Waktu Waktu Mustajab Untuk Berdoa Agar Cepat Terkabul

Advertisement

Waktu Waktu Mustajab Untuk Berdoa | Setiap orang pastinya memiliki sebuah hajat atau keinginan, dan sebagai umat muslim kita dapat memohon apa yang menjadi hajat atau keinginan kita itu dengan memohon atau berdoa kepada Allah SWT. Karena hanya kepada-Nya lah setiap umat muslim diperkenankan untuk memohon, dan Allah SWT juga sangat menyukai hamba-hamba-Nya yang memohon atau berdoa kepada-Nya.

Namun tidak semua doa atau permohonan yang kita panjatkan itu langsung terkabul oleh Allah SWT, doa atau permohonan yang kita panjatkan bisa saja dikabulkan dalam waktu yang lama atau bisa juga digantikan dengan sesuatu hal yang tidak ketahui. Atau bisa juga permohonan atau doa yang kita panjatkan tersebut diberikan Allah SWT ketika sudah di akhirat nanti. Karena hal tersebut menjadi rahasia Allah SWT, dan hanya Allah SWT yang mengetahui hal tersebut.

Akan tetapi, kita sebagai umat muslim yang baik alangkah baiknya jika kita terus memohon apa yang menjadi hajat atau permohonan kita, karena hal tersebut dpt membuat kita menjadi lebih dekat kepada Allah SWT serta dapat lebih meningkatkan ke imanan kita. Dan hal tersebut juga dapat mencegah kita melakukan perbuatan musrik seperti memohon kepada benda – benda, ataupun berdoa didepan makam orang yg dipercaya dapat mengabulkan doa kita.

Jangan sampai kita melakukan hal-hal tersebut, karena hal tersebut sudah termasuk kedalam perbuatan musrik. Dan hal tersebut juga salah satu hal yang paling dibenci oleh Allah SWT. Didalam berdoa sendiri, terdapat waktu mustajab untuk berdoa supaya doa kita cepat dikabulkan. Dan barangsiapa yg dapat mengamalkan ibadah atau memohon kepada Allah SWT pada waktu – waktu mustajab untuk berdoa tersebut, maka Insya Allah doa kita akan cepat terkabul.

Dan bagi anda yang kiranya belum mengetahui waktu – waktu yang mustajab untuk berdoa, maka sebaiknya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu penjelasan mengenai waktu yang mustajab untuk berdoa yg pada kesempatan hari ini akan coba saya bahas untuk anda-anda semuanya. Bagi anda yang sekiranya sekarang ini sudah ingin mengetahui waktu berdoa yang mustajab itu pada waktu kapan saja, maka silahkan saja bagi anda untuk langsung melihat pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

waktu mustajab untuk berdoa
Waktu Mustajab Untuk Berdoa Agar Cepat Terkabul

  • Berdoa pada bulan ramadhan, bulan ramadhan sendiri adalah salah satu bulan suci diantara bulan – bulan Islam yang lainnya, dan pada saat bulan ramadhan juga segala amalan ibadah kita akan dilipat gandakan. Oleh karena itu, bulan ramadhan itu sendiri adalah salah satu waktu paling mustajab untuk berdoa, karena segala amalan ibadah yang kita kerjakan itu akan dilipat gandakan serta segala doa yang kita panjatkan itu Insya Allah akan cepat dikabulkan.
  • Berdoa pada saat sahur, setiap umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat sunnah witir sebelum terbit fajar, hal tersebut dikarenakan oleh pd waktu sahur tersebut merupakan salah satu amalan yg paling diutamakan dalam rangka mendekatkan diri kpd Allah SWT.
  • Berdoa pada saat berbuka puasa, dianjurkan kepada kita para umat muslim untuk lebih memperbanyak doa ketika sedang berbuka puasa, karena pada waktu tersebut merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Dan Insya Allah doa – doa yang kita panjatkan pada saat waktu tersebut akan cepat dikabulkan.
  • Berdoa saat hari Arafah, hari arafah sendiri adalah hari dimana para jamaah haji sedang melakukan wukuf di arafah pada tanggal 9 dzulhijjah. Dan pada hari tersebut, dianjurkan kepada semua jamaah haji untuk membaca doa sebanyak-banyaknya. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah sabda Rasulullah SAW :”Doa yg terbaik adalah doa ketika hari Arafah.” (HR. Tirmidzi)
  • Berdoa pada saat hari jum’at, Rasulullah SAW bersabda :”Beliau menuturkan perihal hari jumah, didalamnya terdapat waktu, Jika seseorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yg dia minta.” Kemudian Beliau mengisyaratkan dgn tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari, Muslim dari sahabat Abu Hurairah r.a.)
  • Berdoa diantara Adzan dan iqomah, sebuah hadits riwayat dari Anas bin Malik r.a. mengatakan jika Rasulullah SAW bersabda :”Sesungguhnya doa yg tidak ditolak adalah doa diantara adzan dan iqomah, maka berdoalah (kala itu).” (HR. Ahmad)
  • Berdoa sesudah sholat fardhu, sebuah hadits dari Abu Umamah, ia berkata:”Rasulullah SAW ditanya : wahai Rasulullah, doa apakah yg paling didengar? Beliau menjawab:”Doa ditengah malam terakhir, serta doa setelah sholat-sholat wajib.” (HR. At Tirmidzi)
  • Berdoa ketika turun hujan, sebuah hadits dari Aisyah r.a. mengatakan :”Sesungguhnya Nabi SAW apabila melihat hujan, Beliau berdoa :”ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAAFI’A” (Ya Allah, jadikan hujan ini, hujan yg membawa manfaat dan kebaikan.” (HR. Bukhari)
  • Berdoa pada 1/3 malam akhir, Sebuah hadits dari Abu Hurairah mengatakan Rasulullah SAW bersabda :”Allah Tabaraka wataa’la turun ke langit dunia pd setiap malam, yaitu 1/3 malam akhir seraya berfirman:”Siapa yg berdoa kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan dan siapa yg meminta kepada-Ku niscaya akan Aku berikan dan siapa yg memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan itu lah untuk pembahasan mengenai Waktu Waktu Mustajab Untuk Berdoa Agar Cepat Terkabul yg sekiranya saya dapat sajikan kepada anda-anda sekalian, semoga saja dari pembahasan waktu yang mustajab untuk berdoa dari saya tadi itu dapat memberikan manfaat yang besar bagi anda. Dan bagi anda yang sekiranya masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang pada kesempatan sebelumnya sudah pernah saya berikan.

Mungkin anda akan tertarik untuk baca juga cara supaya anak menurut dalam islam, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini memiliki seorang anak yang tergolong susah untuk diatur. Mungkin alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu pembahasan yg pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya berikan. Siapa tahu saja dari pembahasan yg sebelumnya sudah pernah diberikan tersebut akan dpt membantu anda.

Atau untuk anda yg sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba utk kembali melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi pada kesempatan sebelumnya yg sudah pernah saya berikan pula. Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan yang pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya berikan, anda akan dapat menemukan sebuah pembahasan yg memang pas dengan yg dicari – cari oleh anda.

Advertisement