaimana Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban | Seperti yg pastinya sudah anda ketahui, jika qurban merupakan salah satu ibadah yg dilakukan oleh umat islam dengan cara menyembelih hewan ternak. Dan ibadah ini biasanya dilakukan pada saat bulan dzulhijjah atau bertepatan dengan hari raya idul adha atau dikenal pula dengan sebutan lebaran haji. Karena memang pada saat bulan tersebut juga dilangsungkannya ibadah haji di tanah suci Makkah.

Latar belakang ibadah qurban sendiri itu terjadi karena adanya dua peristiwa, yakni peristiwa Habil serta Qabil yg merupakan putra dari Nabi Adam alaihis salam yg telah diterangkan dalam Al Qur’an surat Al Maaidah ayat 27, serta peristiwa ketika Nabi Ibrahim yg akan mengorbankan putranya yaitu Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT yg telah diterangkan didalam Al Qur’an surat Ash Shaaffaat ayat 102 sampai 107.

Dan didalam menjalankan ibadah itu, pastinya terdapat tata cara ibadah yg sesuai dengan apa yg telah diajarkan. Sama seperti halnya dengan menyembelih hewan qurban, dimana terdapat tata cara menyembelih hewan qurban sesuai sunnah yg telah diajarkan. Bagi anda yg sekiranya ingin memotong hewan qurban, namun anda belum mengetahui tata cara menyembelih hewan qurban itu sendiri yang benar.

Maka alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu pembahasan mengenai tata cara menyembelih hewan qurban yg pada kesempatan ini akan coba saya berikan kepada anda. Sehingga untuk anda yg ingin menyembelih hewan qurban namun anda belum mengetahui tata cara menyembelih hewan qurban sesuai sunnah, anda akan mengetahui bagaimana tata cara menyembelih hewan qurban tersebut.
tata cara menyembelih hewan qurban
Karena jika tata cara menyembelih hewan qurban yg kita lakukan itu tidak sesuai dengan sunnah, maka ibadah qurban yg kita lakukan tersebut dpt tidak sah melainkan akan menjadi ibadah sedekah biasa. Maka dari itu untuk anda-anda sekalian yg sekiraya ingin menyembelih hewan qurban harus mengetahui bagaimana tata cara menyembelih hewan qurban yg baik dan benar, agar ibadah qurban yg dilakukan itu dapat sah dan diterima Allah SWT.

Untuk anda yg sekiranya mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap mengenai pembahasan tata cara menyembelih hewan qurban yg akan saya sajikan untuk anda-anda sekalian hari ini, maka silahkan saja bagi anda untuk melihat secara lengkap pembahasan tata cara menyembelih hewan qurban tersebut bersama-sama dengan saya dibawah ini.

Advertisement

Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban dan Doanya

1. Gunakan pisau yg tajam, semakin tajam pisaunya maka semakin baik. Sebuah hadits Syaddad bin Aus R.A. Rasulullah SAW bersabda:”Sesungguhnya Allah mewajibkan melakukan ihsan dlm segala macam hal. Apabila kalian membunuh, maka bunuhlah secara ihsan, dan jika kalian menyembelih, maka sembelihlah secara ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisau serta menyenangkan sembelihannya.” (HR. Muslim)

2. Sebaiknya tidak mengasah pisau yg akan digunakan utk menyembelih itu dihadapan hewan yg akan disembelih. hal ini dpt membuat hewan yg akan disembelih itu merasa takut. Hadits Ibnu Umar R.A. yg mengatakan :”Rasulullah SAW memerintahkan agar mengasah pisau tanpa memperlihatkan kpd hewan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

3. Menghadapkan hewan ke arah kiblat.

4. Membaringkan hewan qurban diatas lambung sisi sebelah kiri.

5. Menginjak leher hewan yg akan disembelih dengan kaki.

6. Membaca basmalah dan membaca doa menyembelih hewan qurban.

7. Membaca kalimat Takbir.

8. Menyembelih hewan qurban dengan cepat agar meringankan apa yg sedang dialami hewan qurban.

9. Memastikan jika bagian kerongkongan atau urat dua leher itu sudah terpotong dgn pasti.

10. Dilarang mematahkan leher sebelum hewan qurban itu benar-benar telah mati.

Dan demikian lah itu pembahasan mengenai Bagaimana Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban dan Doanya yg sekiranya saya dpt sajikan utk anda-anda sekalian semuanya, mudah-mudahan saja dari pembahasan tentang tata cara menyembelih hewan qurban yg baru saja saya sajikan kpd anda diatas tadi itu bisa memberikan tambahan ilmu kepada anda-anda sekalian. Dan bagi anda yg merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lain yg sekiranya sekarang ini belum anda ketahui.

Maka saya mencoba memberikan saran kepada anda untuk baca juga keutamaan bulan safar, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja keutamaan pada bulan safar tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yg pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya sajikan untuk anda-anda sekalian semuanya.

Namun jika anda merasa sudah mengetahui keutamaan dari pada bulan safar tersebut, maka silahkan saja bagi anda utk kembali mencoba lagi melihat-lihat beberapa pembahasan lain dari saya yg sudah pernah diberikan. Karena saya sudah banyak memberikan pembahasan yg mungkin saja salah satu diantaranya itu akan ada yg sesuai dengan yg sedang dicar-cari anda. Atau mungkin juga anda dapat menunggu update pembahasan terbaru dari saya yg akan terus diperbarui setiap harinya.

Advertisement