Tata Cara Shalat Witir dan Bacaannya Yang Benar Lengkap

Advertisement

Tata Cara Shalat Witir | Shalat witir adalah shalat sunnah yg dikerjakan pada saat malam hari selepas waktu shalat isya dan sebelum tiba waktu shalat subuh, dengan jumlah rakaat yg dikerjakan ialah ganjil. Shalat sunnah witir ini dimaksudkan untuk menjadi pemungkas waktu malam utk mengganjilkan shalat-shalat yg genap, oleh karena itu dianjurkannya utk dikerjakan pada waktu akhir malam. Kita juga dapat mengerjakan shalat sunnah witir ini selepas kita mengerjakan shalat sunnah lainnya seperti shalat tarawih ataupun shalat tahajud, karena memang shalat sunnah ini menjadi shalat pamungkas.
tata cara shalat witir
Hukum shalat witir sendiri ialah sunnah muakkad atau sunnah yg diutamakan, hal ini berdasarkan beberapa hadist yg diantaranya adalah hadist dari Abu Ayyub Al Anshaari RA. bahwa Rasulullah SAW bersabda :”Witir adalah hak setiap muslim, barang siapa yg suka berwitir tiga rakaat, hendaknya dia melakukannya. Dan barang siapa yg berwitir satu rakaat, hendaknya dia melakukannya. Selain itu ada pula hadist dari Ubay bin Ka’ab, ia berkata :”Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW membaca dalam shalat witir: Sabbihis marobbikal a’la ( di rakaat pertama), kemudian di rakaat kedua : Qul yaa ayyuhal kaafirun, dan pada rakaat ketiga : Qul huwallaahu ahad, dan Beliau tidak salam kecuali pada rakaat yg terakhir”, (HR. Nasa’i, Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu majah)

Sedangkan untuk keutamaan shalat witir sendiri ialah berdasarkan ada sebauh hadist Kharijah bin Hudzafah Al Adwi, dia menceritakan Rasulullah SAW pernah keluar utk menemui kami, kemudia Beliau bersabda :”Sesungguhnya Allah Ta’ala telah menambahkan kalian dgn satu shalat, yg shalat itu lebih baik utk dirimu dari pada unta yg merah, yaitu shalat witir. Waktu pelaksanaannya Allah berikan kepadamu dari sehabis shalat isya sampai terbit fajar”. Selain itu terdapat pula sebuha hadist yg bunyinya :”Wahai ahli Qur’an lakukanlah shalat witir, sesungguhnya Allah itu witir atau ganjil dan menyukai sesutatu yg ganjil.

Adapun untuk anda yg kiranya belum mengetahui tata cara shalat witir, maka alangkah baiknya apabila anda melihat terlebih dulu pembahasan tentang cara shalat witir yang pada kesempatan hari ini akan saya berikan utk anda. Untuk cara yg akan saya berikan hari ini akan disajikan secara lengkap dengan bacaannya, sehingga anda akan mengetahui cara shalat witir dan bacaannya secara lengkap. Dan utk anda yg kiranya memang sudah tidak sabar ingin mengetahui tata cara shalat witir tersebut, maka mari bersama-sama kita melihat tata cara shalat witir dan bacaannya tersebut dibawah ini.

Tata Cara Shalat Witir dan Bacaannya

  • Tata cara shalat witir sebenarnya sama dengan tata cara shalat pada umumnya, dimana kita membaca niat shalat terlebih dulu. Karena kita akan mengerjakan shalat witir, maka kita membaca niat shalat witir.
  • Cara shalat witir erikutnya kita membaca surat Al Fatihah dan dilanjutkan dgn membaca suratan pendek, untuk bacaan suratan pendek yg sebaiknya dibacakan pada rakaat pertama ialah surat Al A’la. Dan untuk bacaan surat pendek pada rakaat kedua sebaiknya membaca surat Al Kafirun, sedangkan untuk bacaan pada rakaat ketiga sebaiknya membaca surat Al Ikhlas.
  • Setelah selesai kita membaca suratan pendek, maka kita lanjutkan dengan mengerjakan rukuk, i’tidal, sujud, sampai dengan pada rakaat yg terakhir membaca tahiyatul akhir.
  • Dan jangan lupa pula setelah kita selesai mengerjakan shalat witir, kita membaca doa setelah shalat witir seperti pada bacaan dibawah ini.

bacaan doa setelah shalat witir

Dan saya rasa sudah cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Tata Cara Shalat Witir dan Bacaannya Yang Benar Lengkap dari saya utk hari ini, mudah-mudahan saja utk tata cara shalat witir dan bacaannya yang baru saja saya jelaskan tadi diatas itu dapat membantu anda-anda sekalian. Dan apabila anda-anda sekalian mungkin masih merasa ingin mengetahui beberapa bacaan doa lainnya.

Advertisement

Maka silahkan saja bagi anda utk langsung mencoba baca juga doa setelah shalat tahajud, barang kali saja ada diantara anda-anda sekalian ini ada yg belum mengetahui bacaan setelah shalat tersebut. Untuk itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk kembali melihat bacaan doa yg pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya sajikan pula untuk anda-anda sekalian ini.

Namun bagi anda yg sekiranya merasa sudah mengetahui bacaan doa setelah shalat tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba utk kembali melihat-lihat sendiri beberapa bacaan doa lainnya yang sudah pernah juga saya sajikan. Atau mungkin juga anda ingin mencoba utk menunggu update bacaan doa terbaru lainnya yang akan terus saya sajikan utk setiap harinya, utk itu anda bisa kembali mengunjungi situs doaharian.info lain waktu.

Advertisement