Bacaan dan Tata Cara Shalat Awwabin Secara Lengkap

Advertisement

Tata Cara Shalat Awwabin Secara Lengkap | Pengertian shalat awwabin adalah salah satu dari beberapa shalat sunnah yg berasal dari bahasa arab yg memiliki makna orang yg sering bertaubat. Terdapat perbedaan pendapat diantara para ulama akan shalat sunnah awwabin ini, ada yg mengatakan jika waktu shalat awwabin adalah antara waktu shalat maghrib dan isya. Namun ada pula yg memiliki pendapat jika shalat awwabin merupakan nama lain dari shalat dhuha.

Adapun untuk hadits shalat awwabin sendiri diantaranya adalah “Shalatnya orang – orang awwabin yg sering bertaubat kpd Allah SWT adalah ketika anak unta merasa kepanasan.” (HR. Muslim) dan ada pula riwayat dari Zaid bin Arqam R.A. yg mengatakan :”Nabi Muhammad SAW keluar ke pondok Quba dan mereka sedang shalat dhuha. Beliau bersabda :”Shalat awwabin (dhuha) berakhir hingga panas menyengat atau tengah hari.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi)

Bagi anda yg sekiranya ingin mengerjakan shalat sunnah awwabin, namun anda belum mengetahui tata cara shalat awwabin tersebut. Maka sekarang ini anda sedang berada pada temmpat yg sangat tepat sekali, karena pd kesempatan sekarang ini saya ingin mencoba memberikan pembahasan mengenai tata cara shalat awwabin kepada anda-anda sekalian. Sehingga untuk anda yg belum mengetahui tata cara shalat awwabin, maka anda akan mengetahui tata cara shalat awwabin tersebut.

Selain memberikan tata cara shalat awwabin, saya juga akan memberikan beberapa bacaan shalat awwabin yg sebaiknya anda bacakan. Sehingga anda-anda sekalian ini bukan saja akan mengetahui tata cara shalat awwabin, namun anda juga akan mengetahui bacaan shalat awwabin. Untuk anda yg mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana tata cara shalat awwabin tersebut secara lengkap, silahkan saja bagi anda untuk langsung melihat selengkapnya dibawah ini.

tata cara shalat awwabin

Advertisement

Bacaan dan Tata Cara Shalat Awwabin

Tata cara shalat awwabin kurang lebih sama dengan tata cara shalat pada umumnya, dimana kita membaca niat shalat awwabin terlebih dulu. Jika anda belum mengetahui bacaan niat shalat awwabin, maka anda dapat melihat bacaan niat shalat awwabin tersebut dibawah ini.
niat shalat awwabin
Dan setelah membaca niat shalat awwabin, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah. Setelah selesai membaca surat Al Fatihah pada rakaat yg pertama, kemudian dilanjutkan dgn membaca surat Al Ikhlas sebanyak 6 kali dan surat Al Falaq serta An Nas satu kali. Demikian pula pada rakaat yg kedua. Dan setelah selesai mengerjakan shalat sunnah awwabin sebanyak dua rakaat, maka dilanjutkan kembali dengan mengerjakan shalat sunnah awwabin kembali sebanyak dua rakaat, dan untuk bacaan suratannya bisa anda baca sesuai dgn yg sudah anda hafal.

Kiranya hanya itu saja untuk Bacaan dan Tata Cara Shalat Awwabin Secara Lengkap yg pada kesempatan ini dpt saya sajikan kpd anda – anda sekalian, semoga saja dari tata cara shalat awwabin yg baru saja saya sajikan diatas tadi itu dpt memberikan banyak sekali manfaat untuk anda-anda sekalian. Dan apabila sekiranya bagi anda masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan.

Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk baca juga keutamaan shalat dhuha, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja keutamaan shalat sunnah dhuha. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yg telah saya berikan pada kesempatan sebelumnya itu, mungkin saja pembahasan tersebut akan dpt membantu anda-anda sekalian.

Dan bagi anda yg sekiranya sudah mengetahui pembahasan mengenai keutamaan shalat dhuha tersebut, maka sebaiknya jika anda mencoba untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya dari saya yg sudah pernah diberikan. Barang kali saja salah satu dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya berikan itu akan ada yg cocok dengan yg sedang dicari-cari oleh anda, atau mungkin anda ingin menunggu update pembahasan terbaru dari saya selanjutnya.

Advertisement