Tata Cara Ziarah Kubur dan Bacaan Doanya Lengkap

Advertisement

Tata Cara Ziarah Kubur | Ziarah kubur adalah salah satu kegiatan ibadah didalam agama Islam dengan cara mendatangi makam orang yang telah meninggal dengan tujuan untuk membersihkan makam orang yang meninggal dan mendoakan orang yang telah meninggal. Waktu ziarah kubur itu sendiri sebenarnya tidak ditentukan, namun banyak orang yang mengunjungi makam atau ziarah kubur itu ketika akan datang bulan puasa ramadhan dan pada saat selesai sholat idul fitri.

Sehingga untuk anda yang ingin melakukan ziarah kubur, anda dapat melakukannya kpn saja sesuai dengan waktu yang anda miliki. Sedangkan hukum ziarah kubur dalam Islam sendiri tidaklah dilarang, karena ada sabda Rasullah SAW yang bunyinya :”Dulu Aku melarang kalian utk melakukan ziarah kubur, sekarang lakukanlah ziarah kubur karena ziarah kubur dpt mengingatkan kalian akan akhirat.” (HR. Ahmad no. 1236) Dari penjelasan hadist tersebut sudah jelas jika hukum ziarah kubur adalah diperbolehkan.

Keutamaan ziarah kubur itu sendiri ialah dpt mengingatkan kita kepada akhirat, dan hal tersebut pastinya akan membuat keimanan kita menjadi lebih meningkat lagi. Dengan meningkatnya keimanan kita, maka sudah pasti amal ibadah yang kita lakukan akan menjadi lebih baik dan rajin. Dan hal tersebut pastinya akan membuat pahal yang kita dapatkan dari amal ibadah yang kita lakukan akan menjadi lebih banyak dan bisa menjadi salah satu bekal di akhirat nantinya.

Sedangkan untuk anda yang sekiranya ingin melakukan ziarah kubur, namun anda belum mengetahui bagaimana tata cara ziarah kubur, maka alangkah baiknya jika anda melihat terlebih dulu pembahasan yang akan coba saya sajikan kepada anda pada kesempatan hari ini. Dengan anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai tata cara ziarah kubur dari saya ini, maka anda dpt melakukan ziarah kubur dengan baik dan benar.

Dalam penjelasan tata cara ziarah kubur yang saya sajikan hari ini juga akan menyajikan bacaan doa ziarah kubur, sehingga bagi anda yang sekiranya belum mengetahui juga bagaimana bacaan doa ziarah kubur. Anda akan mengetahui bacaan doa tersebut pada pembahasan yang akan saya sajikan kepada anda hari ini. Bagi anda yang sudah ingin mengetahui pembahasan yang akan saya sajikan hari ini secara lengkap, maka kita bisa langsung saja melihat pembahasan tersebut dibawah ini.

Advertisement

Tata Cara Ziarah Kubur dan Bacaan Doanya

Sebelum kita pergi ke makam, alangkah baiknya jika kita mensucikan diri kita terlebih dulu dengan berwudhu.
Dan pada saat kita akan memasuki makam atau kuburan, alangkah baiknya apabila kita membaca doa masuk kuburan terlebih dulu seperti bacaan doa berikut ini.
doa masuk kuburan
Setelah kita sampai didepan makam orang kita tuju, misalkan kita telah sampai dimakam orang tua. Maka selanjutnya kita menghadap ke arah timur pada bagian kepala makam dengan mengucapkan salam dari makam tersebut dengan membaca Assalamu’alaikum ya …… (menyebutkan nama orang yg dimakam atau ziarahi)
Berikutnya kita bisa mengirim doa kepada orang meninggal dengan membaca doa didalam Al Qur’an seperti bacaan surat Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas, Ayat Kursi, Surat Yasin, dan beberapa bacaan doa lainnya.
Selain itu juga kita dapat membacakan dzikir seperti membaca kalimat Tasbih, Tahmid, dan Takbir.
Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa ziarah kubur seperti bacaan doa dibawah ini.
doa ziarah kubur
Sama halnya seperti kita bertamu ke rumah seseorang, pada saat berziarah kubur juga kita harus menjaga sopan santu kita, seperti tidak berkata – kata kasar, kemudian buang air kecil sembarang, dan sebagainya. Karena pada saat ziarah kubur itu terdapat banyak makam dan kita juga harus menjaga sopan santu kita didalam makam. Dengan ini selesai sudah sedikit penjelasan mengenai Tata Cara Ziarah Kubur dan Bacaan Doanya Lengkap dari saya pada kesempatan hari ini.

Semoga saja sedikit penjelasan mengenai tata cara ziarah kubur ini dapat membantu anda – anda sekalian, dan bagi anda yang sekiranya mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi. Mungkin anda akan tertarik untuk melihat syarat orang memandikan jenazah, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang belum mengetahui apa saja syarat – syarat orang yang diperbolehkan untuk memandikan jenazah.

Oleh karena itu, bagi anda yang sekiranya belum mengetahui syarat-syaratnya bisa melihat terlebih dulu pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya. Namun untuk anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka silahkan saja bagi anda untuk kembali mencoba melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya yang sudah pernah diberikan pada kesempatan sebelumnya lagi. Mungkin saja anda akan dpt menemukan pembahasan yg sesuai.

Advertisement