Tata Cara Sholat Ghaib Sesuai Sunnah dan Bacaannya

Advertisement

Tata Cara Sholat Ghaib | Sholat Ghaib sendiri merupakan sholat yang dikerjakan pada saat salah satu dari umat muslim atau keluarga kita ada yang meninggal, dan orang yang meninggal itu posisinya berada pada tempat yang jauh. Sehingga orang yang ingin melakukan sholat itu tidak dapat langsung melihat jenzah dari yang meninggal, sehingga dilakukanlah sholat ghaib tersebut. Dan hukum sholat ghaib itu sendiri ialah sunah, dimana apabila kita mengerjakan sholat tersebut akan mendapatkan pahala, dan apabila tidak dikerjakan maka tidak akan berdosa. Dan waktu mengerjakan sholat ghaib itu sendiri dapat kita kerjakan kapan saja, dan dapat dikerjakan secara berjamaah ataupun sendiri.
tata cara sholat ghaib
Manfaat sholat ghaib sendiri ialah bisa mendapatkan pahala bagi yang mengerjakannya sesuai dengan sabda dari Nabi Muhammad SAW yang bunyinya adalah “Barang siapa yg mengiringi jenzah serta turut mensholatkan maka dia akan mendapatkan pahala yg besar 1 Qirath atau Gunung Besar.” HR. Muttafaq’Alaih. Dan untuk anda yang mungkin akan mengerjakan sholat sunah ini namun anda belum mengetahui tata cara mengerjakan sholat sunah tersebut, maka ada baiknya apabila anda melihat terlebih dulu tata cara mengerjakan sholat yang pada kesempata hari ini akan coba saya berikan.

Dengan anda melihat terlebih dulu tata cara mengerjakan sholat tersebut, sehingga ketika ada keluarga ataupun seorang muslim yang meninggal dunia namun posisi jenazahnya ada berada pada tempat yang jauh, maka anda sudah dapat mengerjakan sholat tersebut. Dan untuk anda yang ingin mengetahui secara lengkap tata cara mengerjakan sholat ghaib tersebut, maka mari kita melihat bersama-sama tata cara mengerjakan sholatnya dibawah ini.

Tata Cara Sholat Ghaib Sesuai Sunnah

Cara Sholat ghaib itu sendiri sebenarnya sama seperti kita mengerjakan sholat jenazah, dimana sholat tersebut kita kerjakan dengan empat kali takbir dan membaca doa sholat ghaib sembari berdiri. Untuk urutan bacaan doa sholat ghaib itu sendiri dapat dilihat selengkapnya dibawah ini.

Niat sholat ghoib

  • Takbir Pertama
    Membaca Ta’awudz serta Bismillah, lalu dilanjutkan dgn membaca Surat Al Fatihah.
  • Takbir Ke Dua
    Membaca Shalawat pada bacaan tahiyat, yaitu bacaan shalawat Nabi Muhammad SAW seperti bacaan dibawah ini.
    shalawat nabi muhammad saw
  • Takbir Ke Tiga
    Baca doa utk jenazah, seperti pada bacaan yang ada dibawah ini.
    doa untuk jenazah
  • Takbir Ke Empat
    bacaan sholat ghoib
  • Terakhir Salam

Kiranya hanya itu saja untuk Tata Cara Sholat Ghaib Sesuai Sunnah dan Bacaannya yang saya dapat berikan kepada anda pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja dari apa yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang banyak utk anda-anda sekalian. Dan untuk anda yang mungkin ingin kembali mengetahui beberapa bacaan doa ataupun tata cara sholat lainnya yang mungkin belum anda ketahui, maka ada baiknya jika anda langsung saja melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan pada kesempatan yang sebelumnya.

Advertisement

Barang kali saja anda akan dapat menemukan pembahasan yang sesuai dengan apa yang memang sedang anda cari selama ini. Namun untuk anda yang mungkin belum juga dapat menemukan pembahasan yang sesuai dengan apa yang sedang anda cari-cari, maka ada baiknya jika anda mencoba untuk menunggu udpate bacaan doa ataupun tata cara sholat lainnya yang akan coba terus saya berikan utk setiap harinya. Barang kali saja anda akan dapat menemukan pembahasan seputar bacaan doa ataupun tata cara sholat lainnya yang pas dengan yg memang sedang anda cari-cari selama ini.

Advertisement