Siapa Yang Berhak Menerima Zakat Mal Lengkap

Advertisement

Yang Berhak Menerima Zakat Mal | Pengertian zakat mal adalah sebuah zakat yg dikenakan atas harta yg dimiliki oleh seseorang dgn syarat – syarat serta kententuan yg telah ditetapkan dalam syarak. Hukum zakat mal itu sendiri adalah wajib bagi mereka yang mampu atau memiliki harta lebih. Karena zakat mal adalah salah satu cara untuk mensucikan harta dari berbagai macam hal – hal yg haram serta menjaga harta dari haknya yaitu orang fakir dan golongan lainnya.

Sebagaimana firman Allah SWT yg artinya :”Hai orang – orang yg beriman nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yg baik – baik dan sebagian dari apa yg kami keluarkan dari bumu utk kamu. Dan janganlah kamu memilih yg buruk – buruk kemudian kamu nafkahkan dari padanya padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dgn memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Al Baqarah ayat 267)

Dari penjelasan firman Allah dalam surat Al Baqarah tersebut sudah dpt kita simpulkan apabila hukum zakat mal itu wajib untuk orang yg mampu karena memang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Adapun untuk harta yang sebaiknya di zakatkan juga merupakan harta yang diperoleh dengan cara yang halal, sebagaimana dalam firman Allah diatas dijelaskan janganlah kamu memilih yg buruk – buruk kemudian kamu nafkahkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya.

Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin mencoba memberikan pembahasan mengenai orang yang berhak menerima zakat mal. Barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian yang ingin melakukan zakat mal, namun anda belum mengetahui siapa orang yang berhak menerima zakat tersebut. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika anda melihat terlebih dulu penjelasan yg akan saya coba hadirkan kepada anda hari ini.

Karena didalam melakukan zakat mal itu kita harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, jangan sampai nantinya anda salah memberikan zakat. Karena jika sampai anda salah memberikan zakat terhadap seseorang, maka zakat yang anda lakukan itu akan dianggap tidak sah. Karena zakat mal yang anda lakukan itu tidak memenuhi syarat. Bagi anda yang ingin mengetahui siapa saja orang yang berhak menerima zakat mal itu dan apa saja syarat zakat mal itu, silahkan anda melihat selengkapnya berikut ini.

Advertisement

Yang Berhak Menerima Zakat Mal
Siapa Yang Berhak Menerima Zakat Mal

Firman Allah SWT yang artinya :”Sesungguhnya zakat – zakat itu, hanyalah utk orang – orang fakir, orang miskin, pengurus zakat, para mu’allaf yg dibujuk hatinya, utk (memerdekakan) budak, orang yg berhutang, utk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai ketetapan yg diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At Taubah ayat 60)

  • Fakir, orang yg teramat sengsara hidupnya dan tidak memiliki harta serta tenaga utk memenuhi penghidupannya.
  • Orang miskin, orang yg tidak cukup dalam penghidupannya serta dalam keadaan kekurangan.
  • Amil, orang yg memiliki tugas untuk mengumpulkan serta membagikan zakat.
  • Mu’allaf, seorang kafir yg ada harapan masuk Islam serta orang yg baru masuk Islam yg imannya masih lemah.
  • Hamba sahaya, memerdekakan budak mencakup jg utk melepaskan muslim yg ditawan oleh orang – orang kafir.
  • Orang yang berhutang, seseorang yg berhutang karena utk kepentingan yg bukan maksiat serta tidak sanggup membayarnya. Adapun orang yg berhutang utk memelihara persatuan umat Islam dibayar utangnya itu dgn zakat, walaupun dia mampu untuk membayarnya.
  • Sabilillah, yaitu utk keperluan pertahanan Islam serta kaum muslimin. Diantara mufasirin ada yg berpendapat bahwa fisabilillah itu mencakup juga kepentingan – kepentingan umum seperti mendirikan masjid, pesantern, sekolah, madrasah, rumah sakit, dll.
  • Ibnu sabil, seseorang yg sedang dalam perjalanan yg bukan maksiat mengalami kesengsaraan dlm perjalanannya. Atau jg orang yg menuntut ilmu di tempat yg jauh dan kehabisan bekal.

Syarat Harta Untuk Zakat Mal

Untuk harta yang ingin dizakatkan juga harus memenuhi syarat zakat mal yang telah ditentukan, karena tidak semua jenis harta itu dapat kita zakat mal kan. Sehingga untuk anda yang ingin melakukan zakat mal juga harus mengetahui syarat harta untuk zakat mal juga secara lengkap. Adapun untuk syarat syarat harta zakat mal itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Milik hak penuh, yaitu harta yang akan dizakatkan itu merupakan hak milik penuh dari individu yang ingin melakukan zakat, bukan merupakan harta milik orang lain.
  • Berkembang, yaitu sebuah harta yang memiliki sebuah potensi utk berkembang apabila diusahakan.
  • Mencapai nisab, yaitu harta yang akan dizakatkan telah mencapai jumlah atau ukuran yg telah ditentukan atau ditetapkan, sedangkan untuk harta yang belum mencapai nisab itu sendiri tidak wajib untuk dizakatkan. Namun lebih dianjurkan untuk berinfak atau sedekah.
  • Lebih dari kebutuhan pokok, seseorang yang akan melakukan zakat itu hendaknya kebutuhan pokok untuk hidupnya sudah terpenuhi terlebih dulu, jika seseorang masih hidup pas – pasan. Maka tidak diwajibkan untuk berzakat.
  • Bebas dari hutang, apabila seseorang memiliki hutang yg jika dikonversikan kedalam harta yg akan dizakatkan menjadikan berkurangnya nisab, dan akan dibayarkan pd waktu yg sama. Maka harta tersebut terbebas dari wajib zakat.
  • Berlalu satu tahun (Haul), kepemilikan dari harta tersebut sudah mencapai waktu satu tahun, khusus untuk hewan ternak, harta perniagaan, dan harta simpanan. Hasil petanian, rikaz (barang temuan, buah – buahan itu tidak memiliki syarat Haul.

Sekiranya hanya itu saja untuk pembahasan mengenai Siapa Yang Berhak Menerima Zakat Mal Lengkap yg pada kesempatan hari ini saya dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari pembahasan mengenai orang yang berhak menerima zakat mal yang baru saja saya sampaikan untuk anda diatas tadi itu bisa memberikan banyak manfaat. Apabila diantara anda – anda sekalian ini masih ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya sajikan pada waktu sebelumnya.

Maka silahkan saja bagi anda untuk kembali mencoba baca juga doa ijab qobul zakat, siapa tahu saja diantara anda – anda ini ada yang sedang mencari – cari bacaan doa tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba untuk kembali melihat pembahasan yang sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu. Namun bagi anda yg merasa sudah mengetahui bacaan doa tersebut, maka silahkan saja anda kembali mencoba untuk melihat lagi beberapa pembahasan lainnya dari saya.

Karena saya sudah banyak memberikan pembahasan – pembahasan lainnya yang mungkin saja salah satu diantaranya itu ada yang sesuai dengan pembahasan yg sedang dicari cari oleh anda. Atau bisa juga anda mencoba untuk menunggu update pembahasan terbaru lainnya dari saya yang akan coba terus saya sajikan utk setiap harinya, jadi tidak ada salahnya jika lain waktu anda kembali mengunjungi situs doaharian.info

Save

Advertisement