Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya Lengkap

Advertisement

Tata Cara Sholat Tahajud | Sholat tahajud atau disebut juga dengan sholat malam adalah sholat sunah yg kita kerjakan di waktu malam hari atau lebih bagusnya dikerjakan pd waktu sepertiga malam setelah kita terbangun dari tidur, apabila kita tidak tidur terlebih dulu sebelum mengerjakan sholat tahajud ini, maka sholat tersebut menjadi sholat hajat ataupun sholat sunah lainnya.

Karena salah satu syarat sahnya sholat tahajud ini ialah kita harus tertidur lebih dahulu, meskipun kita hanya tidur untuk waktu yang sebentar. Jadi untuk anda yg ingin mengerjakan sholat sunah ini, anda harus tidur terlebih dulu kemudian bangun di malam hari untuk mengerjakan sholat tersebut. Dan karena sholat tahajud ini dikerjakan pada malam hari, maka disebut juga dengan sebutan sholat malam.

Adapun hukum sholat tahajud sendiri ialah sunah mu’akad atau sunah yang diperkuat oleh syara’. Pd awalnya, sholat tahajud ini merupakan sholat yang hukumnya wajib, hal tersebut diterangkan dalam surat Al Muzzammil 73:20, namun setelah turun ayat ke 20 didalam surat yg sama, hukum sholat tahajud berubah menjadi sunah. Hal tersebut dikarenakan oleh Allah SWT Yang Maha Adil lalu memberikan keringanan.

Adapun untuk jumlah rakaat sholat tahajud sendiri ialah paling sedikit dpt kita kerjakan dua rakaat, dan paling banyak itu tidak ada batasannya. Sehingga anda – anda sekalian ini dpt mengrjakan sholat sunnah malam ini sebanyak yg anda mampu. Semakin banyak anda mengerjakan sholat malam tersebut, tentunya anda juga akan mendapatkan pahala yg serupa nantinya.

cara sholat tahajud

Advertisement

Keistimewaan sholat tahajud itu sendiri ialah dapat mendatangkan kesehatan, menghilangkan dosa-dosa yg sudah dilakukan saat siang hari, menghindarkan dari sepinya dlm kubur, mengharumkan aroma bau tubuh, menjamin kebutuhan hidup baginya, serta menjadi hiasan surga. Dan keistimewaan lainnya ialah mereka yang mengerjakan sholat sunah tahajud ini bisa mendapatkan keselamatan serta kesenangan baik itu di dunia ataupun di akhirat.

Oleh karena itu banyak orang yang mengerjakan sholat sunah ini. Dan mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg ingin mengerjakan sholat tahajud, namun anda belum mengetahui cara sholat tahajud. Untuk itu ada baiknya jika anda mencoba utk melihat terlebih dulu penjelasan yg akan coba saya berikan kepada anda untuk hari ini, dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan mengenai cara sholat tahajud yg akan saya berikan.

Maka anda akan mengetahui tata cara sholat sunah tersebut. Dan yg sekiranya sudah tidak sabar ingin mengetahui secara lengkap mengenai tata cara sholat tahajud, maka kita bisa melihat bersama-sama pembahasan tersebut secara lengkap yg dapat dilihat dibawah ini. Sehingga bagi anda yg ingin mengerjakan sholat malam tersebut sudah mengetahui cara mengerjakannya.

Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya

Untuk tata cara sholat tahajud sendiri kurang lebih sama dengan cara sholat yg lainnya, dimana kita harus membaca niat sholat terlebih dulu. Dan untuk niat sholat yg kita baca yaitu niat sholat tahajud tentunya, dan setelah itu kita membaca surat Al Fatihah yg dilanjutkan dengan membaca suratan pendek yg sudah anda hafal saja. Berikutnya anda melakukan rukuk, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, dan duduk kembali lalu melanjutkan untuk mengerjakan rakaat yang ke dua. Sampai dengan membaca doa tahiyat akhir.

Dan setelah selesai mengerjakan sholat tahajud ini, maka anda bisa melanjutkan dengan membaca doa setelah sholat tahajud lalu dilanjutkan dengan memanjatkan doa yg sedang anda inginkan atau menjadi hajat anda. Dan dengan ini, pembahasan dari saya mengenai Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya ini telah selesai, semoga saja dari pembahasan cara sholat tahajud yg baru saja saya sampaikan diatas tadi itu bisa memberikan manfaat yg besar untuk anda-anda sekalian. Dan untuk yg merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa bacaan doa lainnya, silahkan saja bagi anda utk langsung melihatnya pada pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya.

Dan apabila anda mungkin masih merasa belum dpt menemukan bacaan doa yg sesuai dengan yg sedang anda cari, maka silahkan bagi anda untuk mengunjungi kembali situs saya beberapa hari kemudian. Siapa tahu saja anda akan dpt menemukan bacaan doa yg sesuai dengan yg sedang anda cari, karena setiap harinya saya akan selalu mencoba mengupdate bacaan doa khusus buat anda. Untuk itu tidak ada salahnya bagi anda jika kembali mengunjungi situs saya setiap harinya, agar anda bisa terus melihat udpate bacaan doa dari saya setiap harinya.

Save

Advertisement