Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Jamak Taqdim Ta’khir

Advertisement

Tata Cara Shalat Jamak Taqdim Ta’khir | Shalat jamak adalah shalat yg dikerjakan dgn cara mengumpulkan dua shalat wajib dlm satu waktu, seperti contohnya adalah shalat dzuhur dgn ashar serta shalat maghrib dgn isya khusus bagi orang-orang yg sedang dalam perjalanan atau safar. Atau dapat pula disebut dengan sebutkan shalat safar. Sedangkan untuk pasangan shalat yg dpt dijamak itu sendiri adalah shalat dzuhur dgn ashar serta shalat maghrib dgn isya.

Dan shalat jamak itu sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu shalat jamak taqdim dan shalat jamak ta’khir. Shalat jamak taqdim adalah penggabungan waktu dua shalat dgn cara memajukan shalat yg belum masuk waktunya kedalam shalat yg telah masuk waktunya. Seperti contohnya ialah penggabungan dalam pelaksanaan shalat ashar dgn shalat dzuhur yg dikerjakan pada saat dzuhur ataupun shalat isya dan maghrib yg dikerjakan pada waktu shalat maghrib.

Sedangkan untuk jamak ta’khir adalah pengganbungan dua waktu shalat wajib yg dilakukan dengan cara mengundurkan waktu shalat yg sudah masuk kedalam waktu shalat berikutnya. Seperti contohnya ialah penggabungan shalat dzuhur dgn shalat ashar yg dikerjakan pada waktu shalat ashar, atau bisa juga penggabungan shalat maghrib dan shalat isya yg dikerjakan pada waktu shalat isya.
tata cara shalat jamak
Untuk syarat shalat jamak sendiri adalah tertib, ketika seorang musafir ingin mengerjakan shalat jamak taqdim, maka shalat yg lebih dulu dikerjakan ialah shalat yg sedang masuk waktu shalatnya. Seperti contohnya anda ingin mengerjakan shalat jamak taqdim maghrib dan isya, maka anda harus mengerjakan shalat maghrib terlebih dulu. Syarat berikutnya adalah membaca niat shalat jamak pada waktu shalat yg pertama. Syarat berikutnya adalah Muwalah atau bersegera, dalam pengerjaan kedua shalat tersebut tidak memiliki jeda. Syarat shalat jamak terakhir adalah masih bersifat musafir sampai dgn selesainya shalat yg kedua.

Sedangkan untuk syarat jamak ta’khir adalah membaca niat shalat jamak ta’khir pd waktu shalat yg pertama, semisal waktu shalat dzuhur telah tiba atau selesai, maka anda dpt membaca niat akan mengerjakan shalat dzuhur tersebut nanti pada waktu shalat ashar. Dan syarat shalat jamak ta’khir berikutnya adalah sudah masuk waktunya shalat yg kedua, dan dia masih dalam perjalanan.

Bagi anda yg kiranya sekarang ini dalam perjalanan, maka alangkah baiknya jika anda mengerjakan shalat jamak tersebut. Agar anda tidak melewatkan waktu shalat, karena seseorang yg dalam perjalanan pastinya tidak akan selalu mengingat waktu. Dan bagi anda yg kiranya memang ingin mengerjakan shalat jamak tersebut, namun anda belum mengetahui tata cara shalat jamak itu sendiri. Maka anda harus melihat terlebih dulu pembahasan mengenai tata cara shalat jamak yg akan saya hadirkan untuk hari ini.

Advertisement

Sehingga untuk anda-anda yg sekiranya memang belum mengetahui bagaimana tata cara shalat jamak itu, maka anda akan dpt mengetahui bagaimana tata cara shalat jamak tersebut. Dan bagi anda yg mungkin sekarang ini dalam proses perjalanan, maka anda dapat mengerjakan shalat jamak tersebut. Untuk anda yg sekiranya mungkin sudah ingin mengetahui bagaimana tata cara shalat jamak tersebut secara lengkap, silahkan bagi anda utk langsung melihat pembahasan tata cara shalat jamak dari saya berikut ini.

Niat dan Tata Cara Shalat Jamak Taqdim Ta’khir

Tata cara shalat jamak taqdim ialah membaca niat shalat jamak terlebih dulu pada waktu shalat yg pertama, misalkan kita akan menjamak shalat dzuhur dan ashar. Maka kita membaca niat shalat jamak pada saat kita mengerjakan shalat dzuhur, setelah selesai mengerjakan shalat dzuhur maka kita langsung mengerjakan shalat ashar. Untuk niat shalat ashar nya membaca niat shalat ashar seperti biasanya saja tanpa perlu niat shalat jamak, meskipun ketika anda ingin menambahkan bacaan niat shalat jamak pada saat akan mengerjakan shalat ashar itu juga diperbolehkan.

Sedangkan untuk tata cara shalat jamak ta’khir adalah membaca niat shalat jamak pada waktu shalat yg pertama kita kerjakan. Semisalkan kita akan mengerjakan shalat jamak ta’khir shalat dzuhur dan ashar pada waktu shalat ashar, maka shalat yg pertama kali kita kerjakan itu membaca niat shalat jamak. Dan utk shalat yg kedua itu bisa membaca niat seperti shalat seperti biasanya. Untuk waktu pengerjakan shalat jamak ta’khir itu sendiri dpt tidak sesuai waktunya atau berurutan, misalkan kita ingin mengerjakan shalat jamak ta’khir shalat dzuhur dan ashar, maka kita dpt mengerjakan shalat dzuhur terlebih dulu kemudian mengerjakan shalat ashar ataupun sebaliknya. Yang terpenting adalah untuk shalat yg pertama kali kita kerjakan itu membaca niat shalat jamak dan tentunya kita masih dalam kondisi  musafir.

Bacaan Niat Shalat Jamak Taqdim dan Ta’khir

Niat Shalat Jamak Taqdim
niat shalat jamak taqdim
Niat Shalat Jamak Ta’khir
niat shalat jamak ta'khir
Kiranya hanya itu saja untuk Niat dan Tata Cara Shalat Jamak Taqdim Ta’khir yg saya dpt berikan kpd anda pada kesempatan ini, mudah-mudahan saja dari pembahasan tata cara shalat jamak yg saya sajikan diatas barusan itu dpt membantu anda-anda sekalian. Dan bagi anda yg sekiranya mungkin ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya sajikan pada kesempatan sebelumnya.

Maka silahkan saja bagi anda untuk kembali baca juga tata cara tayamum, siapa tahu saja anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui bagaimana tata cara tayamum. Maka dari itu tidak ada salahnya bukan jika anda mencoba untuk kembali melihat pembahasan mengenai tata cara tayamum tersebut. Atau untuk anda yg mungkin sudah mengetahui bagaimana tata cara tayamum, maka saya menyarankan kpd anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan lainnya lagi.

Siapa tahu saja anda akan dpt menemukan pembahasan yg memang sesuai atau pas dengan pembahasan yg sedang dicari-cari oleh anda selama ini. Atau mungkin juga anda dpt menunggu update pembahasan terbaru lainnya dari saya yang akan coba terus saya perbarui untuk setiap harinya. Jadi tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali mengunjung situs saya ini beberapa waktu yg akan mendatang.

Advertisement