Bagaimana Tata Cara Shalat Gerhana Matahari dan Bulan Lengkap

Advertisement

Tata Cara Shalat Gerhana Matahari dan Bulan | Shalat gerhana adalah shalat yg dikerjakan ketika sedang terjadi gerhana matahari atau bulan. Dan shalat gerhana matahari disebut pula dengan shalat kusuf, sedangkan untuk shalat gerhana bulan disebut pula dengan shalat khusuf. Adapun beberapa hadist yg menjelaskan tentang shalat gerhana diantaranya adalah hadits yg diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yg bunyinya sebagai berikut.

“Telah terjadi gerhana matahari pd hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah SAW. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana matahari karena wafatnya Ibrahim. Maka Rasulullah SAW kemudian bersabda:”Bahwasannya matahari dan bulan adl dua tanda dari tanda kebesaran Allah. Allah SWT mempertakutkan hamba-hamba-Nya dgn keduanya. Gerhana matahari bukanlah karena matinya seseorang ataupun lahirnya. Maka apabila kamu melihat yg demikian, maka hendaklah kami shalat dan berdoa sehingga selesai gerhana.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sebuah hadits dari Abu Mas’ud R.A. Ia berkata:”Rasulullah SAW telah bersabda: Sesungguhnya matahari dan bulan tidak gerhana karena kematian seseorang, akan tetapi keduanya adl dua tanda kebesaran Allah SWT. Apabila kamu melihat gerhana keduanya, maka berdiriliah dan kerjakan shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)
tata cara shalat gerhana
Selain itu, terdapat pula riwayat dari Aisyah, bahwa pernah terjadi sebuah gerhana pd masa Rasulullah SAW, maka Beliau lalu menyuruh orang menyerukan “Ash Salatu Jami’ah”. Kemudian Beliau maju, lalu mengerjakan shalat empat kali rukuk dlm dua rakaat dan empat kali sujud.

Dan bagi anda yg sekiranya ingin mengerjakan shalat gerhana, namun anda belum mengetahui tata cara shalat gerhana. Maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yg sangat tepat, karena untuk hari ini saya ingin memberikan kpd anda penjelasan mengenai tata cara shalat gerhana kepada anda-anda sekalian. Sehingga untuk anda yg sekarang ini masih belum tahu tata cara shalat gerhana, maka anda dapat melihat tata cara shalat gerhana tersebut secara lengkap pada pembahasan yg akan saya sajikan hari ini.

Untuk anda yg sekiranya sekarang ini mungkin sudah ingin mengetahui bagaimana tata cara shalat gerhana secara lengkap dan jelas, maka mari kita melihat bersama-sama pembahasan mengenai tata cara shalat gerhana tersebut secara lengkap dibawah ini.

Advertisement

Bagaimana Tata Cara Shalat Gerhana

  • Pastikan jika terjadi gerhana matahari atau bulan terlebih dulu, karena shalat gerhana dilakukan ketika terjadinya gerhana.
  • Sebelum mengerjakan shalat, para jamaah dpt diingatkan terlebih dulu dengan kalimat :Ash Salatu Jaami’ah”.
  • Shalat gerhana sendiri dikerjakan sebanyak dua rakaat, dan untuk setiap rakaatnya dikerjakan dengan dua kali rukuk dan juga sujud.
  • Dan setelah selesai melakukan rukuk yg pertama, kembali kita membaca surat Al Fatihah.
  • Untuk bacaan suratnya, alangkah baiknya jika suratan yg pertama dibaca itu lebih panjang dari suratan yg dibaca kedua. Semisal untuk bacaan
  • surat yg pertama adalah surat Yasin dan yg kedua adalah Surat Ar Rahman.
  • Dan setelah selesai mengerjakan shalat gerhana, disunahkan dilanjutkan dengan khutbah.

Demikian itu utk sedikit penjelasan mengenai Bagaimana Tata Cara Shalat Gerhana Matahari dan Bulan Lengkap, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai tata cara shalat gerhana yg baru saja saya sampaikan kepada anda diatas tadi itu dpt membantu anda-anda sekalian. Dan bagi anda yg kiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa penjelasan atau pembahasan lainnya yang berhubungan dengan shalat ataupun yg lainnya.

Maka saya menyarankan kpd anda untuk mencoba melihat juga niat shalat gerhana, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui bagaimana bacaan niat shalat gerhana tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat kembali pembahasan mengenai shalat gerhana yg sudah pernah saya sajikan kpd anda-anda sekalian sebelumnya itu. Mungkin saja pembahasan tersebut akan membantu anda.

Namun utk anda yg sekiranya merasa kurang tertarik atau mungkin juga sudah mengetahui bacaan niat shalat gerhana tersebut, maka sebaiknya jika anda mencoba untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya dari saya. Atau mungkin juga anda dapat mencoba untuk menunggu udpate pembahasan terbaru dari saya yg akan coba terus saya perbarui untuk setiap harinya hanya untuk anda-anda sekalian.

Advertisement