Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban Yang Benar

Advertisement

Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban Yang Benar – Tidak terasa sebentar lagi kita melaksanakan ibadah kurban, dimana ibadah kurban ini dilakukan setiap tanggal 10 Dzulhijjah pada penanggalan hijriyah. Hukum dari menjalankan ibadah kurban itu sendiri ada yang mengatakan wajib dan adapula yang mengatakan sunnah, namun semua ulama menyepakati jika orang-orang yang mampu terutama umat muslim, maka mereka wajib untuk melaksanakan ibadah kurban.

Sebagai salah satu bentuk rasa syukur kita atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT terhadap kita selama ini, selain itu anda juga bisa mendapatkan manfaat kurban bagi diri sendiri. Oleh karena itu, hukum berkurban akan menjadi wajib bagi seseorang yang telah mampu, sama seperti hukum haji yang akan menjadi wajib kepada orang – orang yang sudah mampu. Baik itu dari sisi harta ataupun mental dari orang itu sendiri didalam menjalani ibadah tersebut.
tata cara pemotongan hewan kurban
Dan untuk anda yang ingin melakukan ibadah kurban, akan lebih afdol apabila anda melakukan penyembelihan sendiri. Karena memang lebih diutamakan bagi mereka yang berkurban itu memotong sendiri hewan yang dikurbankan. Namun anda juga harus mengetahui tata cara dari pemotongan hewan kurban itu sendiri, agar hewan yang anda kurban kan itu dapat sah dimata Allah. Sedangkan untuk anda yang ingin memotong sendiri hewan yang akan anda kurban tersebut.

Namun anda masih belum mengetahui bagaimana tata cara pemotongan hewan kurban tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda melihat terlebih dulu tata cara menyembelih hewan kurban yang akan coba kami sajikan untuk sekarang ini. Dengan anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai tata cara menyembelih hewan kurban tersebut, maka anda akan mengetahui bagaimana tata cara pemotongan hewan kurban yang benar dan supaya hewan kurban kita sah dimata Allah SWT.

Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban

  • Menajamkan atau mengasah pisau yang akan digunakan untuk memotong hewan kurban, dan memperlakukannya secara baik.
  • Tidak memperlihatkan pisau yang akan digunakan memotong kepada hewan kurban.
  • Menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat.
  • Membaringkan hewan yang akan dikurbankan pada bagian lambung sebelah kiri atas.
  • Menginjakan kaki pada bagian leher hewan kurban.
  • Membaca basmalah dan dilanjutkan dengan membaca takbir.
  • Membacakan nama orang yang akan menjadi tujuan hewan kurban tersebut.
  • Menyembelih dengan cepat supaya mengurangi penderitaan dari hewan kurban.
  • Memastikan apabila bagian dari kerongkongan, dua urat leher dan juga tenggorokan sudah terpotong.
  • Tidak dianjurkan untuk mematahkan lehernya sebelum hewan tersebut benar-benar sudah mati.

Dan kiranya hanya itu saja yang dapat kami berikan mengenai pembahasan Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban Yang Benar, semoga dari apa yang baru saja kami berikan hari ini dapat memberikan banyak manfaat. Dan untuk anda yang kiranya masih ingin mencari beberapa artikel yang berhubungan dengan agama islam, entah itu tentang doa-doa ataupun hukum-hukum yang berhubungan dengan islam. Maka dari itu ada baiknya anda sering-sering berkunjung ke situs kami setiap harinya.

Siapa tahu saja salah satu dari beberapa pembahasan yang sebelumnya kami sudah pernah berikan tersebut akan ada yang sesuai dengan pembahasan yang memang anda sedang cari – cari. Atau untuk anda yang mungkin merasa masih belum menemukan pembahasan yang sesuai dari beberapa pembahasan yang sudah pernah kami berikan, maka kami coba menyarankan kepada anda supaya anda mencoba lagi mengunjungi lagi situs kami ini beberapa waktu yang akan mendatang.

Advertisement

Supaya anda bisa mendapatkan update pembahasan terbaru yang akan coba terus kami berikan untuk setiap harinya, mungkin saja dari update pembahasan yang akan coba terus kami berikan setiap harinya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yang anda sedang cari – cari.

Save

Save

Advertisement