Tata Cara Wudhu Berserta Gambarnya Yang Benar

Advertisement

Tata Cara Wudhu Beserta Gambarnya | Wudhu adalah suatu cara bagi umat muslim untuk menyucikan bagian anggota tubuh dengan sarana air. Dan wudhu ini juga diwajibkan kepada setiap muslim pada saat mengerjakan sholat, baik itu sholat sunah ataupun fardhu. Dan selain menggunakan media air untuk berwudhu, kita juga dapat menggunakan media debu untuk menyucikan diri atau yg dikenal dengan sebutan Tayammum. Sehingga ketika kita mungkin tidak dpt menemukan air, maka kita dpt menggantinya dengan menggunakan debu.

Adapun beberapa jenis air yang diperbolehkan untuk berwudhu diantaranya adalah air sumur, air hujan, air sungai atau laut, air hasil lelehan es batu atau salju, air yang berada dalam kolam atau tangki besar. Sedangkan untuk beberapa jenis air yang tidak diperbolehkan untuk digunakan berwudhu ialah air najis atau tidak bersih, air hasil sari buah, air yg sudah berubah warna, bau, dan juga rasanya karena ada suatu hal yang direndam didalamnya, air yang jumlahnya kurang dari 1000 liter, dan yang terakhir adalah air bekas untuk berwudhu.

Untuk anda yang mungkin sedikit agak lupa dengan cara wudhu, maka ada baiknya apabila anda melihat terlebih dulu tata cara wudhu yang akan saya berikan pada kesempatan hari ini dengan menggunakan gambar cara wudhu secara lengkap. Sehingga bagi anda yang sekiranya lupa atau mungkin belum mengetahui tata cara wudhu yang benar, maka ada baiknya jika anda mengikuti langkah-langkah utk cara wudhu yang akan saya coba berikan untuk anda dibawah ini. Jadi silahkan langsung saja bagi anda untuk melihatnya secara lengkap dibawah ini.

Tata Cara Wudhu Berserta Gambarnya

tata cara wudhu

  1. Tata cara wudhu pertama ialah mencuci tangan sembari membaca kalimat Bismillah lalu dilanjutkan dengan membaca niat wudhu.
  2. Setelah itu berkumur-kumur untuk membersihkan mulut hingga 3 kali.
  3. Berikutnya membersihkan lubang hidung hingga 3 kali.
  4. Lalu mengusap seluruh bagian wajah mulai dari dahi sampai dengan dagu hingga 3 kali.
  5. Selanjutya membersihkan tangan sampai dgn bagian siku sebanyak 3 kali.
  6. Setelah itu membersihkan bagian rambut dan membersihkan telinga sebanyak 3 kali.
  7. Terakhir membersihkan kaki dari bagian ujung kaki sampai dengan mata kaki sebanyak 3 kali pula.
  8. Lantas anda membaca doa sesudah wudhu.

Demikian itu untuk Cara Wudhu Berserta Gambarnya Yang Benar dari saya utk pembahasan hari ini, semoga saja sedikit penjelasan mengenai cara mengambil tata cara wudhu yang baru saja saya bahas diatas tadi itu bisa memberikan manfaat yang besar untuk anda-anda sekalian. Dan apabil anda mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan bacaan doa ataupun tata cara sholat lainnya yang belum anda ketahui, maka ada baiknya jika anda kembali utk melihat-lihat pembahasan yang sudah pernah saya berikan pd kesempatan sebelumnya itu.

Advertisement

Atau bisa pula anda mencoba untuk menunggu update bacaan doa ataupun pembahasan lainnya yang berhubungan dengan agama islam yang akan coba terus saya sajikan untuk setiap harinya. Jadi tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali berkunjung ke situs saya setiap harinya, agar anda bisa selalu mendapatkan udpate seputar tata cara sholat ataupun bacaan – bacaan doa yang barang kali saja anda belum ketahui ataupun lupa akan bacaan doa tersebut.

Advertisement